Dukung Website Bisnis dengan Strategi Marketing Berikut

strategi marketing website

Bagi para pengusaha atau pebisnis, kini memiliki kartu nama saja tidak cukup. Anda membutuhkan strategi yang lebih kompleks agar bisnis dapat berkembang dan dikenal masyarakat secara luas.

Salah satunya dengan memiliki website bisnis resmi untuk marketing yang lebih pesat. Strategi marketing website tidak dibangun dalam semalam, Anda harus memahami apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website bisnis yang efektif. Ikuti beberapa langkah berikut ini.

Social Media

Sudah membuat akun media sosial untuk usaha sampingan atau bisnis Anda? Anda sudah berada di jalur yang tepat! Tergantung apa bisnis Anda, biasanya setiap platform media sosial memiliki keunggulan masing-masing.

Misalnya, untuk jenis bisnis dengan banyak foto produk, platform Instagram akan lebih mudah dikelola seperti bisnis baju atau desain kaos distro.

Sedangkan, platform Facebook atau Twitter dapat diandalkan untuk mendapatkan feedback atau keterlibatan pelanggan secara realtime.

Setelah memutuskan platform media sosial apa yang akan dibuat, cobalah untuk tetap memakai nama pengguna yang sama. Pastikan juga untuk melengkapi profil secara lengkap, foto logo dan gambar sampul.

Yang tidak kalah penting, masukkan alamat URL website bisnis Anda, dan mulailah membangun komunitas atau pengikut dengan mengundang, teman, keluarga, karyawan atau pelanggan agar menyukai dan mengikuti halaman profil bisnis Anda.

Buatlah jadwal teratur untuk memposting konten di akun media sosial. Sertakan juga foto dan video yang menarik atau menyenangkan serta tautkan ke website bisnis Anda.

Search Engine Optimization (SEO)

Perusahaan teknologi raksasa dunia, Google, kini memiliki algoritma yang lebih pintar dari beberapa tahun lalu. Google lebih memprioritaskan fokusnya ke parameter baru yang mengikuti SEO & UX ketimbang hanya sekadar memasukkan kata kunci berulang–ulang dalam artikel.

Set parameter berkualitas termasuk konten deskriptif SEO yang relevan dan dioptimalkan dengan tata letak halaman yang mudah digunakan (user–friendly). Jika Anda memperhatikan parameter yang disebutkan di atas, dijamin website bisnis Anda akan bertengger di posisi teratas mesin pencari Google.

Pastikan juga untuk menulis tag meta dan meta deskripsi dengan baik. Hal ini akan berdampak pada popularitas dan ranking website bisnis. Ketika seseorang mendapatkan hasil pencarian di Google, dan melihat meta deskripsinya, mereka pasti akan segera mengklik tautan website bisnis Anda.

UI/UX

User Interface dan User Experience membantu pengunjung website bisnis Anda lebih nyaman menggunakan dalam waktu yang lama. Tidak ada hal yang paling didambakan oleh pemilik situs, selain banyak pengunjung yang betah berlama-lama membaca atau menikmati konten website bisnisnya.

Inilah pentingnya desain UI/UX yang berkualitas. Website bisnis yang baik tidak hanya cantik dan elegan, tetapi harus memiliki akses yang cepat (tidak lemot) dan mudah dipakai.

Sebagai contoh, pada halaman formulir pendaftaran atau check-out, kebanyakan pengunjung akan segera pergi jika harus mengisi formulir yang terlalu panjang. Jadi, sebaiknya selalu pertimbangkan dengan baik UI/UX website yang praktis dan nyaman bagi para pengguna.

Blog

Tidak bisa dipungkiri, blog merupakan salah satu strategi marketing website yang sudah bukan konsep baru. Tidak perlu menulis sendiri atau bingung mengisi blog karena Anda selalu bisa memanfaatkan Jasa SEO kapan saja dari berbagai platform jasa freelancer.

Jenis artikel blog untuk website bisnis, bisa berupa “How To”, “tips and trick”, “listicle” dan sebagainya. Strategi marketing website dengan cara ini, Anda harus aktif berkontribusi dengan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna. Seiring waktu, beberapa pembaca akan berubah menjadi pelanggan loyal website bisnis Anda.

Dengan penggunaan strategi marketing yang tepat maka website bisnis Anda akan terus berkembang dan akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *