5 Cara Menghadapi Feedback Negatif dari Klien Sebagai Seorang Freelancer

Menjadi seorang freelancer tidak selalu berjalan dengan lancar. Terlebih klien yang dihadapi memiliki karakter yang berbeda-beda serta tanggung jawab yang diberikan juga memiliki beban yang berbeda.

Bahkan setelah pekerjaan selesai, belum tentu klien tersebut akan memberikan feedback yang positif. Freebuddies harus mengetahui bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasinya.

Pada pembahasan kali ini Fastwork akan membantu kamu untuk mengetahui cara menghadapi feedback negatif dari klien sebagai seorang freelancer. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Jangan dimasukkan ke hati

Feedback atau umpan balik negatif yang diberikan klien biasanya berupa komentar atau kata-kata pedas yang mungkin dapat menusuk hati Freebuddies.

Cara menghadapi feedback negatif dari klien sebagai seorang freelancer yang pertama adalah biarkan saja semua komentar negatif tersebut dan jangan terlalu dimasukkan ke hati.

Kamu harus yakin bahwa tidak semua klien seperti itu dan masih banyak klien lain yang akan lebih menghargai pekerjaan yang kamu buat.

2. Tetap fokus pada pekerjaanmu

Setelah membaca komentar pedas yang kurang membangun bukan berarti Freebuddies boleh kehilangan fokus. Tetap fokus pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan.

Jangan kehilangan fokus atau kehilangaan gairah untuk memulai perkerjaan yang memang sudah menjadi tanggung jawab kamu.

Jika perlu, buat sebaik mungkin agar nantinya klien tersebut tidak lagi memberikan feedback negatif dengan cara membuktikan bahwa apa yang ia sampaikan tidak benar melalui prestasi pekerjaan yang telah kamu lakukan.

3. Tanggapi dengan cara yang baik

Jika Freebuddies sudah tidak dapat lagi membendung perasaan negatif yang ikut muncul akibat dari feedback negatif tersebut maka tetap gunakan cara yang baik.

Kamu dapat menghadapi feedback negatif dari klien dengan memberikan tanggapan yang baik. Luangkan sebentar waktumu untuk memberikan respon dari komentarnya.

Baca juga:  Dari Karyawan Kantoran, Menjadi Full Time Freelancer, Kini Sudah Memiliki Studio Sendiri!

Tidak perlu komentar yang berisi amarah atau sindiran, gunakan kata-kata yang baik. Lakukan dengan cara yang baik pula.

Jika perlu kamu ucapkan terima kasih pada mereka yang memberikan feedback negatif tersebut kepada kamu.

4. Jangan pantang menyerah

Freebuddies juga harus menyiapkan mental yang kuat jika menghadapi para klien yang suka memberikan feedback negatif. Jangan sampai satu feedback negatif bisa membuat kamu jadi patah semangat.

Tetap berusalah untuk melakukan yang terbaik dan yakin pada kemampuan yang dimiliki oleh dirimu. Buat para klien yang berkomentar negatif tersebut menyesal dengan apa yang diberikannya pada kamu dengan prestasi yang baik.

Tunjukkan bahwa klien yang lain bisa sangat puas dengan pekerjaan yang sudah kamu kerjakan. Dengan demikian, akan ada banyak pula feedback positif yang datang dan menghapus ingatan kamu dari para klien sebelumnya.

5. Koreksi diri dan menjadi lebih baik

Tidak perlu merasa kesal atau rendah diri dengan adanya feedback negatif. Coba untuk mengoreksi diri sendiri, apakah umpan balik tersebut benar adanya atau tidak.

Jika memang benar maka kamu harus belajar dari feedback tersebut. Jadikan pembelajaran dan pastinya lakukan perubahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Koreksi kira-kira apa yang masih kurang dengan pekerjaan yang kamu berikan, lalu pelajari lebih dalam mengenai hal tersebut.

Artinya, cara mengatasi feedback negatif dari klien sebagai seorang freelancer satu ini dapat membuat kamu menjadi lebih profesional lagi dan lebih berkualitas untuk mengerjakan permintaan dari para klien yang lain.

Itulah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghadapi feedback negatif dari klien sebagai seorang freelancer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Freebuddies.

banner fastwork id

Sumber:
PeoplePerHour: How to Get the Most Out of Negative Feedback Being a Freelancer

Baca juga:  5 Skill yang Harus Dimiliki Seorang Web Developer Saat ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top