Tips Terbaik untuk Memulai Bisnis Travel Online

Statistik tahun 2016 menyebut bahwa 25 juta anak muda cenderung lebih suka pergi wisata. Setiap tahun jumlah orang berwisata dari kalangan milenial terus bertambah, tidak heran bila bisnis travel online kini banyak bermunculan.

Kalau Anda berminat membangun bisnis travel online, yang perlu Anda persiapkan pertama-tama adalah web design. Ya, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mengarahkan model bisnis travel ke arah online.

Tetapi sebelumnya, apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum Anda memulai bisnis travel online? Simak tips berikut agar bisnis travel Anda bisa berkembang lebih jauh lagi.

special40

Strategi Branding

Bisnis travel online tampaknya tidak pernah surut. Asosiasi Travel Agent Indonesia mencatat jumlah travel agent sebanyak 7000 agensi pada 2016. Jadi bisnis travel agent memang sudah menjamur.

Kalau Anda berniat membangun agensi perjalanan, yang mesti dipikirkan pertama-tama adalah layanan wisata macam apa yang Anda tawarkan untuk calon pelanggan.

Temukan keunikan pada layanan wisata yang akan Anda tawarkan. Setelah menemukan keunikan, langkah selanjutnya adalah memikirkan logo perusahaan. Desain logo perusahaan travel Anda mesti dibuat seunik mungkin supaya terlihat lebih menonjol di antara banyak perusahaan travel lain.

Pastikan supaya target pelanggan bisa melihat logo bisnis Anda di iklan, brosur, situs, dan lain sebagainya. Bekerjalah dengan desainer profesional dan berpengalaman supaya Anda memperoleh logo paling unik untuk diterapkan.

Profil Bisnis

Membangun profil bisnis travel bisa dimulai dari banyak sisi. Anda bisa menawarkan paket perjalanan wisata religi murah ke Timur Tengah, misalnya, sehingga agensi Anda dikenal sebagai penyedia liburan dengan paket harga termurah diantara agensi yang lain.

Hanya saja Anda sebaiknya tidak memfokuskan perhatian pada perang harga. Itu hanyalah satu pilihan profil yang bisa dibangun. Pada dasarnya Anda mesti membangun profil bisnis travel agent Anda dengan menawarkan paket liburan yang unik dan tidak bisa ditemukan di agensi lain.

Baca juga:  5 Tips Memilih Jasa Desain Interior Rumah yang Tepat

Website

Ada banyak lini bisnis, baik travel agency maupun lainnya, yang kini berjalan secara online. Untuk itu, dibutuhkan web design yang menarik dan sederhana.

Di dalamnya Anda bisa memperkenalkan keunikan Anda dibanding yang lain; berapa harga paket liburan yang Anda tawarkan; dan apa saja keunikan yang bisa didapatkan pelanggan ketika memesan paket perjalanan di agensi Anda. Isi juga konten situs dengan tips dan artikel how-to, travel hacks, maupun info tempat-tempat wisata yang menarik.

Aplikasi Mobile

Setelah membangun website, pertimbangkan juga penggunaan aplikasi yang membantu pelanggan maupun calon pelanggan memesan paket perjalanan dan liburan yang Anda tawarkan. Dengan begitu proses pemesanan paket liburan jadi lebih mudah, efektif, dan efisien.

Keuntungan lain membangun aplikasi mobile adalah: Anda bisa melayani konsumen lebih cepat dibanding yang lain. Lagipula, kebanyakan konsumen sekarang cenderung lebih nyaman memesan layanan atau produk apapun lewat smartphone mereka.

Promosi dan Pelayanan Melalui Media Sosial

Jangan lupa bangun pelanggan loyal lewat media sosial. Sesekali Anda bisa menawarkan promo, giveaway, atau memberikan beragam informasi tentang traveling kepada pelanggan Anda.

Media sosial merupakan kanal yang relatif sederhana dan bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk mempromosikan bisnis yang Anda kelola.

Demikianlah lima tips mudah membangun bisnis travel online yang bisa Anda jalankan. Memang tidak mudah membangun bisnis perjalanan, namun dengan menyediakan web design yang menarik serta membangun identitas yang unik, Anda bisa bertahan di pasar travel agent yang sudah dimasuki banyak pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top