Tips Manajemen Waktu untuk Freelancer Agar Lebih Efisien

manajemen waktu untuk freelancer

Freelance atau pekerja lepas waktu termasuk sebutan untuk mereka yang mendapatkan penghasilannya melalui pekerjaan yang tidak memiliki batas waktu yang pasti.

Biasanya orang tersebut melakukan pekerjaan sesuai dengan permintaan konsumen serta melalui penawaran produk yang ada.

Sebagai seorang freelance, freebuddies juga akan mendapatkan fleksibilitas waktu yang baik. Freebuddies dapat menentukan sendiri, kapan pekerjaan akan diselesaikan selama mampu memenuhi batas waktu yang diminta oleh pihak klien.

Freelance juga hanya berkomitmen pada klien dan jangka waktu tapi tidak berkomitmen dengan bos atau atasan.

Manajemen waktu seorang freelancer

1. Memiliki batas waktu mempersiapkan diri

Dalam hal ini freebuddies memang harus siap, baik secara fisik maupun mental sebelum memulai pekerjaan. Oleh karena itu persiapan sangat perlu dilakukan supaya pekerjaan juga selesai dengan profesional.

Mulai dari rutin berolahraga, tidur cukup, rileks dan yang lainnya. Tapi tetap pastikan waktu persiapan diri tersebut tidak panjang dan membuat pekerjaan menjadi terbengkalai begitu saja.

2. Membuat time table

Meskipun seorang freelance terkesan memiliki banyak waktu luang dan lebih santai. Tapi sebenarnya freelancer termasuk petarung ulung dan mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari mencari orderan pekerjaan sampa eksekusi terakhirnya.

Jadi tidak heran jika sangat penting menjaga kedisiplinan dan freebuddies sebagai freelancer harus mengetahui kapan harus beristirahat dan kapan harus bekerja dengan baik.

Selain itu freebuddies juga harus disiplin dalam mengerjakan pekerjaan. Terutama pekerjaan yang dilakukan sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan dengan hasil sempurna.

Oleh karena itu adanya time table manajemen ini akan sangat membantu pekerjaan freebuddies dan harus disiplin dalam mengikuti jadwal yang telah dibuat.

3. Selesaikan pekerjaan yang lebih mudah

Dalam hal ini freebuddies dapat melakukan pekerjaan mulai dari yang paling mudah terlebih dahulu sebelum mengerjakan pekerjaan yang sulit.

Dengan begitu freebuddies akan lebih menghemat waktu dan bisa lebih berkonsentrasi dengan pekerjaan sulit berikutnya.

Karena jika freebuddies mengerjakan pekerjaan yang paling sulit terlebih dahulu. Maka kemungkinan pekerjaan lain menjadi terbengkalai akibat waktu yang sudah habis dengan mengerjakan pekerjaan sulit tersebut sampai energi juga terkuras sampai habis.

4. Buat prioritas dalam bekerja

Sebagai seorang pekerja freelance, tentunya freebuddies akan dituntut supaya dapat memiliki waktu yang lebih banyak. Apalagi jika perusahaan tiba-tiba meminta untuk bekerja dalam waktu libur dan memberikan imbalan berupa bonus.

Maka hal tersebut akan sulit untuk ditolak, sedangkan freebuddies sendiri sudah memiliki rencana untuk menyelesaikan pekerjaan di hari libur.

Oleh karena itu dalam kondisi tersebut, freebuddies membutuhkan waktu berfikir. Kira-kira pekerjaan mana yang lebih penting dilakukan dan buat skala prioritas dalam pekerjaan.

Dengan begitu jika hal tersebut terjadi kembali, freebuddies sudah bisa memutuskan dan membuat pilihan tepat.

Hindari Hal Berikut

Menjadi seorang freelancer terkadang juga ada beberapa kasus yang dialami. Seperti freelance yang cenderung mengerjakan 2 pekerjaan dalam satu waktu bersamaan.

Jika freebuddies berada dalam situasi ini, maka ada kemungkinan akan mendapatkan masalah dari perusahaan yang menggunakan jasa.

Dalam penulisan tersebut kemungkinan akan ada kesamaan, termasuk gaya penulisan yang dilakukan. Jika hal ini sampai diketahui oleh salah satu perusahaan, maka freebuddies bisa dituduh sebagai plagiat karena perusahaan utama lebih memiliki hak atas tulisan tersebut.

Jadi ada baiknya untuk memulai dengan ide baru yang unik sebagai freelance, supaya dapat membedakan pekerjaan freelance dengan penulis media jika freebuddies merupakan penulis sebuah media.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatur Waktu yang Baik bagi Pekerja Freelance. Semoga bermanfaat untuk freebuddies yang berminat menjadi freelancer ke depannya.

banner fastwork id

Sumber:
DoubleYourFreelancing: 5 Time Management Tips for Freelancers

1 thought on “Tips Manajemen Waktu untuk Freelancer Agar Lebih Efisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *