12 Tips SEO untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda

Untuk meningkatkan peringkat website, sebagai pengelola situs Anda perlu mempelajari tips SEO (Search Engine Optimization). Mengoptimalkan seluruh situs, bukan hanya satu halaman, untuk mesin pencari terbilang cukup tricky.

Hal ini dikarenakan meskipun Anda sudah mendapatkan kata kunci SEO yang tepat, namun belum memposting banyak konten, maka akan sulit bagi website tersebut untuk muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan seluruh situs website, beberapa tips SEO ini wajib diperhatikan. Yuk, simak!

special40

Tentukan topik secara spesifik

Topik adalah hal pertama yang harus Anda pertimbangkan untuk mengelola website agar bisa muncul di halaman awal hasil pencarian. Satu topik utama secara spesifik yang sesuai dengan perusahaan Anda harus benar-benar dapat mewakili pesan yang ingin disampaikan.

Langkah ini penting karena topik akan memudahkan riset kata kunci untuk konten website.

Sebutkan kata kunci yang paling penting

Setelah mendapatkan topik yang akan diangkat pada situs website, maka inilah saatnya Anda memilih kata kunci yang paling penting dan terkait.

Masukkan kata kunci ini pada nama domain, judul situs, deskripsi, tagline, kategori blog, judul halaman, hingga konten yang terdapat di masing-masing halaman.

Buat tautan ke halaman internal website Anda

Banyak sistem manajemen konten yang secara otomatis melakukan hal ini. Akan tetapi, jika website Anda tidak melakukannya, maka cobalah untuk menautkan setiap konten ke halaman-halaman terkait secara langsung dari beranda. Ketika konten telah saling terpaut satu sama lain, maka ini akan memudahkan website Anda mendapatkan peningkatan ranking SEO.

Gunakan permalink yang mengandung kata kunci

Tips SEO yang berikutnya ini masih jarang diketahui. Tak heran jika beberapa situs masih memiliki struktur permalink yang kurang efektif, biasanya mereka memakai angka untuk mengidentifikasi halaman.

Baca juga:  Apa itu eCommerce, Manfaat Serta Keuntungannya

Padahal hal ini justru buruk untuk skor SEO yang diberikan oleh mesin pencari. Sebaliknya, Anda disarankan untuk menggunakan struktur URL yang menyertakan teks dan kata kunci.

Hapus apa pun yang memperlambat load website

Kecepatan loading website sangat berpengaruh pada peringkat SEO situs secara keseluruhan. Jadi, segera singkirkan hal-hal tidak penting yang justru memperlambat load website.

Tidak terkecuali fitur pemutar musik, gambar-gambar berukuran besar, maupun plugin yang tidak lagi dibutuhkan untuk mengelola website.

Tambahkan kata kunci pada gambar yang digunakan

Menambahkan kata kunci pada gambar yang digunakan pada situs website secara keseluruhan juga masuk dalam daftar tips SEO. Ini berarti setiap akan menambahkan gambar, pastikan Anda telah mencantumkan kata kunci pada judul gambar, deskripsi, serta atribut alt. Jika diperlukan, ubah nama file sehingga mengandung kata kunci yang dipakai pada halaman website.

Tautkan ke website lain dengan konten yang relevan

Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan halaman blogroll, daftar tautan, atau fitur-fitur lain yang ada di situs web Anda. Namun demikian, jangan berlebihan dalam menambahkan tautan website lain di dalam konten Anda.

Selain akan menciptakan kesan spamming, cara ini juga akan menguntungkan pemilik situs lain yang justru mendapatkan ‘klik’ dari pengunjung website Anda.

Perbarui konten secara kontinu

Situs dengan konten dinamis sering berperingkat lebih tinggi daripada situs dengan konten statis. Itu sebabnya blog dan direktori (seperti Wikipedia) melakukannya dengan baik di mesin pencari.

Hal ini dikarenakan mereka terus diperbarui dengan konten-konten baru. Nah, Anda juga bisa memperbarui konten secara kontinu untuk meningkatkan peringkat website.

Berhenti mengubah-ubah nama domain website

Tanpa disadari, usia URL Anda menjadi faktor utama yang memengaruhi peringkat pencarian situs tersebut. Artinya, jika Anda terus menerus mengubah nama domain website, maka alogaritma mesin pencarian tidak akan pernah memberikan skor yang baik. Sebaliknya, pertahankan nama domain website tersebut sehingga indeks skornya tetap baik.

Baca juga:  Cara Memaksimalkan Strategi Word of Mouth Marketing

Itulah tadi beberapa tips SEO yang bisa Anda terapkan untuk mengelola situs website. Masih kesulitan juga? Ini mungkin saat yang tepat untuk Anda bekerja sama dengan freelancer profesional di Fastwork.id yang berpengalaman dalam mengatur SEO website.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top