5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Web Developer Saat ini

cara menjadi web developer

Web developer telah berkembang menjadi salah satu profesi yang memiliki prospek cerah dengan semakin berkembangnya dunia digital di internet. Lalu seperti apa pekerjaan yang dilakukan web developer itu?

Adakah cara menjadi web developer secara instan? Web developer biasanya merujuk pada orang dibalik layar yang bertugas menata tampilan website, sekaligus melakukan penyusunan basis data situs web.

Pertumbuhan e-commerce, startup, ataupun toko online yang sangat pesat membuat masa depan profesi web developer terlihat sangat cerah.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, peluang kerja pengembangan web diproyeksikan tumbuh sebesar 27% dari 2014 sampai 2024. Tingkat pertumbuhan ini tergolong lebih cepat dibandingkan rata-rata peluang pertumbuhan profesi lain.

Selain desainer grafis dan data engineer, tidak heran bila profesi web developer disebut-sebut sebagai profesi paling menjanjikan akhir-akhir ini. Jika Anda tertarik berkarir dan menjadi seorang web developer handal, berikut informasi lima skill yang wajib dikuasai.

Bahasa HTML/CSS untuk Pemrograman Website Sederhana

Bahasa pemrograman HTML dan CSS wajib dikuasai seorang yang sedang belajar web developer. Dengan menguasai bahasa tersebut, seorang developer diharapkan mampu mengimplementasikan desain menjadi website template yang terstruktur dengan baik dan optimal.

Semakin lihai seorang pengembang dalam menguasai bahasa HTML dan CSS, maka semakin menarik hasil desain web ketika ditampilkan di situs tertentu

Bahkan dengan berkembangnya IDE (Integrated Development Environment), kebutuhan programmer dalam menguasai bahasa HTML dan CSS menjadi lebih mudah.

Selain itu ada CSS yang kini telah banyak mengembangkan framework yang bisa digunakan para developer. Contoh IDE dan framework yang populer dan sering digunakan adalah Dreamweaver, Aptana, Amaya, serta Blueprint.

JavaScript untuk Membuat Website lebih Fungsionalis

Penguasaan JavaScript jadi sangat penting guna memberikan sentuhan menarik untuk template website. JavaScript memiliki library untuk bermacam plugin dan extension yang dinamakan dengan jQuery.

jQuery membuat penggunaan JavaScript menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan JavaScript ini, Anda bisa membuat web menjadi lebih interaktif dan fungsional. Kita bisa melihat penerapan JavaScript, misalnya pada tombol like di Facebook, kolom komen di Instagram, dan lain sebagainya.

Photoshop untuk Membuat Website lebih Menarik

Setelah Anda menguasai bahasa pemrograman HTML, CSS dan JavaScript, Kemampuan yang wajib Anda miliki selanjutnya adalah pengolahan visual menggunakan Photoshop.

Kemampuan ini akan Anda perlukan untuk membuat tampilan atau desain website menjadi lebih menarik dan memikat pengunjung.

Analytics untuk Mencari Tahu Perilaku Audiens

Kemampuan yang satu ini akan sedikit berbeda dengan ketiga skill sebelumnya, tetapi juga memiliki peran yang cukup penting dalam pengembangan website.

Kemampuan analytics lebih ditekankan kepada kemampuan menganalisis statistik dan profil website Anda kembangkan. Dengan bantuan analytics, seorang web developer bakal memperoleh banyak insight terkait persebaran audiens, kontan macam apa yang banyak populer di situs yang dia bangun, dan lain sebagainya.

SEO untuk Meningkatkan Kredibilitas Website di Mata Mesin Pencari

Seorang web developer perlu mempelajari SEO untuk mengoptimasi website agar lebih mudah ditemukan pengguna internet. Singkat cerita, strategi SEO digunakan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama mesin pencari.

Sebagai contoh, jika ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘jual mobil’ di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing, maka Anda harus mengoptimalkan situs menggunakan teknik-teknik SEO seperti penggunaan keyword, riset keyword, menanam backlink, dan lain sebagainya.

Demikianlah lima kemampuan yang wajib dikuasai oleh orang-orang yang berniat terjun ke bidang web development. Sudahkah Anda memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *