7 Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo dan Branding

Apakah Freebuddies saat ini sedang merencanakan untuk membuat desain logo tapi bingung mau pakai warna apa? Loh, apakah pemilihan warna itu penting dalam sebuah branding?

Jangan salah, pemilihan warna ternyata malah begitu penting dalam membangun sebuah brand. Jika Freebuddies lihat brand-brand besar diluaran sana, pasti mereka memiliki warna ciri khas tersendiri.

Dalam dunia desain, warna memang memiliki arti filosofis masing-masing. Warna biasanya akan memberikan efek psikologis tertentui bagi siapapun yang melihatnya. Kita biasanya bisa menyebutnya dengan istilah ‘kesan’.

Bagi designer, mempelajari filosfi warna adalah sesuatu yang wajib karena akan menentukan identitas suatu brand. Inilah arti warna desain logo menurut psikologi yang bisa dijadikan referensi.

Berikut tujuh makna psikologi warna dalam desain logo dan branding.

special40

1. Warna hitam

Beberapa brand terkenal baik luar maupun dalam negeri sering menggunakan warna hitam sebagai warna logo mereka. Apa sebenarnya arti warna hitam tersebut?

Hitam biasanya diartikan sebagai warna yang misterius sebagai bayang-bayang atau yang lainnya.

Akan tetapi dalam dunia desain, hitam meninggalkan kesan kuat, elegan, dan netral. Warna ini bagus bagi sebuah brand yang formal atau mengutamakan kecanggihan dalam produknya.

2. Warna biru

Biru menurut psikologis diartikan sebagai warna yang meninggalkan kesan ketenangan, kedamaian, dan kesegaran. Oleh karena itu, warna ini biasanya digunakan oleh logo perusahaan air minum.

Lebih dari itu, warna ini ternyata meninggalkan kesan psikologis seperti tanggung jawab dan kepercayaan.

3. Warna merah

Selanjutnya, inilah arti warna desain logo menurut psikologi yang bagus untuk branding. Tidak lain adalah warna merah.

Pasti Freebuddies sering sekali menjumpai logo perusahaan berwarna merah, bukan?. Maklum saja karena warna ini memang lebih populer dari warna lainnya.

Baca juga:  Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

Merah memancarkan energi semangat, keberanian, cinta, dan kekuatuan. Besar uga kemungkinan warna merah bisa menggugah calon konsumen untuk mencoba suatu produk.

4. Warna hijau

Warna alam adalah julukan bagi si Hijau. Diartikan sebagai sumber kehidupan, kesegaran, dan rasa aman. Biasanya hijau ini dipakai dalam sebuah perusahaan yang berbasis teknologi atau minuman. Karena juga memiliki arti kesuburan, warna hijau juga memberikan kesan ambisi, uang, dan kekayaan.

5. Warna Kuning

Kuning adalah warna kegembiraan dan harapan. Seperti halnya sinar matahari yang membuat hari kita semangat.

Dalam dunia desain logo, warna kuning meninggalkan kesan kebahagiaan dan kejayaan. Oleh karena itu, dalam industri kreatif kuning dipilih sebagai warna logo branding.

6. Warna coklat

Warna cokelat identik dengan warna kayu. Sederhana adalah kesan yang ditimbulkan oleh warna ini. Jika digunakan sebagai background maka akan meninggalkan kesan retro atau jaman dahulu.

Cocok digunakan untuk logo sebuah perusahaan yang sudah ada sejak lama.

7. Warna ungu

Selanjutnya adalah warna ungu. Seperti halnya warna hitam, ungu memberikan kesan yang misterius yang menggoda.

Tidak hanya itu, ungu juga berarti kekreativan, imajinasi yang tinggi serta elegan. Tidak heran jika warna ungu sering digunakan dalam logo produk kecantikan, fashion, atau perhiasan.

Dalam dunia desain juga sering menggunakan kombinasi warna dari warna-warna di atas untuk meninggalkan kesan tertentu. Selain warna-warna yang sudah disebutkan, masih banyak lagi yang bisa dipelajari dari warna lainnya.

Dari penjabaran di atas diharapkan dapat memberi gambaran bagi Freebuddies tentang arti warna pada desain logo menurut psikologis.

banner fastwork id

Sumber:
Justcreative: Color Psychology in Logo Design & Branding Explained

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top