5 Cara Mengelola Keuangan yang Tepat Bagi Freelancer

Hai Freebudies, kamu kesulitan dalam mengelola keuangan? Meskipun memiliki banyak pekerjaan freelance, jangan risau dan bingung, karena kamu pasti bisa mengelolanya dengan baik.

Mengapa demikian? Karena pada kesempatan kali ini Fastwork akan membahas hal yang menarik bagi kamu yang memang sedang kesulitan dalam mengelola keuangan.

Penasaran? Simak ulasannya berikut ini tentang 5 cara mengelola keuangan yang tepat bagi freelancer.

1. Buat rencana keuangan yang matang

Langkah awal sebagai upaya untuk mengelola keuangan, khususnya bagi kamu para freelancer. Kamu bisa memulainya dengan membuat sebuah rencana keuangan yang matang.

Rencana keuangan ini bisa berupa keperluan yang sekiranya harus dipenuhi. Jika perlu, kamu bisa membuat rinciannya sedetail mungkin.

Dengan membuat sebuah rencana keuangan, maka kamu bisa mengerem keinginan membeli barang-barang yang tidak sesuai dengan rencana yang sudah kamu susun untuk masa depan.

2. Rencanakan kemungkinan terbaik & terburuk

Selain dengan membuat sebuah rencana keuangan yang matang, kamu juga harus memperhitungkan sebuah rencana untuk skenario terbaik ataupun hal buruk apa yang akan terjadi dalam kondisi keuanganmu.

Misalnya begini, menjadi freelancer tentu memiliki sebuah pekerjaan yang tidak tetap dan tidak hanya menggeluti satu buah bidang saja, oleh sebab itu kamu harus pintar dalam mengelola pendapatanmu supaya keuangan kamu tetap sehat.

Dengan mengetahui arus kas, semua pendapatan yang masuk dan keluar akan lebih mudah dikelola dengan baik.

3. Sisihkan dana untuk tagihan

Selain merencanakan kemungkinan apa yang akan terjadi di masa depan, sebagai upaya untuk bisa mengelola keuangan dengan baik selanjutnya yaitu dengan menyisihkan dana untuk tagihan-tagihan.

Freebudies tentu sangat memahami bukan, dalam kehidupan bersosial tentu setiap orang akan terikat dengan berbagai macam tagihan-tagihan setiap bulannya.

Baca juga:  5 Langkah Memulai Karier Sebagai Freelancer Ditengah Kesibukan Kerja Full-Time

Jika tidak dipersiapkan secara matang, maka kamu akan kesulitan dalam mengatur keuanganmu nantinya.

Terlebih bagi para freelancer yang memiliki penghasilan yang tak menentu. Oleh sebab itu, perlu kiranya untuk menyisihkan dana untuk membayar tagihan-tagihan tersebut.

4. Catat semua pengeluaran

Cara mengelola keuangan yang tepat bagi freelancer yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu dengan mencatat semua pengeluaran yang hendak dihabiskan pada setiap bulannya.

Tentunya kamu sudah paham, selain kebutuhan primer dan sekunder, akan ada lagi kebutuhan bulanan yang tak terduga yang kadang kala membuat para freelancer menjadi kebakaran jenggot.

Oleh karena itu, kamu perlu mencatat setiap pengeluaran yang ada. Gunanya agar kamu tahu dengan pasti ke mana arah uang yang kamu dapatkan, sehingga kamu bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan-kebutuhan tak terduga yang dikatakan sebelumnya tadi.

5. Sisihkan dana untuk diri sendiri

Cara penting selanjutnya yang harus kamu lalukan yakni menyisihkan dana atau penghasilanmu untuk dirimu sendiri.

Mengapa? Hal ini bisa kamu terapkan sebagai upaya penghargaan terhadap diri sendiri atas hasil kerja kerasmu menjadi freelancer.

Selain itu, ini juga bisa menjadi motivasi agar kamu lebih giat dan produktif dalam bekerja maupun melakukan hal lainnya.

Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat setiap orang membutuhkan sebuah jenjang waktu berlibur dari segala pekerjaan yang akan menanti.

Dalam hal ini, akan lebih baik jika kamu mampu menyisihkan hasil kerja kerasmu tersebut. Sehingga dapat dipergunakan untuk berlibur nanti atau digunakan untuk hal-hal penting lainnya.

Itulah informasi yang bisa Fastwork bagikan untuk Freebudies sekalian. Semoga kamu menjadi lebih berhati-hati, terlebih setelah memahami 5 cara mengelola keuangan yang tepat bagi freelancer.

Baca juga:  5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Memulai Freelance

Berkatian dengan itu, kamu juga bisa dapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan dengan menjadi freelancer di Fastwork.id. Daftar sekarang juga!

banner fastwork id

Sumber:
99designs: 5 personal finance tips every freelancer should know

One Response

  1. Wih nice artikel gan.. jadi ngerti pentingnya ngatur uang… khususnya buat saya yang pekerja lepas.. Nah buat referensi temen2 ada juga nih pengetahuan yang bagus!
    Cara cerdas atur keuangan untuk pekerja lepas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top