15 Jenis Font Terbaik untuk Desain Grafis

jenis font terbaik

Bagi seorang desainer grafis, pekerjaan seperti membuat desain banner, desain typography, membuat logo, flyer, gambar illustrasi hingga membuat infografis merupakan rutinitas sehari-hari.

Untuk tetap kreatif dan produktif dalam menghasilkan karya-karya yang bagus, tak jarang desainer grafis membuat ciri khas tersendiri. Misalnya, dalam menggunakan jenis font terbaik yang unik dan beda dari yang lain.

Dalam dunia desain grafis, jenis font dapat memberi pengaruh tersendiri terhadap desain yang ditampilkan. Karena dapat memudahkan dalam penyampaian pesan dan mengungkap “rasa”.

Pemilihan jenis font yang baik akan membuat audiens tertarik untuk membaca lebih banyak. Dalam penerapannya, tipografi banyak diaplikasikan dalam media cetak maupun media digital.

Tipografi yang baik tak hanya fokus pada materi sebuah konten, namun juga bagaimana menyajikannya dengan format yang konsisten, begitu juga dengan pemilihan huruf yang digunakan.

Berkaitan dengan itu, Fastwork sudah mengumpulkan 10 jenis font terbaik untuk desain grafis yang bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut ulasan lengkapnya di bawah ini.

special40

Keuntungan menggunakan font yang bagus

Ada banyak sekali jenis font keren di internet yang dapat digunakan secara gratis oleh desainer grafis, namun tetap harus memperhatikan proporsi dan perpaduannya dengan warna dan gambar.

Tak hanya sekedar bagus saja, melainkan keselarasan antara warna, penempatan, bentuk, dan ukuran yang sesuai. Untuk beberapa karya tertentu, font memiliki manfaat seperti:

  • Melengkapi gambar atau desain yang telah dibuat sehingga tampilannya semakin bagus
  • Sarana menyampaikan pesan, tujuan, ataupun maksud dari pembuatannya secara langsung maupun tersirat
  • Sebagai idenditas bisnis, brand maupun slogan sebuah produk dan jasa

Tentu tujuannya agar mudah diingat konsumen, memudahkan branding, dan juga pemasaran untuk meningkatkan kualitas barang dan penjualan.

Rekomendasi jenis font untuk desainer grafis

Terus berkembangnya teknologi digital saat ini mempermudah kita dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan, termasuk dalam bidang grafis. Bertambahnya minat warganet untuk menjadi seniman grafis merupakan salah satu bukti.

Artinya, semakin banyak karya seni yang dihasilkan, contohnya font cantik yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma seperti jenis font berikut ini.

1. Handwritten

handwritten jenis font

Jenis font yang pertama yaitu Handwriten. Font ini sangat identik dengan model tulisan tangan latin bergaya klasik. Bentuknya juga bermacam-macam seperti dibuat menggunakan kuas atau spidol.

Ukurannya pun ada yang tebal, tipis, tegak, miring dan lain sebagainya. Sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

2. Slab Serif

slab serif jenis font

Kalau kamu menyukai varian font serif, makan slab serif merupakan salah satu pilihan yang tepat. Huruf slab serif memiliki karakteristik yang simpel, jelas dan besar.

Kesan yang ditampilkan cukup sederhana namun membuat komponen desain di dalamnya tetap terlihat elegan.

3. Color Font

color font

Tulisan tebal dengan warna-warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desainer grafis dalam membuat karya-karya desainnya.

Font jenis ini seringkali dipergunakan untuk keperluan desain brosur, ataupun pembuatan gambar lain yang sifatnya ceria dan dan menghibur.

4. Victorian Parlor

victorian parlor jenis font

Font yang satu ini memiliki bentuk yang paling menarik, terdiri dari berbagai macam karakteristik tipografi dan perpaduan yang klasik dan unik membuatnya disukai oleh desainer grafis.

Karena bentuknya yang fleksibel, kamu bisa menggunakan font ini untuk keperluan desain yang mengusung tema vintage dan tetap terlihat modern.

5. Aurora Script

jenis font script

Script dibuat seperti tulisan tangan yang menyerupai kaligrafi kuno dengan lekukannya yang indah. Perpaduan font Aurora Script dengan bingkai dekoratif semakin mempertegas karakternya.

Secara umum, font ini dapat menciptakan tampilan desain yang mewah dan elegan.

6. Vintage

Font bergaya vintage juga identik sekali dengan masa lampau dimana tulisan-tulisannya berbentuk miring, tipis, artistik, namun terlihat elegan.

7. Blackletter

blackletter font

Font yang satu ini termasuk dalam kategori Old School. Untuk penggunaannya sendiri akan kamu banyak temui pada desain cover album band musik metal ataupun band rock.

Ciri khas dari font ini yaitu hurufnya yang tebal, terdapat aksen atau motif pada bagian hurufnya seperti graffiti.

8. Brooklyn

jenis font brooklyn

Brooklyn merupakan jenis font yang cukup simpel, sederhana, terlihat bersih dan teratur. Banyak orang menggunakan font ini untuk keperluan desain yang tidak terlalu rumit.

Font ini memiliki karakteristik huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarat pada setiap hurufnya.

9. Sans Serif

sans serif font

Tentu Sans Serif merupakan font yang paling banyak digunakan dalam desain grafis. Selain jenisnya yang cukup banyak, font serif juga dapat menyatu dengan gambar desain apa pun.

Jenis huruf sans serif memiliki tepi yang sedikit tajam dan berstruktur geometris yang membuatnya fungsional dan mudah dibaca.

10. Serif

jenis font serif

Keluarga font Serif yang terakhir memiliki karakter minimalis dalam gaya reguler, tipis dan tebal. Ini adalah font serif dengan garis proyeksi atau ikal di ujung huruf.

Serif adalah tipografi modern dengan variasi serif dan sans serif. Font yang elegan dan ringan dengan detail desain yang halus.

11. Koliko

jenis font koliko

Koliko merupakan font yang memiliki karakter Latin dan Cyrillic dengan pilihan gaya reguler, tipis, dan tebal. Font ini masih keluarga sans serif geometris dengan struktur bersih dan cocok digunakan untuk headline berita utama yang tebal.

Download font ini di Behance.

12. Polya

jenis font polya

Font Poyla terinspirasi dari jaring poli-poli, yaitu jala untuk pemodelan komputer 3D. Adrien Coquet mendesain font ini dengan bentuk tebal dan tampilan yang ringan. Kamu bisa mendapatkan font Polya secara gratis.

Download font ini di Behance.

13. Modeka

jenis font modeka

Kamu bisa menggunakan font keren dari Gatis Vilaks ini secara gratis. Modeka adalah font ringan dengan desain elegan yang menggabungkan sudut dengan detail yang membulat. Hasilnya terlihat antara bagian masing-masing elemen dengan persimpangan set karakter font itu sendiri.

Download font ini di Behance.

14. Reckoner

jenis font reckoner

Desain font Reckoner yang terinspirasi dari tipografi industri populer sans serif dengan sentuhan modern dibuat oleh Alex Dale, yang merupakan graphic designer berbakat. Jika dilihat, desain font ini tetap menjaga dasar-dasar font tradisional.

Download font ini di Behance.

15. Stoked

jenis font stoked

Marie-Michelle Dupuis adalah seorang desainer yang merancang Stoked, jenis huruf serif. Ia mengatakan bahwa font ini diselamatkan dengan cinta setelah penolakan lima logo dengan huruf kustom ini.

Download font ini di Behance.

Itulah 15 jenis font terbaik untuk desain grafis yang bisa kamu unduh (download) secara gratis. Tambahan lagi, kamu juga bisa menggunakan jasa freelance terbaik di Fastwork untuk membuat desain kemasan produk yang menarik, desain banner yang kreatif, hingga membuat desain logo menggunakan font keren seperti di atas.

Tersedia juga promo spesial untuk pembaca setia blog Fastwork, gunakan kode SPECIAL40 dan dapatkan potongan harga sebesar 40%. Coba sekarang! Bagikan artikel ini ke teman kamu yang suka desain font menarik, ya!

banner fastwork id

Sumber:
CreativeMarket: 10 Types of Fonts Every Professional Designer Needs to Own

12 thoughts on “15 Jenis Font Terbaik untuk Desain Grafis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *