6 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif

Internet pada jaman sekarang ini, bukan hanya tempat untuk refreshing. Banyak hal bisa dilakukan, termasuk salah satunya adalah memulai mencari uang.

Ada banyak jalan seperti menjadi freelance ataupun membuka bisnis jasa dan produk. Potensi bisnis beralih ke dunia Internet beberapa tahun kebelakang.

Indonesia bisa jadi contoh nyata, banyak pedagang yang beralih menjual produk mereka tidak hanya dari outlet toko, tetapi sekarang banyak yang membuat toko online di Internet dengan cara membuat situs maupun memasang barang dagangan di marketplace seperti Tokopedia.

Untuk memulai bisnis dari internet, tentu memerlukan cara untuk memasarkan produk kita. Lingkup yang luas, dan jumlah pengguna internet di seluruh dunia patut jadi bahan pertimbangan untuk kita yang ingin memulai bisnis digital.

Dibawah ini akan mimin tulis beberapa strategi pemasaran yang patut diketahui dalam bisnis digital, agar bisnis kamu bisa semakin lancer dalam berjalan.

1. Personal branding

Bila ingin sukses berbisnis, maka kekuatan brand atau merek sangat penting. Contohnya saja bila diminta pilih antara air minum aqua atau merk yang tidak kamu kenal, pastinya kamu akan lebih memilih aqua kan?

Itu tadi yang dimaksud dengan kekuatan merk. Dalam bisnis digital hal ini juga sesuatu yang sangat penting karena dengan search result merk kamu akan keluar di google bila memang merk kamu sudah terkenal atau kuat.

2. Konten marketing

Pemasaran konten ini, pada umumnya berupa review produk. Cara ini cukup ampuh untuk mendatangkan pembeli produk, atau mungkin kamu bergerak di bisnis jasa?

Dengan menulis artikel informatif dan merekomendasikan situs jasa tersebut ada kemungkinan yang sangat besar sang pembaca akan menggunakan produk jasa yang kamu tawarkan.

Baca juga:  Digital Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Anda

3. SEO (Search Engine Optimization)

Hampir semua penulis artikel yang lama melintang di bisnis penulisan konten mengerti tentang SEO, apalagi kalau kita sebut marketing digital.

Tentunya para pemasar tersebut sangat mengerti pentingnya SEO, dimana dengan memiliki peringkat SEO yang bagus maka produkmu atau halaman situs milikmu bisa keluar paling pertama saat pengguna Internet melakukan search dengan kata kunci menyentuh nama produk kamu, yang umum dinamakan Keyword.

4. Optimisasi konversi

Wah, ini bahasanya ketinggian. Untuk itu mimin jelaskan agar lebih simple. Optimisasi konversi ini adalah proses untuk membuat strategi bagaimana orang yang masuk ke situs kamu, bisa menjadi sumber uang.

Contohnya dengan Google Ads. Atau bagaimana cara orang yang masuk ke situs kamu rata rata harus membeli produk yang kamu jual, ini semua adalah cara untuk optimisasi konversi.

5. Sosial media marketing

Pemasaran yang digunakan dengan sarana seperti Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya. Kamu bisa bayangkan berapa banyak jumlah pengguna social media di Indonesia?

Walaupun cara ini tidak memastikan bahwa produkmu akan terjual, tapi dengan menyebarkan melalui media social. Merk milikmu akan diketahui orang dan ini adalah langkah untuk meningkatkan kekuatan dari merk bisnismu.

6. Email marketing

Cara pemasaran satu ini sebenernya sedikit menggangu para konsumen, kamu seringkan dapat email spam yang tidak penting dan tidak tertarik untuk kamu baca.

Isi dari email berupa penawaran produk atau jasa dari suatu perusahaan yang intinya mengajak kamu untuk menggunakan. Walau seperti itu, cara pemasaran melalui email adalah cara pemasaran yang tidak membutuhkan biaya.

Tidak ada biaya yang dipungut selama ini kamu berkirim email, begitu juga dengan para perusahaan yang memakai teknik pemasaran menggunakan email

Baca juga:  Apa itu eCommerce, Manfaat Serta Keuntungannya

Dari semua strategi pemasaran diatas, kamu bisa memilih mana yang terbaik untuk kamu jalankan berdasarkan tipe produk milik bisnis yang kamu miliki.

Akan tetapi ada catatan penting, semua strategi diatas juga dapat dipakai secara bersamaan, tentu saja hal ini juga menambah biaya pada bisnis kamu. So choose wisely. Salam sukses.

banner fastwork id

Sumber:
Entrepreneur: The 6 Online Marketing Strategies Every Entrepreneur Needs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top