Pertimbangan Penting yang Dibutuhkan dalam Redesain Website

Situs bisnis Anda kian hari kian dijejali ratusan konten. Pengunjung bulanan semakin banyak, dan menu-menu baru semakin bertambah. Dalam kondisi seperti itu, pernahkah Anda mempertimbangkan perubahan web design?

Keputusan mengubah web design bukan hanya didasarkan pada hal-hal diatas. Bila situs bisnis Anda sudah ketinggalan zaman dan terlihat tidak enak dilihat, itulah saat paling tepat untuk mengubah desain situs bisnis yang Anda jalankan. Kalau tidak melakukannya, kemungkinan besar pelanggan Anda akan lari ke yang lain.

Lalu apa saja elemen yang mesti diperhatikan sebelum mendesain ulang situs? Beberapa hal di bawah ini bisa jadi patokan sebelum mulai merombak tampilan situs untuk menjadikannya lebih segar.

special40

UI/UX yang Lebih Baik

Pada dasarnya pengalaman pengguna merupakan satu faktor paling penting yang mesti diperhatikan ketika mendesain sebuah situs. Dalam dunia website bisnis kita mengenal user experience (UX) sebagai satu istilah yang mesti diperhatikan betul ketika mendesain ulang situs.

Semakin baik UX, maka semakin nyaman pengguna ketika melakukan navigasi situs. Pengunjung mesti merasakan pengalaman browsing yang lebih baik, dalam arti mudah baginya untuk berpindah dari satu menu ke menu lain. Jadi resep melakukan perubahan pada situs sebetulnya mudah. Cukup sajikan situs dengan desain yang sederhana namun menarik perhatian pengunjung.

Desain Website yang Update

Di tahun 2019 seperti sekarang, salah satu standar desain web yang sedang populer adalah desain flat. Ini adalah sebuah pendekatan desain web minimalis yang memanfaatkan penggunaan ruang halaman web yang bersih; penggunaan warna yang terang; dan ilustrasi dua dimensi yang sederhana.

Mobile Responsive

Di zaman sekarang, kebanyakan konsumen potensial dan tertarget selalu mencari produk dan berbelanja barang maupun layanan melalui tablet atau smartphone. Jadi ketika melakukan perubahan desain web, pastikan bahwa situs yang Anda bangun responsif, alias kontennya bisa jelas terlihat di layar yang lebih kecil (seperti pada smartphone dan perangkat lain). Jadi pastikan supaya membangun situs yang mobile responsive ketika mengubah web design.

Baca juga:  8 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Pengembangan Aplikasi Mobile

Manajemen Konten yang Lebih Baik

Mungkin Anda sekarang bisa mulai mempertimbangkan untuk memperluas cakupan konten. Bukan hanya konten tertulis, tapi juga video konten tutorial maupun instruksi how-to, dan lain sebagainya. Pengayaan manajemen konten bisa dilakukan dengan cara merekrut penulis berpengalaman untuk mengisi situs dengan konten yang lebih segar.

Marketing Goals yang Baru

Setelah melakukan desain ulang, sekarang saatnya Anda merancang marketing goals yang baru. Pastikan bahwa desain situs sudah sesuai dengan tujuan bisnis. Situs baru yang telah didesain ulang sebaiknya mewakili tujuan marketing baru Anda.

Selain itu sebaiknya Anda juga menyesuaikan konten situs dengan desain baru, sekaligus tujuan marketing baru yang sudah Anda rancang. Pendek kata, perubahan web design akan berefek pada banyak hal, termasuk material yang dipakai di situs, dan bahkan sampai media sosial yang Anda kelola.

Mengubah tampilan situs memang tidak mudah, apalagi bila Anda juga memutuskan mengubah arah pemasaran bisnis. Namun dengan web design yang lebih segar dan update, bisnis Anda memiliki kemungkinan besar untuk berkembang dengan cepat.

Pada akhirnya selamat, Anda sudah mengubah desain situs jadi lebih segar. Yang perlu diingat adalah situs baru Anda mesti menawarkan navigasi yang tidak membuat repot pengunjung. Jadi pastikan web design yang sudah dirancang membantu pengguna belajar banyak tentang bisnis yang sedang Anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top