Digital Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Anda

jasa digital marketing

Sebagai pelaku bisnis, Anda pasti ingin agar bisnis bisa terus berkembang. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, meningkatkan penghasilan dan memperluas jangkauan konsumen saja tidak cukup. Anda juga perlu memastikan bahwa audiens Anda percaya kepada bisnis Anda hingga bersedia mempromosikan bisnis Anda secara sukarela.

Menerapkan strategi konvensional, seperti memasang iklan di TV atau media cetak, sudah tidak cukup. Anda membutuhkan yang namanya jasa digital marketing.

Istilah tersebut kemungkinan besar sudah tidak asing lagi di telinga Anda, apalagi kini kita memang tengah hidup di era digital. Namun, di sisi lain Anda belum sepenuhnya mengerti tentang digital marketing mengingat pemakaiannya yang begitu luas. Tidak perlu bingung, simak ulasan tentang digital marketing berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan digital marketing?

Digital marketing adalah segala upaya pemasaran yang dilakukan melalui perangkat atau media digital. Media digital ini mengacu pada dunia online, yang di antaranya mencakup namun tidak terbatas pada social media, website, hingga mesin pencarian online (search engine). Itulah kenapa beberapa orang juga menyebut digital marketing sebagai pemasaran online.

Mengapa digital marketing begitu penting?

Digital marketing memiliki sejumlah keuntungan yang tidak ditawarkan oleh pemasaran offline atau konvensional. Lagi pula, di era digital seperti sekarang, memang sudah seharusnya para pebisnis catch up dengan tren-tren terkini, termasuk dalam hal pemasaran.

Tidak mengherankan jika akhirnya muncul banyak penyedia jasa digital marketing untuk membantu Anda. Hal ini tidak terlepas pula dari kelebihan-kelebihan digital marketing berikut ini:

  • Digital marketing memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konten marketing dengan target audiens, sehingga Anda bisa menyampaikan pesan yang tepat kepada orang yang tepat di waktu yang tepat.
  • Adanya kesempatan untuk berinteraksi secara real-time dengan audiens. Misalnya, melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook, Anda bisa membalas komentar-komentar yang masuk secara lebih cepat dan praktis.
  • Meningkatkan online presence di dunia digital, mengingat saat ini setidaknya ada 80% konsumen yang menggunakan internet untuk mencari informasi tentang suatu produk barang atau jasa.
  • Semakin tinggi online presence, maka semakin banyak orang yang akan mengenal bisnis Anda. Artinya, peluang untuk menghasilkan penjualan juga akan semakin tinggi.
Baca juga:  Cara Memaksimalkan Strategi Word of Mouth Marketing

Apa saja contoh digital marketing?

Sampai sini Anda sudah tahu bahwa digital marketing adalah teknik pemasaran untuk ranah digital. Namun, apakan bentuknya sama dengan pemasaran offline? Tidak semuanya begitu. Ini dia beberapa contoh digital marketing yang patut Anda ketahui:

  • Search engine optimization (SEO) – disebut juga dengan seach engine marketing, SEO membantu Anda untuk mengoptimalkan konten digital agar bisa muncul di peringkat atas mesin pencarian online.
  • Social media marketing – aktivitas pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan produk barang atau jasa suatu brand, mencakup pula social media ads.
  • E-mail marketing ­– mengirimkan konten-konten bersifat promosi ke alamat e-mail konsumen, sehingga sifatnya terasa lebih personalized.
  • Content marketing – strategi pemasaran yang terdiri dari perencanaan, pembuatan, dan pendistribusian konten digital untuk menarik audiens secara tepat sasaran.

Lebih dari sekadar bentuk promosi, digital marketing akan menantang Anda untuk keluar dari comfort zone dan mencoba berbagai fitur yang mungkin belum terlalu familiar bagi Anda.

Tentu akan ada proses trial and error untuk menemukan strategi digital marketing mana yang paling cocok dan membuahkan hasil optimal. Namun, selama dilakukan dengan maksimal, jasa digital marketing akan menjadi sesuatu yang sangat powerful untuk bisnis Anda.

1 thought on “Digital Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *