5 Teknik Negosiasi dengan Klien untuk Freelancer

Saat ini banyak orang yang melakukan pekerjaan sampingan seperti freelance. Tidak sedikit juga mereka yang awalnya merupakan seorang pekerja kantoran dan beralih menjadi pekerja lepas.

Terutama freebuddies yang membutuhkan waktu yang lebih fleksibel saat bekerja. Tapi saat ini juga masih ada cukup banyak orang yang sulit dalam menentukan tarif atau bayaran yang sesuai.

Karena dengan menjadi freelancer berarti Anda tidak akan mendapatkan gaji secara rutin dan mendapatkan keuntungan lainnya.

Oleh karena itu untuk sisi finansial, freebuddies perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk beralih pekerjaan. Salah satunya cara untuk menentukan bayaran atau tarif untuk setiap pekerjaan tersebut.

Teknik negosiasi handal untuk sukses kerja freelance

Mengetahui nilai yang Anda miliki

Saat menjadi seorang freelancer, maka freebuddies perlu menjajakan skill dan keahlian sendiri. Anda juga perlu menciptakan pasar sendiri supaya orang-orang membeli keahlian dan jasa yang dimiliki.

Kemudian lakukan riset harga pasaran jasa yang akan dijalankan. Jika ingin menjadi penulis lepas, lakukan riset berapa harga jasa sebagai penulis untuk saat ini dan jadikan hal tersebut sebagai masukan dalam menentukan harga jasa supaya tetap sepadan.

Cari juga titik potensial supaya mengetahui harga jasa yang bisa ditetapkan serta nilai pengeluaran berikutnya. Sesuaikan nilai pengeluaran tersebut dengan ekspetasi penghasilan.

Biasakan menggunakan kontrak kerja

Saat ini cukup banyak pekerja lepas yang mendapatkan masalah saat sudah tiba waktunya untuk mendapatkan gaji. Seperti pembayaran klien yang terlambat, tarifnya tidak memiliki pembaharuan dan permintaan klien menjadi terlalu banyak sampai menguras jam kerja tapi tidak masuk dalam hitungan lembur.

Oleh karena itu pada saat freebuddies melalukan kesepakatan kerja, ada baiknya untuk meneken semua hal yang kemungkinan terjadi dalam sebuah kontrak kerja yang resmi.

Baca juga:  5 Tipe Content Marketing untuk Kamu

Kontrak kerja tersebut akan menunjukkan bahwa freebuddies memang seorang freelancer profesional.

Lakukan analisis klien dengan pesaing

Sebelum freebuddies mengajukan harga, lihat terlebih dahulu potensi yang dimiliki oleh klien. Karena mengerjakan proyek dari sebuah perusahaan ini tentunya memiliki harga yang berbeda dengan permintaan individu.

Jadi jangan mematok harga yang terlalu besar untuk perusahaan biasa atau individu dan jangan memberikan harga yang murah jika klien dari perusahaan besar.

Bandingkan juga harga imbalan dari para pesaing saat menentukan tarif ideal dan jangan memasang harga sangat tinggi dari pesaing yang memiliki kualitas sama.

Jangan ragu meminta uang jaminan

Untuk freebuddies yang menjalankan proyek besar, ada baiknya untuk meminta uang jaminan dalam kontrak kerja.

Karena freebuddies juga memiliki hak dan ruang dalam bernegosiasi dengan klien untuk meminta deposit tertentu sebagai bentuk dari mereka yang serius ingin bekerja sama.

Apalagi untuk klien baru dan klien baru, maka hal tersebut sangat penting dilakukan. Dengan adanya deposit ini akan membantu freebuddies sebagai freelancer dalam mengamankan masalah pembayaran dari keras yang sudah dilakukan.

Sedangkan untuk deposit ini, freebuddies dapat meminta sebanyak 20% dari total proyek dan harga tersebut termasuk hal yang wajar.

Sesuaikan bentuk pembayaran

Bagi seorang konsultan freelance digital marketing dan sosial media. Freebuddies perlu menentukan gaji sesuai dengan bentuk pembayaran yang ada. Pembayaran sendiri terdiri dari 2 cara.

Pertama pembayaran yang dilakukan berdasarkan deadline, yang semakin singkat deadline maka harga yang freebuddies tawarkan akan semakin tinggi. Tapi dalam hal ini Anda juga perlu memiliki portofolio yang baik dan mampu mengikuti deadline yang mereka minta.

Cara kedua pembayaran yang dilakukan sesuai dengan proyek. Semakin banyak proyek yang freebuddies kerjakan maka bayaran yang diajukan bisa semakin tinggi.

Baca juga:  Pekerjaan Freelancer dengan Modal Bisa Menggunakan Photoshop

Sistem tersebut termasuk salah satu sistem yang paling menguntungkan, terutama jika freebuddies dapat bekerja lebih cepat serta efisien.

Demikian informasi mengenai 5 Tips Menentukan Tarif Bagi Para Freelance yang perlu Freeduddies ketahui.

banner fastwork id

Sumber:
Millo: How to confidently negotiate your rates as a freelancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top