Tips untuk Membuat Website Bisnis Ecommerce yang Menarik

Jualan online bisa dilakukan dengan banyak cara. Platform media sosial dan marketplace juga tersedia untuk memudahkan para pelaku bisnis online menjajakan barang dagangannya.

Namun saat pelaku bisnis memiliki website ecommerce mandiri, kredibilitas bisnisnya jelas akan dinilai lebih tinggi. Ditambah dengan bantuan web developer dan pengetahuan akan cara membuat website ecommerce yang menarik, calon pembeli pasti juga akan merasa lebih yakin.

special40

Berpikir Seperti Visitor

Apa barang yang Anda jual? Siapa saja yang menjadi target Anda? Sebelum membuat sebuah website ecommerce, Anda harus memahami itu semua. Informasi-informasi seperti ini akan membantu Anda membuat website yang sesuai dengan karakter pasar Anda.

Ingat, pada dasarnya website ecommerce dibuat untuk membantu memudahkan konsumen Anda. Jadi, berpikirlah seperti visitor. Cari tahu desain website seperti apa yang sesuai dengan selera mereka dan mudah mereka gunakan. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan web developer untuk menemukan desain terbaik.

Pilih Warna yang Tepat

Pemilihan warna website ecommerce sebaiknya disesuaikan dengan sektor bisnis yang digeluti, karakter perusahaan dan merek. Karena ini adalah website ecommerce, pastikan juga warna latar/background yang digunakan lebih netral. Ini dilakukan agar foto produk tetap terlihat jelas.

Penggunaan gambar sebagai pemanis juga diperlukan. Edit gambar agar terlihat lebih sesuai dengan konsep dari website ecommerce yang dibuat. Namun saat ingin menambahkan gambar, pastikan penggunaannya tidak berlebihan hingga mengalihkan perhatian visitor dari foto-foto produk yang Anda jual.

Prioritas pada Branding

Coba perhatikan website-website ecommerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Jika diperhatikan, website-website tersebut terlihat konsisten dengan warna tertentu.

Penggunaan warna ini tidak hanya sebagai diferensiasi. Pemilihan warna tersebut juga disesuaikan dengan warna merek yang mereka miliki. Saat membuat website ecommerce, jangan hanya berfokus pada desain yang menarik. Branding harus menjadi prioritas utama.

Baca juga:  5 Cara Membangun Brand Bisnis yang Kuat dan Efektif

Desain Website yang Responsif

Ingat, saat ini orang tidak hanya mengakses internet lewat komputer. Banyak di antara mereka yang mengaksesnya melalui perangkat mobile seperti tablet maupun smartphone.

Untuk itu, buatlah desain website yang responsif. Jadi saat diakses lewat komputer maupun smartphone, tampilannya tetap terlihat bagus. Selain itu, desain responsif juga lebih SEO friendly. Mesin pencari umumnya lebih menyukai website seperti ini.

Gunakan High Quality Image

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk secara online, foto produk adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli. Keputusan mereka untuk membeli banyak didasari oleh hal tersebut.

Untuk itu, sebaiknya gunakan foto beresolusi tinggi. Usahakan juga untuk menampilkan foto produk dari beberapa sisi. Permudah calon pembeli untuk memeriksa produk yang Anda jual. Meski demikian, berhati-hatilah dalam menggunakan foto beresolusi tinggi.

Penggunaan foto seperti ini akan mempengaruhi load time situs ecommerce yang Anda miliki. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengkompres foto yang akan digunakan.

Perkecil ukuran filenya. Dengan demikian, website akan terasa lebih ringan saat dibuka. Anda bisa menggunakan software edit gambar untuk melakukannya.

Membuat website ecommerce memang bukan hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain sisi desain, load time website juga perlu dipertimbangkan. Jadi selain memiliki tampilan yang menarik, website juga mudah diakses.

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website. Kemampuan dan pengalaman mereka dalam membuat website akan sangat membantu. Bahkan jika biaya menjadi kendala utama, masih ada web developer lepas yang bisa Anda sewa dengan biaya yang lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top