Macam-Macam Media Sosial yang Bisa Anda Jadikan Tempat Berjualan

macam-macam media sosial

Media sosial memberikan peluang bagi siapapun untuk berjualan. Melalui media sosial, produk atau layanan yang diberikan dapat menjangkau lebih banyak audiens, sehingga lebih besar kesempatan produk atau layanan mendapatkan pembeli. Berbagai media sosial juga memiliki fitur khusus bisnis yang bisa memudahkan para penjual untuk fokus berjualan di media sosial, seperti Facebook Business, Instagram Business, dan Tik Tok Shop. 

Menjual produk melalui media sosial memerlukan cara khusus agar bisa menarik pelanggan, salah satunya dengan menggunakan desain banner unik. Banner unik ini dapat memudahkan pelanggan mengenal bisnis Anda. Banner dapat menjadi identitas pembeda bisnis Anda dengan bisnis lainnya, sehingga nantinya audiens akan lebih mudah untuk mencari Anda.

Terdapat macam-macam media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis, diantaranya:

Facebook Bisnis

Facebook masih menjadi media sosial paling populer untuk berjualan. Itulah mengapa penting bagi bisnis Anda untuk berada di Facebook dan menggunakannya untuk terhubung dengan audiens. Dengan lebih dari satu miliar orang mengakses Facebook, maka peluang Anda akan lebih besar untuk mendapatkan pembeli. Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk memulai Facebook Bisnis.

Pertama, Anda perlu membuat bisnis page, bukan profil pribadi untuk mewakili bisnis Anda. Halamannya memang terlihat mirip dengan profil pribadi, tetapi berisi beragam fitur untuk bisnis, merek, dan organisasi. 

Kedua, klaim URL. Setelah Anda membuat bisnis page, maka Anda akan mendapatkan nomor dan URL yang ditetapkan secara acak. Agar page Anda lebih dapat dibagikan dan lebih mudah ditemukan, Anda dapat membuat URL unik  yang dapat dikenali.

Ketiga, tambahan foto. Desain halaman Facebook memungkinkan Anda menampilkan foto banner berukuran 820 x 312 pixel di bagian atas bisnis page Anda. Optimalkan foto sampul itu untuk menarik perhatian pengunjung baru.

Instagram Bisnis

Instagram bisnis memberi Anda akses ke lebih banyak fitur Instagram dan memudahkan bagi siapa saja untuk mengubah profil pribadi mereka menjadi profil bisnis Instagram.

Instagram bisnis dapat melacak kinerja bisnis dengan fitur insight. Menggunakan Instagram bisnis dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berhasil dan tidak, akan membantu Anda menghasilkan strategi yang disesuaikan, menghemat banyak waktu dan tenaga. 

Fitur unggulan dari Instagram bisnis adalah engagement rates yang meliputi likes, comments, dan shares. Traffic yang menjelaskan siapa saja orang yang mengunjungi profil bisnis Anda. Penjualan atau sales yang dapat mengkonversi pendapatan dari bisnis Anda. Menggunakan Instagram bisnis memerlukan penulisan caption yang menarik pelanggan. Anda bisa menggunakan freelance copywriter untuk membantu Anda menuliskan caption pada unggahan Instagram atau tulisan pada konten. 

TikTok Shop

Buka aplikasi TikTok di smartphone Anda, dan login ke akun TikTok Anda. Kunjungi akun toko resmi dari produk yang ingin Anda beli. Setelah Anda menemukan toko yang Anda inginkan, klik ikon “Toko” yang merupakan gambar tas yang muncul di halaman “Profil” utama Anda. Ketika Anda mengklik ikon tersebut, Anda akan menemukan etalase produk dari toko yang relevan. Anda cukup memilih barang apa yang ingin Anda beli dengan menggeser layar ke bawah.

Jadi, begitulah macam-macam media sosial yang wajib untuk Anda ketahui sebagai pelaku bisnis online. Menjual produk atau layanan di media sosial memerlukan tampilan yang menarik. Anda bisa menggunakan jasa foto produk untuk tampilan terbaik pada media sosial bisnis yang sedang Anda jalani. Pilih Fastwork sebagai platform freelance yang menyediakan banyak jasa, seperti foto produk dan desain banner. Kebutuhan Anda akan bisnis yang sedang dijalani bisa lebih mudah dilakukan dengan Fastwork.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *