5 Tipe Content Marketing untuk Kamu

contoh konten marketing

Banyak orang memanfaatkan era digital sebagai momen paling pas untuk membangun bisnis online. Sebagai seorang pebisnis di era digital, sangat penting bagi kita memahami dan menggunakan kekuatan internet marketing.

Semua orang mencari informasi di internet dan internet bisa menjadi sebuah pasar yang sangat ramai. Karena itu penting bagi pebisnis untuk mengetahui cara memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bisnis online.

Setelah kita tahu akan pentingnya internet marketing, selanjutnya kita harus memilih bagaimana caranya memajukan bisnis dengan memanfaatkan internet marketing. Di titik inilah kita mesti memahami manfaat konten marketing.

Konten marketing biasanya dibuat untuk membantu mempromosikan produk atau jasa tertentu kepada audiensi yang sudah tertarget. Bentuknya bisa bermacam-macam, meski kebanyakan orang memahaminya sebagai artikel. Lalu apa saja contoh konten marketing yang bisa kita gunakan untuk memajukan bisnis online?

Pada dasarnya semua jenis bisnis memerlukan konten marketing. Karena jenisnya sangat banyak, dibawah ini akan dipaparkan lima jenis konten yang biasanya digunakan untuk kepentingan pemasaran.

Blog

Blog adalah pilihan yang bisa Anda pilih untuk memajukan bisnis yang Anda punya. Blog merupakan hal yang paling sederhana yang bisa kita kerjakan untuk memperkenalkan bisnis kita ke banyak orang.

Penggunaan blog juga akan membuat bisnis kita semakin terlihat profesional dan membuat orang-orang lebih percaya pada bisnis yang kita punya. Blog juga memiliki kelebihan lain seperti merekam histori tayangan konten.

Cara ini akan membantu kita untuk mengolah tampilan serta isi konten website berdasarkan preferensi pengunjung yang telah ditargetkan. Tujuan aktivitas tersebut adalah mengarahkan pengunjung agar melakukan apa yang kita harapkan.

Misalnya seperti merekomendasikan website atau melakukan pembelian. Menggunakan blog sendiri juga kita akan lebih meminimalisir anggaran karena kita hanya perlu mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization) agar blog kita lebih ramah dan mudah ditelusuri oleh mesin pencari terbesar, yaitu Google.

Kita juga harus melakukan riset kata kunci agar konten yang kita buat pada blog mengenai sasaran yang tepat. Anda juga bisa menyewa jasa content writer agar konten anda lebih tertata rapi dan pesan yang Anda utarakan sampai kepada target anda.

Sesuaikan kata kunci yang Anda pasang agar relevan dengan brand yang Anda jual dan keyword-nya untuk mempermudah mesin pencari menyortir situs web Anda. Cara ini akan mempermudah Anda untuk menemukan potential customer yang sesuai atau tertarget.

Selain lebih memudahkan brand Anda untuk di temukan oleh orang lain di internet, blog juga memiliki manfaat lain. Blog mampu membuat brand yang Anda punya lebih ramah untuk mesin pencari untuk menelusuri brand yang Anda punya.

Baca juga:  Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat untuk Pemula

Selain itu, Bisnis kita akan terlihat lebih profesional dan membuat konsumen lebih percaya kepada brand yang kita jual lewat konten marketing yang diaplikasikan ke dalam blog.

Video

Video adalah pilihan berikutnya yang bisa Anda pilih untuk memajukan bisnis. Sekarang ini, video mempunyai kekuatan yang sangat besar dalam dunia digital. Contoh yang bisa dilihat dengan gamblang adalah kesuksesan platform YouTube. Kenapa konten Video bisa menjadi sangat kuat di era digital ini?

Hal ini disebabkan oleh banyaknya orang yang malas membaca dan lebih tertarik menonton sebuah video. Kurangnya minat membaca di Indonesia bisa menjadi salah satu alasan kenapa konten video ini sangat digemari. Anda hanya perlu membuat sebuah peta konsep tentang bagaimana konten yang akan Anda sajikan dalam content marketing video Anda.

Setelah mempunyai konten video yang Anda inginkan, maka selanjutnya Anda harus bisa menjawab siapa saja target pasar anda. Ini pun sangat penting guna menciptakan konten video yang baik. Konten video yang baik harus memperhatikan target audiens dan juga tentu saja harus bisa dikemas semenarik mungkin.

Orang-orang di zaman sekarang menghabiskan waktu luangnya lebih banyak untuk menonton sebuah video. Apa alasan lainnya mereka mau menonton video pada waktu luang mereka? Itu semua karena sebuah kekuatan animasi yang hebat dalam suatu video.

Animasi yang bagus membuat orang betah berlama-lama untuk menonton sebuah video. Anda bisa membuat animasi video yang bagus untuk menciptakan kesan kepada orang yang menonton video yang anda buat.

Menonton video merupakan aktivitas yang lebih efisien dalam menghabiskan waktu daripada membaca. Informasi yang ingin disampaikan juga bisa lebih leluasa ditampilkan lewat tampilan visual.

Lewat pembawaan animasi yang menarik, pesan yang ingin Anda sampaikan akan mampu membuat target audiens tertarik kepada brand yang kita punya. Kuncinya adalah konten yang menarik dan juga animasi yang mampu membuat mata dan daya pikir manusia terpukau.

Infografis

Infografis adalah sebuah kumpulan data yang dibentuk dalam medium visual guna memberikan informasi atau mengiklankan suatu produk atau jasa kepada audiens yang sudah tertarget. Infografis biasanya jamak digunakan oleh media karena lebih mudah dicerna oleh banyak orang.

Infografis sendiri lebih menekankan kekuatan gambar daripada kekuatan teks. Ini adalah bentuk konten marketing yang bisa kita gunakan jika kita ingin memajukan bisnis kita lewat kekuatan visual manusia.

Kekuatan visual mampu membuat otak dan mata yang menerima sebuah informasi untuk selalu mengingatnya. Ini dikarenakan otak manusia yang lebih mudah mengingat tampilan visual daripada teks atau kata-kata.

Baca juga:  3 Cara Sederhana Mengelola Beban Kerja Freelance Kamu

Infografis sendiri sebenarnya terbagi lagi menjadi infografis statis dan infografis animasi. Infografis statis adalah jenis konten marketing yang sangat sering digunakan oleh banyak orang. Infografis jenis ini biasanya berbentuk sebuah gambar yang isinya kebanyakan sebuah ilustrasi gambar sebesar 70% dan sisanya adalah sebuah teks.

Infografis jenis kedua adalah animasi. Infografis animasi ini menggunakan format video sebagai medianya. Namun yang perlu diingat, infografis animasi berbeda dengan konten marketing video walaupun bentuk visualnya serupa sama-sama berbentuk video atau gambar bergerak.

Infografis video biasanya lebih mengedepankan animasi yang bagus dan mengelola konten yang sudah dibuat seakan-akan menjadi sebuah film pendek yang akan selalu diingat oleh orang yang melihatnya. Selain faktor visual yang mudah diingat, jalan cerita infografis animasi juga akan memberi pengaruh kuat pada ingatan penonton.

Itulah penjelasan singkat mengenai infografis. Pada dasarnya, infografis ini harus diisi dengan data yang valid karena banyak orang yang suka membaca hasil dari suatu riset.

Kita bisa memanfaatkan data untuk tumpahkan ke dalam tampilan visual berupa infografis yang akan kita buat. Infografis memanfaatkan kekuatan visual yang cukup besar pada otak manusia agar data-data yang disampaikan bisa tetapi nyaman untuk dinikmati.

Case Studies

Case studies atau studi kasus adalah hal yang bisa dijadikan sebagai konten marketing di era digital ini. Banyak orang yang sangat tertarik membaca studi kasus karena mungkin saja orang tersebut sedang mengalami masalah yang sama dengan studi kasus yang sedang dibahas.

Lalu, bagaimana caranya untuk membuat studi kasus? Hal yang harus kita temukan adalah sebuah masalah. Studi kasus lahir untuk menyelesaikan suatu masalah, maka hal yang harus kita butuhkan adalah sebuah masalah untuk dipecahkan.

Setelah tahu masalah apa yang akan kita pelajari, maka selanjutnya kita bisa menerka relasi antara kasus dan juga brand yang kita kelola. Anda harus menemukan masalah yang sesuai dengan brand yang Anda kelola agar menemukan jalan keluar dari yang sama dengan case studies.

Setelah itu, kita bisa melakukan sebuah riset atau mengambil riset yang terpercaya untuk studi kasus yang kita punya. Setelah mempunyai hasil riset, kita bisa menyusun daftar hal yang membuat orang-orang kesulitan pada kasus tersebut. Penting untuk membuat daftar kesulitan agar kita bisa mengeluarkan kekuatan brand kita dengan tepat.

Setelah kita menyusun daftar kesulitan pada studi kasus tersebut, maka selanjutnya kita masuk ke dalam proses pemecahan masalah atau menemukan solusi. Solusi di sini adalah produk atau jasa yang anda jual sebagai jalan keluar dari masalah tersebut.

Baca juga:  Biar Cepat Dapat Kerja, Ini Tips Menulis Deskripsi Pekerjaan!

Studi kasus sendiri menarik banyak minat orang untuk membacanya dan ini bisa kita manfaatkan untuk memasukan nilai brand yang kita punya ke dalam studi kasus tersebut.

Pembaca biasanya akan membaca dengan teliti dan ingin tahu seberapa kuat brand tersebut untuk memecahkan masalah atau menjadi jalan keluar dari masalah.

Case studies memerlukan kemampuan menganalisa dan storytelling yang kuat. Tujuannya agar konten yang disampaikan benar-benar rigid dan menarik untuk pembacanya. Storytelling diperlukan agar pembaca betah untuk membaca hasil riset akan kita paparkan.

eBook

Siapa yang tidak mengenal eBook di jaman sekarang? eBook adalah buku elektronik yang berisikan sebuah informasi dan biasanya eBook ini memiliki format PDF. eBook sendiri mudah dijangkau karena seluler pintar saja sudah bisa untuk mengoperasikan aplikasi untuk membaca eBook ini.

Siapa sangka ternyata kita bisa memanfaatkan eBook ini sebagai media kita untuk memperkenalkan brand yang kita punya kepada audiens yang sudah tertarget.

eBook ini biasanya memang dibagikan secara gratis agar lebih mudah dalam mengejar audiens yang sudah kita targetkan. eBook sendiri sebenarnya memiliki efek jangka panjang dan tidak langsung memberikan efek yang cepat seperti pada blog atau video.

eBook ini seperti sebuah investasi yang bisa kita gunakan untuk membangun sebuah hubungan dengan calon konsumen kita. Kita tidak hanya menjual barang yang kita jual, tapi juga memberikan sebuah informasi dan juga edukasi kepada pembaca eBook tersebut.

Tidak perlu takut tentang kerugian jika Anda menggunakan konten marketing eBook sebagai pilihan. Konsumen akan datang kepada Anda ketika mereka sudah siap untuk memilih produk anda melalui eBook yang sudah dibaca.

Kekuatan eBook mempunyai peran yang sangat besar dalam aktivitas konten marketing, namun tidak banyak yang mengetahuinya. Anda bisa menganggap eBook sebagai sebuah buku modul pembelajaran yang wajib diketahui orang lain ketika mereka mencari sebuah tema tertentu.

Itu dia beberapa konten marketing yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk kemajuan bisnis yang Anda punya. Beberapa contoh konten marketing memang tidak langsung memiliki dampak yang langsung terasa kepada profit perusahaan.

Misalnya seperti eBook yang merupakan konten marketing berbentuk investasi jangka panjang. Anda akan menerima keuntungannya di masa depan. Meskipun begitu, masih banyak jenis konten marketing lain yang bisa Anda pilih untuk memajukan bisnis yang Anda punya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *