Pengertian dan Sejarah Website

Saat ini banyak sekali portal yang bermunculan untuk kepentingan bisnis tertentu. Kebanyakan orang menyebut portal dengan nama website yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi Freebuddies.

Portal atau website sendiri merupakan himpunan dari halaman-halaman web yang disatukan dalam suatu domain atau subdomain, yakni ada di dalam WWW (World Wide Web).

Freebuddies mungkin sering melihat alamat sebuah website yang diawali dengan WWW? Iyaps, itu merupakan aturan dalam pembuatan web resmi agar lebih memudahkan pencarian saat melalui Google Search.

Namun rata-rata domain dengan WWW adalah berbayar sehingga paling cocok digunakan untuk web bisnis. Agar Freebuddies lebih tahu darimana asal web, berikut pengertian dan sejarah website.

Pengertian website

Umumnya halaman website yang berbentuk dokumen ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan bisa dibuka melalui HTTP. Nah, apa itu HTTP?

Yakni suatu protokol yang akan memberikan informasi dari sebuah server situs agar dapat dipertunjukkan di beberapa web browser. Berbeda dengan website, untuk pengertian lebih detail, simak di bawah ini.

Website secara terminologi

Secara terminologi, website merupakan suatu kumpulan dari halaman-halaman situs, dan terangkum dalam domain atau subdomain. Website ini berada di dalam World Wide Web atau biasa disebut sebagai WWW di internet.

Lazimnya publikasi dari web-web tersebut akan membentuk sebuah jaringan informasi berskala besar.

Selain itu, website adalah halaman informasi yang ditawarkan melalui internet sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia.

Website juga termasuk komponen yang tersusun atas teks, gambar, dan suara animasi sebagai media informasi yang mampu menarik penggunanya.
Jenis Website

Berikut adalah jenis-jenis website yang harus Freebuddies ketahui, diantaranya:

  • Web statis, adalah website yang memiliki halaman tidak berubah-ubah, karena pergantian halaman dilakukan secara manual dengan mengedit kode sebagai struktur dari web.
  • Web dinamis, yaitu website yang selalu berubah sehingga harus dilakukan update sesering mungkin. Misalnya web portal berita atau situs portal polling.
  • Web interaktif, merupakan website yang saat ini sedang booming di kalangan pengguna internet. Contohnya: blog dan forum.
Baca juga:  7 Cara Meningkatkan Kecepatan Website Kamu

Sejarah website

Sebuah portal atau website dapat berupa hasil kerja baik individu maupun organisasi/perusahaan. Website tersebut biasanya menyajikan topik secara khusus untuk kepentingan tertentu.

Bahkan website berisi hyperlink yang akan menghubungkan ke website lain. Lantas, darimana website tersebut terbentuk? Sebaiknya tetap simak ulasan berikut ini.

Pendiri situs website

Penemu website adalah Sir Timothy John Tim Berners-Lee, dan website yang bisa terhubung dengan jaringan pertamakali dalam sejarah muncul pada tahun 1991.

Tujuan tim ini mendirikan jaringan website adalah untuk memudahkan penukaran informasi dan memperbaharui info-info kepada para peneliti di tempat bekerjanya.

Pada tanggal 30 April 1993, menginformasikan bahwa World Wide Web dapat digunakan secara gratisan oleh semua orang di seluruh dunia.

Kini website ditulis, secara dinamik dan dikonversikan menjadi HTML, kemudian dikases melalui program software atau disebut sebagai web browser.

Halaman web ini bisa diakses melalui perangkat komputer/laptop, PPDA, telepon seluler yang terhubung dengan internet.

Macam-macam situs web

Ada tiga kategori software editor sebagai jenis situ website, yaitu:

1. Elemen 1 Penyuting Teks, misalnya Notepad atau TextEdit. Sedangkan HTML akan diubah dalam program editor ini.

2. Elemen 2 WYSIWYG editor. Contohnya: Macromedia Dreamweaver dan Microsoft Frontpage. Situs ini diedit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML.

3. Elemen 3 Editor, yakni situs yang telah memiliki templat. Misalnya Rapidweaver dan iWeb, yang memungkinkan editor mengupdate website langsung ke server web, tanpa harus tahu HTML tersebut.

Sekarang Freebuddies sudah tahu, bukan tentang pengertian dan sejarah website? Semoga saja bisa menjadi pengetahuan baru, terutama dalam dunia informasi dan teknologi di jaman digital ini.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top