Pentingnya User Experience dalam Aplikasi dan Website

Freebuddies tertarik menjadi seorang web developer? Jangan langsung terjun dalam bidang tersebut melainkan ketahui terlebih dahulu pengetahuan dasarnya, seperti pentingnya user experience dalam aplikasi dan website.

UX atau User Experience sangat berhubungan dengan dunia IT teknologi, terutama pengembangan website beserta berbagai macam jenis aplikasi di dalamnya.

Bisa dikatakan jika UX memengang peran penting meningkatkan peforma situs tertentu, terlebih lagi tujuannya untuk mengembangkan bisnis.

Apa itu User Experience

UX sendiri punya pengertian secara luas yaitu pengalaman seseorang atau pengguna dunia maya ketika mengakses situs tertentu.

Semua fasilitas, fitur, aplikasi dan informasi tersebut masuk dalam User Experience mulai dari melihat bagaimana tampilan web, kelebihan serta kekurangannya.

Cakupan UX sangatlah luas, tidak bisa hanya berkaitan tentang isi atau tampilannya saja. Itulah sebabnya kenapa developer begitu berjasa dalam bidang tersebut dengan perannya sebagai pengembang laman website.

UX sangat erat kaitannya dengan aspek internet marketing atau e-commerce, meliputi bidang user research, project management, information architecture, usability evaluation, web analystics dan masih banyak lagi.

Tidaklah heran kalau developer harus punya pengetahuan dan kemampuan khusus untuk mengelola semua bagian tersebut agar website selalu terdepan dan mampu meningkatkan penjualan jika digunakan sebagai sarana marketing bisnis.

Peran penting User Experience

Setelah mengetahui apa pengertian dari User Experience atau UX, Freebuddies juga sebaiknya mengenal peran pentingnya bagi website.

Karena cakupannya luas maka fungsi UX juga digunakan untuk berbagai macam kegiatan, tujuan dan kepentingan pihak tertentu khususnya mendukung profit penjualan produk lewat online.

Bahkan ada penelitian yang membuktikan jika peranan UX memengaruhi perkembangan dunia teknologi digital, diantaranya sebagai berikut:

Imaginovation, salah satu lembaga di Amerika lewat penelitiannya menemukan bukti apabila UX mampu meningkatkan peforma web dan kualitas konten.

Baca juga:  7 Mesin Pencari Alternatif Terbaik Selain Google

Tanpa hal tersebut maka apapun karya terbesar Freebuddies tidaklah berarti atau mampu menarik perhatian pengguna dunia maya secara maksimal.

Pengunjung merasa mudah bosan, tidak mau datang kembali dan kemudian membandingkan dengan produk di situs lain.

Sementara itu Lembaga bernama HubSpot juga melakukan penelitian yang sama. hasilnya pengguna smartphone beberapa kali lipat tertarik dengan web yang tampilan serta sistem kerjanya optimal.

Misalnya saja fitur lengkap, akses cepat, konten menarik dan mudah menemukan segala macam informasi yang diperlukan.

MindTouch memberikan pendapat dari hasil penelitian pihak mereka dimana pendapatan website dengan UX melonjak tajam daripada sebelumnya.

Caranya yaitu dengan mendesain kembali website dan mengatur berbagai macam fitur di dalamnya agar lebih menarik.

Adobe, suatu lembaga besar dunia juga beranggapan jika User Experience menjadi salah satu cara intropeksi diri bagi pengelola website.

Jika situs milik Freebuddies sepi pengunjung dan produk jualan tidak juga mengalami peningkatan maka perbaharui website tersebut.

Salah satunya jangan gunakangambar-gambar tidka relevan yang membuat aksesnya makin lamban.

Fakta terakhir diunggapkan oleh salah satu perusahaan terbesar dunia yaitu Google. Pihak mereka mengatakan jika UX menjadi faktor utama dalam meningkatkan peringkat mesin pencariannya.

Kesimpulannya pengguna internet lebih senang dengan web yang mudah diakses, navigasinya mudah dipahami, fitur lengkap, dan sebagainya.

Dari berbagai macam penelitian tersebut, terjawab sudah seberapa pentingnya user experience dalam aplikasi dan website.

Jika Freebuddies ingin memiliki web atau aplikasi terbaik dan mampu menarik pengunjung dalam jumlah besar maka teliti kembali tingkat kepuasan penggunanya.

Setelah itu lakukan perbaikan atau pengaturan kembali supaya peformanya lebih bagus.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top