5 Tools Terbaik untuk Kelola Akun Media Sosial dengan Efisien & Efektif

tools media sosial

Dewasa ini, penggunaan media sosial tak sekedar sebagai media untuk menjalin pertemanan. Media sosial pun kini sudah berevolusi menjadi tambang promosi bagi para pelaku bisnis agar brand, jasa, atau produknya lebih dikenal oleh khalayak luas.

Bila Freebudies adalah salah satunya, ketahuilah 5 aplikasi terbaik untuk kelola akun Media Sosial dengan efisien dan efektif berikut.

Aplikasi mobile dan aplikasi desktop untuk kelola akun media sosial

1. Buffer

Buffer bisa jadi merupakan aplikasi pengelola akun media sosial termurah. Sebab, harga untuk satu pengguna dengan delapan profil media sosial setiap bulannya dimulai dari angka $15 saja.

Akan tetapi, freebuddies hanya terbatas untuk mengunggah 100 post per bulan untuk setiap profilnya.

Fitur yang disediakan oleh Buffer lumayan lengkap. Ada fitur penjadwalan post, queue, engagement, analytics, hingga membangun tim untuk tugas manajemen klien.

Selain itu, terdapat pula fitur RSS feed yang berguna untuk menerbitkan post dari blog. Buffer dapat dipakai untuk media sosial Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest.

2. HootSuite

Hootsuite merupakan salah satu aplikasi pengelola media sosial yang paling populer. Ia memiliki banyak fitur penting.

Salah satunya seperti menjadwalkan terbitnya sebuah post secara bersamaan di beberapa akun media sosial. Akun tersebut bisa dari media sosial dari platform yang sama atau bahkan berbeda.

Ada pun media sosial yang bisa dikelola oleh HootSuite adalah Facebook, Instagram, LinkedIn, WordPress, Youtube, dan Twitter.

Untuk 10 profil media sosial dengan satu pengguna, freebuddies wajib membayarkan $29 atau setara dengan Rp441.000,- per bulannya. Dengan biaya yang cukup terjangkau ini, freebuddies juga sudah mendapatkan fitur unlimited posting juga lho.

3. Sendible

Kendati punya biaya bulanan yang cukup murah, Sendible tetap layak disandingkan dengan aplikasi lainnya. Pasalnya, Sendible menyuguhkan banyak fitur lain selain penjadwalan post, termasuk fitur CRM alias Customer Relationship Management.

Fitur inilah yang akan memungkinkan freebuddies untuk berinteraksi langsung dengan para pelanggan.

Sendible pun lebih unggul dari HootSuite karena Ia punya fitur Social Inbox. Bagi yang belum tahu, fitur ini amatlah praktis karena gunanya adalah mengatur segala interaksi dan social media engagement dalam satu tempat.

Hal tersebut mencakup DM, mention, komentar, hingga likes dan shares. Untuk satu pengguna dengan 12 layanan dan tanpa laporan, yang wajib dibayar adalah $29 per bulan.

Aplikasi Budget Eksklusif untuk Kelola Akun Media Sosial

4. eClincher

eClincher masuk ke daftar aplikasi pengelola media sosial paling pintar namun sangat mudah digunakan. Fitur utamanya adalah fitur auto post dengan queue, yang mana membantu pengguna menerbitkan ratusan post secara otomatis hingga beberapa bulan ke depan.

Masih ada lagi fitur RSS, pencarian kata kunci untuk konten yang disarankan, social inbox, pencarian influencer, manajemen klien, hingga laporan analitik. Setiap bulan, setidaknya freebuddies wajib merogoh kocek hingga $49 untuk 15 profil media sosial.

5. Sprout Social

Yang membuat Sprout Social begitu spesial adalah kekomplitan fitur yang Ia tawarkan. Sprout Social punya fitur tim manajemen klien dan social inbox.

Ia pun akan menampilkan statistik individual untuk setiap post. Masih ada lagi yang namanya fitur post-approval.

Fitur post-approval sendiri erat kaitannya dengan funding untuk pelaku bisnis yang bekerjasama dengan sebuah agensi.

Sayangnya, ada satu kekurangan dari Sprout Social yakni tidak punya fitur auto post dengan fitur queue. Harga bulanan yang paling murah dari Sprout Social adalah $99 atau setara dengan Rp1.506.000,-.

Harga tersebut untuk satu pengguna dengan lima profil media sosial.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 aplikasi terbaik untuk kelola akun Media Sosial dengan efisien dan efektif. Freebuddies bisa memilih salah satu dari kelima aplikasi di atas sesuai dengan dana yang dimiliki.

Setelah memakai jajaran aplikasi tadi, dijamin hasil promosi bisnis di media sosial akan melesat lebih jauh dari sebelumnya. Yuk segera dicoba!

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *