Begini Cara Mengoptimalkan Pekerjaan Sebagai Freelancer

cara mengoptimalkan pekerjaan

Memulai tahun ini dengan ide-ide hebat tentunya akan sangat berguna untuk mengoptimalkan pekerjaan kamu, apalagi jika kamu seorang freelancer.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan dan yang harus dihindari di tahun ini. Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Hal yang bisa kamu lakukan

1. Manajemen waktu

Sisihkan waktu sebentar untuk memastikan apa yang selama ini kamu lakukan itu bermanfaat. Tidak ada yang lebih baik daripada mengetahui tujuan kamu sendiri tentang kesuksesan yang ingin kamu capai di tahun ini.

2. Tingkatkan aktivitas

Jika kamu masih menggunakan buku harian tradisional untuk mencatat ide-ide penting, maka sebaiknya kamu juga mulai untuk mencoba menyimpannya dalam bentuk digital.

Kamu bisa memanfaatkan smartphone sebagai media penunjang aktivitas kamu sehari-hari. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas kerja kamu.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba, seperti Evernote, Google Calendar ataupun Office Mobile.

3. Memulai aktivitas di pagi hari

Karena pagi merupakan waktu yang paling efektif untuk bekerja maupun memulai aktivitas lainnya. Kalau kamu bukan morning person, cobalah mencari waktu yang tepat untuk kamu gunakan sebaik mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan setiap hari.

4. Cintai apa yang kamu lakukan

Tanyakan pada dirimu sendiri, pastikan apa yang kamu lakukan adalah apa yang kamu sukai. Jika kamu telah melakukan pekerjaan yang kamu sukai, kamu tidak akan merasa bahwa ini adalah pekerjaan.

Untuk itu, belajarlah mencintai pekerjaan kamu saat ini atau kamu bisa mencoba sesuatu hal yang baru. Misalnya, bergabung di situs freelance, menjadi seorang penulis atau penerjemah dokumen.

5. Menentukan prioritas

Terkadang kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan tidak tahu harus mulai dari mana. Pilih apa yang ingin kamu lakukan terlebih dulu, lalu coba selesaikan.

Ketika kamu menentukan skala prioritas, semuanya akan menjadi lebih efektif dan pekerjaan akan mudah selesai tepat waktu.

6. Beristirahat

Bekerja keras memang salah satu kunci kesuksesan, tapi bukan berarti kamu harus melakukannya tanpa istirahat. Ada hal penting lainnya yang juga perlu kamu lakukan, yakni beristirahat.

Luangkan waktu sekejap untuk istirahat, nikmati istirahat siang dengan makan bersama teman kantor. Hal ini membantumu mendapat tenaga lebih untuk menyelesaikan pekerjaan dan menjaga performa kerja tetap stabil.

Hal yang harus dihindari

1. Lembur sampai malam

Apakah kamu sering bekerja sampai larut malam? Jika iya, sudah saatnya kamu mengurangi kebiasaan itu sekarang. Meski lembur terkadang memang dibutuhkan, tapi ternyata lembur juga menyimpan banyak dampak negatif untuk diri kamu.

2. Melakukan semuanya sendiri

Meminta bantuan atau pertolongan orang lain adalah hal yang manusiawi, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling berkerja sama untuk mencapai tujuan.

Jika kamu lebih memilih mengerjakan semuanya sendiri, tanpa sadar kamu sedang menyakiti dirimu sendiri. Sebaiknya kamu mulai mengurangi hal ini karena ini tidak baik.

3. Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus

Sebuah penelitian di University of London menunjukan bahwa orang yang terlalu sering mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus (multitasking) mengalami penuruan IQ yang signifikan.

Jika demikian, kamu sebaiknya membuat skala prioritas dalam memilih pekerjaan yang ingin kamu selesaikan terlebih dahulu. Dengan begini, kamu akan fokus dan lebih produktif lagi.

4. Mengiyakan semua permintaan orang lain

Perlu kamu ingat, kita tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang. Dengan kata lain, jika kamu memiliki klien maka kamu berhak untuk menolak atau tidak langsung mengiyakan setiap permintaannya.

Terlebih jika permintaan itu di luar dari perjanjian kerja yang sudah disepakati sebelumnya.

5. Tidak meningkatkan keterampilan

Apapun yang sedang menjadi fokus kamu saat ini, cobalah untuk mengembangkannya lebih jauh lagi. Proses belajar tidak pernah berhenti, akan selalu ada ruang untuk improvement.

Misalnya, ketika kamu memilih menjadi seorang freelancer makan akan ada hal-hal baru yang perlu kamu kuasai. Salah satunya kamu bisa mengasah skill komunikasi kamu agar lancar saat berkomunikasi dengan klien.

banner fastwork id

Sumber:
http://blog.peopleperhour.com/blogroll/productivity-dos-and-donts-for-2016/

1 thought on “Begini Cara Mengoptimalkan Pekerjaan Sebagai Freelancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *