Cara Memaksimalkan Strategi Word of Mouth Marketing

word of mouth marketing

Zaman sekarang, sudah banyak masyarakat menerapkan tips maksimalkan strategi word of mouth untuk marketing bisnis baik secara online maupun offline.

Sebelum membahasnya lebih jauh, pernahkan Freebuddies sendiri mendengar jenis taktik promosi tersebut? Sebenarnya word of mouth telah lama digunakan secara tidak sadar dimana seseorang akan mempromosikan atau mengenalkan produk usaha kepada orang lain secara langsung.

Word of mouth menurut pengertian merupakan cara berkomunikasi mengenai barang atau jasa diantara orang tertentu.

Hal ini disebut juga sebagai marketing dari mulut ke mulut, bisa memanfaatkan kenalan, keluarga atau bahkan saudara dan tetangga. Mereka adalah pihak perusahaan ataupun bisnis yang menyediakan suatu produk jualan.

Caranya bisa melalui review, testimonial, percakapan harian atau sebagainya. Intinya kualitas barang lebih dikenal oleh masyarakat luas tanpa modal sekalipun.

Alasan Metode Word of Mouth Begitu Disukai Pembisnis

Jika Freebuddies kesulitan menemukan strategi pemasaran yang pas untuk diterapkan maka dapat menggunakan metode marketing word of mouth.

Tidak hanya menguntungkan pelaku usaha karena mereka tak perlu keluar biaya tinggi bahkan gratis sekalipun. Akan tetapi masih banyak lagi keuntungan dari word of mouth untuk mendukung meningkatkan penjualan atau memudahkan promosi.

Adapun beberapa contoh kelebihan tersebut yaitu sebagai berikut:

Tidak perlu susah payah membayar pekerja baru untuk melakukan promosi secara gencar. Menggunakan word of mouth ternyata dapat menghemat uang modal bisnis Freebuddies, selain itu waktu serta tenaga.

Meningkatkan popularitas serta kualitas produk jualan secara tidak langsung. Ketika banyak orang membicarakan sekaligus mengajak masyarakat lain membeli produk Freebuddies maka dapat disimpulkan mereka puas dengan kualitasnya.

Ketika konsumen memberikan testimonial atau review di website toko online atau perusahaan maka tercipta ruang obrolan. Dengan begitu pengelola usaha mampu berkomunikasi serta interaksi sehingga menumbuhkan rasa percaya dari masyarakat.

Tips Menggunakan Word of Mouth Agar Lebih Maksimal

Tidaklah mudah menerapkan tips maksimalkan strategi word of mouth untuk marketing bisnis. Kalau salah sedikit saja maka berakibat fatal terhadap nama brand produk jualan Freebuddies.

Jangan sampai yang dibicarakan mengenai keburukan atau kekurangan produk tersebut sehingga menurunkan nilai penjualannya.

Gunakan beberapa tips mudah berikut ini agar taktik word of mouth promosi bisnis berjalan lancar dan menguntungkan perusahaan.

Tingkatkan kualitas produk

Tingkatkan kualitas dari produk terlebih dahulu agar layak dipasarkan ke masyarakat luas. Apabila mereka merasa puas maka secara otomatis akan selalu membicarakan barang bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

Terlihat dari sifat konsumen dunia lebih percaya terhadap review dari seseorang yang pernah membeli ketimbang mencobanya sendiri. Hal ini disebabkan karena mereka tak ingin merasa rugi serta kecewa.

Persiapkan sarana komunikasi

Persiapkan sarana komunikasi yang mudah seperti membuat website dengan fasilitas ruang obrolan, kolom komentar, menu testimoni atau review. Selain itu sediakan pula email, kontak telepon bahkan media sosial.

Menita feedback

Mintalah konsumen untuk membuat sebuah review produk yang telah dibeli serta dicoba sendiri. Kemudian posting dan bagikan melalui berbagai macam media sosial, aplikasi dan sebagainya.

Berikan pelayanan terbaik

Memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada semua konsumen, salah satunya rajin membalas komentar. Cara ini akan menumbuhkan rasa percaya dan pembeli semakin yakin dengan kualitas produk tersebut.

Itulah beberapa tips maksimalkan strategi word of mouth untuk marketing bisnis yang nantinya dapat meningkatkan penjualan Freebuddies dengan praktis dan tanpa modal sekalipun. Selamat mencoba!

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *