5 Tipe Klien yang Harus Kamu Tolak dengan Tegas

tipe klien freelance

Hai Freebuddies, kamu bingung cara menghadapi klien? Saat menjadi seorang freelancer kamu akan menemukan berbagai tipe klien yang memiliki sifat dan prilaku yang berbeda-beda.

Kamu harus mempersiapkan baik kemampuan dan mental yang matang untuk mengatasi hal ini. Jika memang tidak memungkinkan beranilah untuk segera mengatakan tidak pada permintaan klien yang datang padamu.

Sebenarnya ada beberapa tipe klien yang memiliki sifat yang seharusnya tidak kamu layani permintaannya. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas 5 tipe klien yang harus kamu tolak segera tanpa pikir panjang.

Yuk, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

1. Klien yang suka berkata kasar

Klien pertama merupakan klien yang suka berbahasa atau bekata kasar. Kamu harus menghindari klien yang memang memiliki kebiasaan seperti ini karena sudah pasti kamu tidak akan dihargai sebagai seorang pekerja.

Tipe klien yang seperti ini hanya akan memberikan kesulitan untuk kamu dalam mengerjakan permintaan yang ia inginkan. Belum lagi jika nanti ternyata pekerjaan yang kamu buat tidak sesuai dengan permintaannya.

Tidak perlu pikir terlalu lama, langsung tolak saja klien yang memiliki sifat ini.

2. Klien yang suka mengintimidasi

Sifat klien yang selanjutnya adalah suka mengintimidasi. Freebuddies pasti ingin bekerja secara santai namun sesuai target yang diminta klien.

Bekerja juga butuh ketenangan serta konsentrasi yang baik. Bagaimana jika ada klien yang suka mengintimidasi? Sudah pasti fokus kamu pada pekerjaan akan terpecah, lalu yang terjadi pekerjaan tidak selesai pada waktunya.

Oleh sebab itu hindari segera dan katakan tidak untuk para klien yang suka memberikan tekanan pada freelancer.

3. Klien yang sombong

Satu dari sekian banyak tipe klien yang harus kamu tolak segera selanjutnya adalah klien yang sombong atau arogan.

Jika saat sedang melakukan komunikasi dengan klien pada pemberian tawaran kerja sama, kamu dapat menilai dengan mudah pribadi klien tersebut lewat bahasa yang digunakannya.

Saat menemukan klien yang terlalu sombong, menggunakan bahasa yang terlalu meninggikan diri sendiri atau perusahaannya maka sebaiknya kami tolak saja.

Klien yang seperti ini hanya akan memberikan masalah baru dalam pekerjaan freelancer kamu. Lebih baik mengambil tanggung jawab lain meski tidak sebesar tawaran yang diberikan oleh klien sombong tersebut.

4. Permintaan dan pemberian klien tidak sesuai

Sebagai seorang freelancer tidak menutup kemungkinan kamu akan bertemu dengan klien yang meminta terlalu banyak. Bahkan ada klien yang meminta dengan syarat pekerjaan yang tidak masuk akal.

Selain itu, pemberian yang ditawarkan atau bayarannya sama sekali tidak sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Hal ini tentu akan sangat tidak adil untuk kamu sebagai seorang freelancer.

Jadi jangan ragu untuk berkata tidak pada klien yang seperti ini.

5. Klien yang tidak membayar

Lalu sifat klien terakhir yang harus kamu tolak dengan tegas adalah mereka yang tidak membayar. Hal ini masih dapat dijumpai pada beberapa klien.

Mereka hanya memberikan angin surga dan kata-kata yang meyakinkan lalu setelah pekerjaan kamu kirimkan, bayaran yang seharusnya kamu dapat tidak pernah dikirimkan.

Jika sudah begini maka yang akan dirugikan adalah diri kamu sendiri. Oleh sebab itu, berhati-hatilah memilih dan menerima tawaran yang diberikan oleh klien.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tipe klien yang sebaiknya kamu tolak. Semoga bermanfaat untuk pada Freebuddies semua.

banner fastwork id

Sumber:
Millo: 5 Clients you should fire immediately

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *