Perangkat yang Dibutuhkan untuk Video Editing

Video editing adalah sebuah proses yang dilakukan untuk menyunting sebuah media audio visual agar lebih mudah dinikmati. Tanpa melalui tahapan editing, sebuah video akan terlihat kurang menarik.

Di samping itu, jika media perekaman atau kondisi saat merekam video berkualitas kurang baik, proses editing akan membantu video tampil lebih baik.

Berkat adanya inovasi teknologi, kini video editing bisa dilakukan dengan mudah. Anda bahkan bisa memanfaatkan smartphone saja untuk menghasilkan video berkualitas baik.

Namun, jika Freebudies ingin menghasilkan video dengan kualitas tinggi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan perangkat edit video yang lebih lengkap. Berikut ini beberapa contoh perangkat edit video yang bisa dipertimbangkan.

special40

Perangkat komputer

Anda memang tidak harus menggunakan komputer untuk melakukan video editing. Namun komputer dengan layarnya yang lebih besar akan membantu Anda untuk lebih mudah menjangkau bagian-bagian yang mendetail.

Akan sulit melakukan video editing yang detail jika Anda hanya mengandalkan perangkat smartphone. Atas pertimbangan tersebut, komputer adalah perangkat edit video yang utama.

Tidak perlu perangkat komputer berharga mahal, Anda cukup memilih perangkat yang memiliki monitor berkualitas bagus. Jangan lupa juga untuk memastikan perangkat komputer yang Anda pilih memiliki video card. Perangkat komputer dengan video card keluaran NVDIA bisa dijadikan pertimbangan karena biasanya menghasilkan grafik berkualitas.

Video editing software

Setelah mendapatkan hardware, kini saatnya beralih pada software. Tanpa adanya software maka Anda tidak akan bisa menyunting video. Untuk itu, pastikan perangkat komputer Anda telah dilengkapi dengan video editing software sebelum mulai menyunting video.

Sekarang ini sudah ada banyak video editing software dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa software yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

  • Adobe Premiere
Baca juga:  Menggunakan Jasa digital printing, Manfaat dan Cara Kerjanya

Software yang satu ini sering digunakan oleh para video editor profesional. Ini karena Adobe Premiere memang menawarkan beragam fitur video editing yang bisa membuat tampilan video menjadi jauh lebih menarik. Bagi yang ingin menguji coba software yang satu ini terlebih dahulu, bisa mencoba versi free yang disediakan gratis oleh Adobe. Jika merasa cocok, bisa langsung melanjutkan dengan membayar subscription fee.

  • Sony Vegas

Saingan utama Adobe Premiere dalam hal video editing datang dari Sony. Raksasa teknologi asal Jepang ini memang memiliki video editing software sendiri, yakni Sony Vegas. Jika dibandingkan dengan Adobe Premiere, Sony Vegas memang memiliki tampilan user interface yang lebih simpel sehingga bisa digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula.

  • CyberLink PowerDirector

Jika Anda lebih suka software yang lightweight, CyberLink PowerDirector ini bisa menjadi solusi. Apabila dibandingkan dengan dua software sebelumnya, PowerDirector memang memiliki ukuran paling kecil. Software ini bahkan sudah bisa bekerja dengan RAM 2 GB saja.

Walau begitu, fitur yang ditawarkan terbilang lengkap, mulai dari color adjustment hingga 360 video editing. Ada juga fitur Express Video Creation untuk menyunting video dengan cepat.

Untuk memilih video editing software memang tidak mudah. Anda mungkin bisa mencoba versi trial terlebih dulu untuk membandingkan software satu dengan yang lain. Pilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan meng-edit Anda. Hindari software yang sulit dipahami dan memiliki user interface rumit karena bisa menghabiskan waktu.

Perangkat penyimpanan

Dengan adanya komputer serta software untuk meng-edit saja sebenarnya Anda sudah bisa memulai proyek. Namun Anda juga perlu memperhatikan bagaimana ke depannya.

Komputer Anda jelas akan terbebani dengan beragam footage, audio, serta komponen lain yang digunakan untuk menyunting video. Untuk itu, Anda membutuhkan perangkat penyimpanan tambahan.

Baca juga:  7 Tips Memilih Jasa Penerjemah Bahasa Inggris Berkualitas

Perangkat ini bisa berfungsi sebagai media penyimpanan untuk komponen-komponen dari video yang belum disunting atau bisa juga untuk menyimpan video jadi. Dengan begitu, video jadi serta bahan untuk menyunting video tidak akan menumpuk di komputer Anda.

Anda bisa menggunakan external hard disc yang kuantitas penyimpanannya sangat beragam, mulai dari yang mampu menampung file hingga ratusan gigabyte hingga yang mampu menampung file berukuran terabyte. Di samping itu Anda juga bisa memanfaatkan sistem penyimpanan cloud yang akan menyimpan file video di internet.

Beberapa tips untuk video editing 

Setelah semua perangkat siap, Anda sudah bisa mulai melakukan video editing. Saat melakukan video editing, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak efek. Posisikanlah diri Anda sebagai seorang penonton, sudah nyamankah video tersebut untuk ditonton?

Jika Anda masih merasa ragu dalam menyunting video, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli. Fastwork.id akan membantu Anda terhubung dengan para video editor freelance yang berpengalaman.

Tarif yang dipasang pun bersaing, sehingga Anda bisa menyesuaikan bujet. Percayakan proyek video editing Anda kepada freelancer berpengalaman di Fastwork.id!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top