Tips Edit Foto Produk Makanan agar Tampil Menggugah Selera

Dewasa ini, food photography jadi bidang baru yang cukup populer di kalangan fotografer profesional maupun freelancer dan pemula. Apalagi jika Anda menawarkan jasa fotografi makanan plus jasa edit foto produk makanan tersebut, maka amat penting untuk tahu tips dan trik penting dalam food photography.

Tak peduli apakah Anda sudah profesional atau masih pemula, tips dan trik berikut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan maupun skill.

special40

1. Gunakan bahan makanan yang paling segar

Tak diragukan lagi, bahan makanan yang segar akan tampak lebih hidup dan menarik saat difoto. Makanan yang tampak terlalu matang, berkerut, atau tak segar lagi jelas akan membuat hasil foto jadi mengecewakan dan tak menarik minat orang yang melihatnya.

Trik untuk menghasilkan makanan yang segar adalah dengan mengambil gambar saat makanan masih setengah matang. Jika tidak memungkinkan, ambilah gambarnya sesegera mungkin setelah makanan matang.

2. Memanfaatkan pencahayaan natural

Tak ada yang lebih baik dari cahaya alami untuk mengeluarkan warna makanan yang natural. Menggunakan cahaya buatan tidaklah salah, namun harus diperhatikan baik-baik agar tak menyebabkan warna makanan jadi terlihat palsu saat difoto. Cahaya alami yang tidak terlalu terang atau gelap adalah yang paling pas untuk food photography Anda.

Agar mendapatkan cahaya alami yang cukup terang, usahakan untuk meletakkan obyek di dekat jendela. Tips agar mendapatkan intensitas cahaya yang pas, Anda bisa meletakkan kertas putih atau kain putih di antara jendela dan obyek makanan agar cahaya yang mengenai obyek bisa pas dan tak berlebihan.

Jika hasil foto sudah terlanjur overexposed dan underexposed, Anda bisa mengatur level dan highlight dengan menggunakan software editing foto.

Baca juga:  Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Seorang Programmer

3. Tentukan sudut pandang yang tepat

Sudut pandang atau angle yang tepat saat mengambil foto juga menentukan hasil foto tersebut akan jadi menarik atau membosankan. Khusus untuk food photography, pilihan angle yang cocok digunakan biasanya tak banyak.

Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan obyek makanan yang akan difoto dalam memilih angle yang tepat. Ada makanan yang terlihat lebih menarik difoto dari samping dibandingkan dari atas.

Kuncinya adalah mencari aspek yang paling menonjol dari makanan tersebut, lalu pilih sudut pandang yang paling pas untuk aspek tersebut. Anda juga bisa menggunakan fitur ‘crop’ untuk menyempurnakan angle foto Anda di software editing foto.

4. Maksimalkan background dan foreground

Jika Anda menggunakan sudut pandang depan untuk memotret makanan, maka latar belakang atau background maupun latar depan atau foreground memegang peranan penting untuk menghasilkan foto yang sempurna.

Penggunaan foreground dan background yang berhubungan dengan objek makanan akan memperkuat kesan natural dalam foto Anda. Bahkan dengan latar yang tepat, foto Anda akan memberikan makna dan cerita yang lebih dalam di imajinasi tiap orang yang melihatnya.

5. Perhatikan komposisi warna

Mengeluarkan warna makanan yang natural adalah urusan pencahayaan, namun mengatur komposisi warna adalah tugas Anda untuk menghadirkan keutuhan fotografi yang sempurna.

Meski warna makanan sudah sempurna, jika komposisi warna antara objek dengan latar kurang pas, maka atmosfer yang hadir dalam foto pun kurang kuat. Gunakan komposisi warna yang senada atau warna kontras untuk menghadirkan atmosfer yang Anda butuhkan.

Menghasilkan foto makanan yang berkualitas harus dimulai dari teknik foto yang baik. Jasa edit foto produk makanan bisa maksimal jika sumber foto dikerjakan dengan baik. Jadi, tunggu apalagi? Segera coba tips-tips di atas untuk hasil foto yang sempurna!

Baca juga:  3 Elemen Penting yang Wajib Ada dalam Website Portfolio

Referensi: digital-photography-school.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top