Cara Membuat Poster Menarik dengan Mudah

Biasanya poster dibuat untuk mengundang orang-orang datang ke sebuah event atau acara. Coba bayangkan semisal Freebuddies ingin membuat event untuk mempromosikan produk perusahaan Freebuddies.

Harapannya bakal banyak orang yang datang. Tetapi Freebuddies masih buntu ide bagaimana caranya mempromosikan acara tersebut lewat poster.

Sehingga jadinya tidak yakin seperti apa cara yang terbaik supaya bisa membuat poster yang bagus. Oleh karena itu Freebuddies perlu mengetahui tips rahasia membuat desain poster yang unik dan menarik serta memiliki sifat persuasif kepada orang-orang.

Terlepas apakah Freebuddies desainer atau bukan.

Cara-Cara Kreatif untuk Membuat Poster Jadi Menarik

Kuncinya adalah Informasi

Pertama-tama pastikan Freebuddies menyajikan informasi dengan jelas dan ringkas. Sebuah poster dipenuhi dengan judul, tanggal acara, harga tiket, persyaratan hingga lokasi acara.

Meski harus lengkap namun sebaiknya masukkan informasi yang paling penting saja. Poster yang terlalu ramai akan membuat orang yang melihatnya jadi pusing dan bingung.

Membuat Headline Atau Judul Unik

Rangkumlah seluruh isi poster Freebuddies dalam satu judul. Boleh judul acara Freebuddies, pengumuman tentang rekrutmen anggota, launching produk, atau apa saja yang serupa.

Buatlah secara ringkas dan singkat saja. Yang penting Freebuddies memberikan informasi paling penting dalam judul poster. Agar mudah menjadi sorotan ketika dilihat.

Memerhatikan Detail Poster

Pastikan Freebuddies menyertakan detail penting di dalam poster Freebuddies. Dan detail tersebut harus bisa memperjelas tujuan utama poster tanpa mengaburkan pesan utamanya.

Contohnya, jika desain poster bertujuan jangka panjang seperti promosi real estat, maka beberapa detail pentingnya termasuk fitur dan nilai jual properti serta kontak Freebuddies.

Menyertakan Call-To-Action

Kalau diterjemahkan langsung call-to-action berarti ‘panggilan untuk bertindak.’ Yang artinya ajakan kepada audiens agar mengambil langkah selanjutnya setelah melihat poster tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Banner yang Menarik untuk Penjualan

Contohnya seperti ajakan membeli tiket, memesan tempat, lalu masa akhir pendaftaran harga diskon, dan masih banyak lagi.

Menerapkan Tingkatan Tipografi

Tingkatan tipografi atau hirarki tipografi termasuk tips rahasia membuat desain poster yang unik. Hirarki tipografi adalah penempatan teks secara visual dengan variasi ukuran huruf berdasarkan tujuan kepentingannya dalam poster.

Sehingga dapat membantu audiens untuk memahami alur poster dengan mudah. Sederhananya Freebuddies membedakan ukuran huruf untuk setiap keterangan dalam poster.

Pilih Desain yang Menonjol

Namun tidak harus berlebihan hingga terkesan norak. Karena umumnya poster ditampilkan di papan buletin atau dipublikasikan secara online.

Di tempat-tempat tersebut poster Freebuddies akan bersaing dengan berbagai visual promosi lainnya untuk menarik audiens. Jadi poster Freebuddies harus memiliki desain bernilai unik yang kompetitif.

Teknik Fotografi yang Baik

Menggunakan foto-foto yang memukau dalam desain poster akan memberikan dorongan secara visual. Ini adalah salah satu cara termudah dan paling kreatif untuk menarik perhatian audiens.

Karena manusia lebih merasakan keterkaitan dengan foto atau gambar tentang kehidupan nyata, daripada gambar-gambar desain.

Memilih Ilustrasi Terbaik

Ilustrasi memiliki bermacam-macam variasi gaya yang berbeda dan sangat menarik dari segi visualnya. Ilustrasi dalam poster layaknya ujung tombak yang mendukung tujuan dari desain Freebuddies.

Pastikan Freebuddies memilih ilustrasi yang selaras dengan warna desain poster. Agar terjaga keharmonisan antara ilustrasi dengan elemen visual lainnya.

Demikianlah berbagai tips rahasia membuat desain poster yang unik. Apapun informasi yang ingin Freebuddies sampaikan di dalam poster maka Freebuddies menyesuaikan desain dengan tujuan dan kepentingannya.

Bila perlu Freebuddies juga bisa meminta bantuan tenaga desainer grafis untuk membantu menciptakan poster Freebuddies.

One Response

  1. Selamat malam, sebetulnya saya sendiri sudah paham akan langkah-langkahnya. Namun saya tidak punya sense-of-art yang cukup bagus, saya kurang paham bagaimana membuat design yang baik dari awal sampai selesai. Kira-kira apakah ada tips and trick? Thank you 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top