Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Bisnis

memilih nama domain

Saat seseorang ingin membuat website maka ditawari pembuatan nama domain gratis atau berbayar. Sebetulnya apa pengertian dari domain itu sendiri dan apa saja fungsinya bagi kehidupan masyarakat terutama para pemilik situs pribadi seperti WordPress maupun Blogspot?

Freebuddies akan mendapatkan informasi serta penjelasan lengkap pada artikel ini sehingga nanti tidak merasa kebingungan lagi.

Apalagi penggunaan domain erat kaitannya dengan web development sehingga sebaiknya dipahami dengan baik, berikut tips memilih nama domain yang tepat untuk bisnis.

Pengertian Domain dan Kegunaannya untuk Bisnis

Domain merupakan nama web yang sifatnya permanen, kalaupun dapat diubah maka harus memenuhi syarat atau kebijakan tertentu.

Domain tersedia gratis seperti Blogspot sehingga situs Freebuddies pada bagian belakang tercantum nama perusahaan Google tersebut, contohnya www.namaanda.blogspot.com.

Sementara itu ada pula yang berbayar dengan harga berbeda-beda berdasarkan jenisnya, seperti www.namabisnisanda.com, www.bisnisanda.co.id, dan sebagainya yang ditentukan sesuai keperluan tiap pengguna.

Nama domain sangat berarti bahkan memengaruhi kesuksesan sebuah perusahaan atau bidang bisnis tertentu.

Itulah sebabnya kalau Freebuddies berniat membuka usaha berbasis online maka perhatikan mengenai domain untuk pembuatan website resmi sebagai akses informasi atau dijadikan sarana transaksi jual beli.

Tidak sembarangan menentukan nama karena web dengan domain terbaik akan menarik perhatian calon konsumen sekaligus memudahkan mereka menemukan produk yang dijual melalui mesin pencarian.

Tips memilih nama domain yang tepat

Jika Freebuddies membuat domain secara sembarangan maka berimbas pada menurunnya profit bisnis. Banyak kesalahan dilakukan pelaku usaha pemula, apalagi mereka baru terjun dalam dunia toko online sehingga mengabaikan hal kecil yang ternyata imbasnya besar.

Misalnya seperti nama domain tidak relevan dengan produk, terlalu panjang, sulit dihafal atau dibaca konsumen. Perhatikan tips di bawah ini supaya situs jualan tersebut makin laris!

1. Jangan meniru milik orang lain

Jangan lakukan tindakan plagiasi atau meniru nama domain milik perusahaan lain supaya ikut terkenal. Akan lebih baik apabila Freebuddies mencari ide nama menarik, simpel, dan unik agar mudah diingat oleh calon konsumen.

Perhatikan pula bagian penulisan kata atau mungkin singkatan, pemberian tanda baca bila diperlukan, serta jumlah kata agar tidak terlalu panjang karena membuat bingung para pembaca.

2. Nama domain sesuai jenis usaha

Hindari pemilihan nama yang tidak relevan atau kurang sesuai dengan jenis bisnis serta produk yang dijual. Hal tersebut bisa menimbulkan masyarakat salah mengira, tadinya ingin membeli pakaian tetapi ternyata Freebuddies menjual bahan makanan atau benda elektronik.

3. Menggunakan kata kunci

Tidak ada salahnya menggunakan kata kunci sebagai nama domain agar mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Lakukan riset di mesin pencarian terlebih dahulu untuk menghindari kesamaan nama dengan bisnis milik orang atau perusahaan lainnya.

Dengan mencantumkan keyword akan meningkatkan rating situs dan membuatnya berada di daftar teratas pencarian.

4. Mencantumkan lokasi

Beberapa perusahaan internasional mencantumkan lokasi mereka pada nama domain agar mudah dikenal oleh konsumennya.

Freebuddies bisa menerapkan tips jitu tersebut dengan membubuhkan nama daerah tempat perusahaan tersebut dibangun, contohnya menggunakan singkatan SMG untuk Semarang, JKT untuk Jakarta, INDO untuk Indonesia dan lain sebagainya.

5. Hindari penggunaan domain bekas

Terkadang beberapa orang ingin memakai domain bekas pakai, terutama jika perusahan tersebut sudah terkenal dan populer.

Hindari tindakan tersebut karena resikonya sangatlah besar, salah satunya dibloker oleh pihak Google. Domain bekas artinya Freebuddies menggunakan nama situs yang sebelumnya pernah terdaftar atau dimiliki oleh pengguna lain.

Berfikirkan kreatif, gunakan originalitas domain sendiri untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas produk tersebut.

Mudah sekali bukan, beberapa tips memilih nama domain yang tepat untuk bisnis?

Meski hanya sebuah nama tetapi dampaknya besar terhadap kelancaran bisnis karena menunjukkan profesionalitas, kepercayaan sekaligus kualitas perusahana Freebuddies.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *