Optimalkan Pengalaman Konsumen dengan Kemasan Menarik

Kemasan bukan hanya sekedar wadah. Kemasan juga bisa menjadi alat branding hingga membangun pengalaman konsumen yang lebih berkesan. Desain kemasan makanan yang unik selalu bisa menarik perhatian publik.

Jika Anda tertarik untuk membuat kemasan yang mampu meningkatkan pengalaman konsumen, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

special40

1. Cetak Kupon ke dalam Kemasan

Semua orang suka dengan kupon dan diskon. Keduanya juga bisa menjadi alat promosi yang efektif. Tak mengherankan, banyak pelaku bisnis yang menggunakannya. Namun, alih-alih membagikan kode kupon dan diskon lewat email, Anda bisa mencetaknya pada kemasan.

Mencetak kode kupon pada kemasan akan membuat desain kemasan makanan tersebut terlihat lebih menonjol. Meski demikian, jangan lupa amankan kode kupon tersebut. Misalnya saja dengan mencetak kodenya di sisi bagian dalam kemasan atau dengan cara lainnya.

2. Catatan Terima Kasih

Sebuah ucapan terima kasih memang terlihat sangat sederhana. Namun, saat catatan tersebut dicetak pada kemasan, ucapan terima kasih akan membuat kemasan tersebut terkesan lebih manusiawi dan ramah. Konsumen juga merasa lebih dihargai.

Agar lebih berkesan, cobalah berkreasi dengan catatan tersebut. Anda bisa membuat desain catatannya agar terlihat lebih menarik atau bisa juga dengan menggunakan kata-kata yang unik.

3. Memberi Hadiah Kecil

Desain kemasan makanan bisa menjadi lebih menarik saat ada hadiah kecil yang terselip. Orang yang melihatnya juga akan merasa mereka bisa mendapatkan lebih jika membelinya. Tidak jarang, ada beberapa pembeli yang membeli sebuah barang hanya untuk mendapatkan hadiah di dalamnya.

Ada beberapa cara untuk mengeksekusi strategi ini, salah satunya dengan menyediakan beberapa jenis hadiah dan memberikannya secara acak. Buat beberapa hadiah lebih langka dibandingkan yang lain. Dengan cara ini, bukan tidak mungkin konsumen akan tergoda untuk membeli lebih.

Baca juga:  Jenis Freelance yang Penting untuk Website Kamu

4. Ajukan Permintaan kepada Konsumen

Menuliskan sebuah permintaan atau request kepada konsumen bisa membuat sebuah kemasan terlihat lebih interaktif. Permintaan yang diajukan cukup sederhana, misalnya menyampaikan ulasan produk.

Cara ini tidak hanya akan meningkatkan pengalaman pembeli. Mengajukan permintaan kepada konsumen juga bisa membantu meningkatkan brand awareness dari produk tersebut.

5. Cetak Merek pada Kemasan

Merek membuat sebuah produk terlihat berbeda dari produk-produk serupa. Merek juga bisa menjadi identitas sebuah produk. Saat membuat desain kemasan makanan, pastikan merek produk tercetak pada kemasan. Agar terlihat lebih menonjol, buatlah desain merek seunik mungkin.

Desain merek atau brand biasanya memang dibuat seunik mungkin. Dari sisi desain, desain merek dibuat agar terlihat cukup mencolok. Agar merek tersebut terlihat lebih menonjol, jangan hanya fokus pada desainnya.

Cobalah untuk mencetaknya dalam wujud yang berbeda juga. Mencetak merek dalam wujud timbul, misalnya. Menampilkan merek dengan cara unik tersebut juga akan lebih mudah diingat oleh pembeli yang melihatnya.

Dalam membuat desain kemasan makanan memang ada banyak hal yang harus diperhatikan. Selain memperhatikan sisi visual, Anda juga harus mempertimbangkan pengalaman konsumen yang akan terbentuk nanti.

Tentu tidak mudah untuk membuat desain kemasan seperti ini. Ini karena kemasan juga menjadi salah satu alat pemasaran sehingga desainnya harus mampu memenuhi tujuan tersebut.

Untungnya membuat desain kemasan makanan kini bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan terjangkau. Dengan bantuan desainer freelance, pengusaha kecil menengah juga punya kesempatan untuk tampil menonjol.

Referensi: forbes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top