Cara Membuat Strategi Pemasaran Konten dengan Mudah

strategi pemasaran konten

Dalam ranah marketing digital, kualitas dan kredibilitas konten membutuhkan strategi agar penjualan meningkat. Untuk itu strategi pemasaran konten ada dan harus dipahami oleh Anda yang bergelut di ranah digital marketing. Konten marketing strategy, baik untuk website maupun media sosial membutuhkan pehamanan mengenai banyak hal dasar agar sasaran konten tepat.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara-cara membuat strategi pemasaran konten berikut ini agar penjualan Anda meningkat. Cara ini akan memudahkan Anda menyusun dan menentukan strategi yang sesuai dengan brand, produk, maupun target pasar yang dituju:

Lakukan riset tentang buyer persona

Sebelum mulai membuat ide-ide konten, baiknya Anda melakukan riset mengenai buyer persona yang merupakan pengenalan dengan target pasar atau target audiens. Dengan mengetahui target pasar, Anda akan tahu cara mendekati audiensi sesuai ketertarikan mereka dan dapat menentukan strategi pemasaran konten yang tepat.

Evaluasi konten marketing strategy di setiap tahun juga perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada perubahan terhadap buyer persona brand Anda, cara memepertahanakn target pasar yang lama, dan menyasar target pasar yang baru dan potential untuk dijadikan target penjualan brand Anda.

Memahami tujuan konten dibuat

Konsep dasar yang harus Anda ketahui tentang mengapa suatu konten dibuat adalah untuk beberapa tujuan yang terdapat pada konsep marketing funnel. Dengan mengenali betul marketing funnel ini, strategi pemasaran konten akan berjalan dengan baik.

Marketing funnel menjelaskan bahwa brand awareness atau kesadaran merek adalah konten yang hadir untuk menjelaskan permasalahan yang ada pada target audiens yang Anda tuju yang biasanya tidak disertai dengan penjualan brand Anda. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan reputasi brand Anda di mata audiens.

Setelah membangun konten untuk brand awareness, Anda perlu membuat konten untuk brand evaluation yang menjelaskan bahwa permasalahan yang ada pada target pasar Anda bahwa brand atau produk Anda adalah solusi utamanya.

Selanjutnya, Anda bisa memancing penjualan dengan membuat konten purchase yang mengajak target pasar Anda untuk membeli produk Anda.

Susun perencanan dan pemetaan ide-ide konten

Dengan mengenali target pasar dan mengetahui marketing funnel, Anda bisa memikirkan ide-ide konten yang sesuai dengan kedua hal di atas. Di sinilah titik penting strategi pemasaran konten.

Karena dengan ide-ide konten yang kurang menarik maupun kurang sesuai dengan target pasar yang dituju, konten yang dibuat tidak bisa diterima oleh audiens yang dituju.

Integrasikan konten website dan media sosial agar konsumen lebih tertarik

Konten marketing strategy untuk membuat konten yang menarik adalah dengan mengintegrasikan konten yang Anda buat untuk website brand Anda dan konten yang ada di media sosial Anda.

Dengan konten yang lebih terintegrasi dan selaras, audiens Anda akan lebih mudah menangkap konsep konten yang dibuat, yang menjadikan konten yang dibuat lebih mudah diingat, yang selanjutnya audiensi jadi akan lebih memilih produk di brand Anda.

Promosikan konten yang telah Anda buat

Seluruh ide dan konsep konten yang telah buat dengan strategi pemasaran konten yang matang akan terbuang percuma jika promosi konten yang dibuat kurang gencar.

Mempromosikan konten bisa Anda lakukan baik menggunakan fitur ads atau iklan yang ada di media maupun mengoptimalkan konten artikel yang ada di website menggunakan panduan SEO.

Analisis reaksi pasar terhadap konten digital yang telah Anda buat

Konten marketing strategy tidak akan lengkap jika tidak disertai dengan analisis atas konten yang telah dibuat dan terbit. Anda bisa mengukur reaksi pasar atas konten Anda dari akun bisnis media sosial Anda atau dengan Google Analytics untuk artikel yang ada di blog website brand Anda.

Dengan mengetahui reaksi pasar terhadap konten yang Anda buat, Anda bisa menentukan strategi pemasaran konten berikutnya yang harus dilakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan brand.

Konten marketing strategy yang baik adalah yang dilakukan berdasarkan riset agar konten yang dibuat sesuai dengan target yang dituju. Dengan melakukan cara di atas, Anda dapat menentukan strategi pemasaran konten dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *