Apa Perbedaan WordPress, Blog, dan Website?

perbedaan wordpress blog website

Meski internet sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, ternyata pertanyaan tentang apa perbedaan wordpress, blog dan website masih sering diberikan kepada mesin pencarian google.

Tak bisa disalahkan karena memang ketiga istilah tersebut sering merujuk pada realitas yang hampir mirip. Mereka yang tidak memahami maksudnya wajar jika kemudian bingung dan berusaha mencari apa perbedaannya.

Jika Freebuddies adalah salah satu dari mereka, sedang membaca artikel yang tepat.
Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk membuat situs.

Setiap orang bisa mendapatkan akun worpress secara gratis, mereka bisa mengelola situs tersebut beserta konten-kontennya tanpa harus pintar terlebih dahulu dalam bahasa pemrograman website.

Karena interface yang digunakan oleh wordpress didesain supaya cukup mudah untuk dipahami oleh orang secara umum.

Sebagian orang bingung dengan apa perbedaan wordpress, blog dan website salah satunya karena wordpress bisa digunakan untuk blog maupun website.

Desainnya yang menarik dan terus bisa diupdate menjadikan para pegiat bisnis pun tertarik menggunakan platform ini untuk website bisnis mereka.

Desainnya yang dinamis dan bisa diatur sesuai dengan karakter pribadi yang juga membuatnya banyak diminati oleh para blogger.

Di jaman ketika e-commerce semakin berkembang, wordpress juga semakin banyak diminati untuk dijadikan sebagai media penjualan online.

Banyak toko online yang menggunakan platform ini, karena mudah digunakan dan bisa menambahkan konten dengan sangat mudah.

Orang awam pun hanya perlu sebentar belajar untuk memahami sistem penggunaannya. Mereka menyukainya karena mudah ketika ingin menambahkan produk-produk baru di toko online mereka.

Perbedaan Blog dan Website

Poin ini juga yang membuat cukup banyak orang menanyakan apa perbedaan wordpress, blog dan website. Karena memang keduanya sebenarnya adalah satu kesatuan realitas.

Website sebenarnya merupakan sebutan untuk semua jenis situs internet. Sehingga blog sebenarnya merupakan salah satu jenis website, yang biasanya diarahkan untuk situs pribadi.

Hanya bagi sebagian orang, website lebih digunakan untuk menyebut situs-situs yang sifatnya lebih komersil atau umum selain blog.

Pertama, dari segi konten, blog cenderung lebih bersifat personal. Artikel-artikel yang diposting biasanya merupakan artikel yang sesuai dengan minat pemilik blog.

Sehingga biasanya cakupan bidangnya sempit namun cukup mendalam. Website juga banyak memiliki artikel, membuatnya mirip dan membuat orang banyak bingung tentang perbedaan wordpress, blog dan website.

Namun konten di website biasanya sifatnya lebih umum, informatif atau persuasif terhadap layanan tertentu yang ditawarkan.

Selain dari segi konten, blog dan website juga biasanya terlihat dari gaya bahasa. Karena sifatnya lebih personal, blog biasanya memiliki karakter bahasa yang santai atau bahkan bahasa gaul.

Sedangkan website biasanya bahasanya semi formal atau formal. Sehingga bahasa dalam blog biasanya lebih variatif. Selain itu juga lebih interaktif, karena dalam blog, setiap komentar bisa direspon langsung oleh pemiliknya, sedangkan website sifatnya cenderung komunikasi searah.

Konten dalam blog juga sifatnya lebih dinamis. Apalagi para blogger yang aktif, mereka bisa memposting hingga 2-4 kali dalam seminggu.

Sedangkan untuk website karena sifatnya lebih kepada informatif, biasanya dibuat secara lengkap sekaligus dan akhirnya tidak perlu lagi di update.

Kecuali mungkin konten seperti berita layanan, event khusus atau selainnya. Itulah jawaban dari pertanyaan tentang perbedaan wordpress, blog dan website.

banner fastwork id

2 thoughts on “Apa Perbedaan WordPress, Blog, dan Website?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *