Tugas Marketing Freelance yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai seorang freelancer, kamu mempunyai kebebasan dalam beberapa hal seperti menentukan jam kerja, kapan kamu akan memulai proyek baru dan pakaian apa yang akan kamu kenakan untuk bekerja.

Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pekerja freelance dibandingkan dengan pekerja kantoran. Dalam kerja freelance juga tak ada ikatan kontrak seperti kerja di perusahaan.

Yang ada hanyalah perjanjian yang telah disepakati bersama antara kamu dan klien mengenai penyelesaian suatu proyek dan bayaran yang akan kamu terima setelah proyek itu selesai.

Nah, apakah kamu punya minta dan tertarik untuk bekerja sebagai freelancer? Jika iya, pastikan kamu sudah tahu apa-apa saja tugas harian dari freelancer termasuk syarat untuk menjadi seorang freelancer profesional.

Jadwal kerja freelancer

Dalam dunia freelance, kamu adalah bos untuk diri sendiri. Setiap freelancer mempunyai spesialisi dan pekerjaan yang berbeda.

Artinya, kamu juga akan memiliki jadwal kerja yang berbeda pula. Untuk itu, mengatur jadwal yang cocok sangat penting dalam membantu kamu menyelesaikan proyek.

Namun, ada juga beberapa freelancer yang bekerja dengan baik tanpa memiliki jadwal yang disusun secara sistematis.

Berikut adalah lima tugas marketing freelance yang bisa kamu jadwalkan setiap harinya agar tetap fokus.

1. Mengecek Email

Menghabiskan waktumu hanya untuk mengecek email setiap saat akan sangat merugikan dan bisa mengurangi produktivitas kamu dalam bekerja.

Solusi yang bisa kamu coba yakni mengatur jadwal paling tidak dua kali dalam sehari untuk mengecek email masuk. Salah satunya bisa kamu lakukan di pagi hari dan setelah itu menyelesaikan pekerjaan yang menjadi prioritasmu.

Sesudah itu, kamu bisa kembali memeriksa email di malam hari untuk membuat daftar pekerjaan untuk besok.

Baca juga:  Informasi Mengenai Freelancers di Tahun 2018

2. Kerja, kerja kerja!

Kerja merupakan makanan sehari-hari bagi para freelancer yang ingin mengejar target untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang signifikan.

Biasanya seorang freelancer profesional bekerja empat jam sehari untuk mengerjakan proyek-proyeknya. Kamu juga bisa menjadwalkan waktu kerja yang paling produktif dalam sehari.

3. Mempelajari ilmu-ilmu baru

Banyak freelancer yang mengabaikan hal ini, padahal ilmu-ilmu baru akan selalu ada dan menjadi bagian penting dari pekerjaan freelance. Kamu harus tetap kompetitif untuk berhasil dalam persaingan bisnis yang semakin ketat.

Langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk menjadi freelancer terbaik adalah dengan tetap update dan belajar hal-hal baru yang akan membuat kemampuanmu terus berkembang.

Kamu bisa menjadwalkan setidaknya 30 menit setiap hari untuk mempelajari sesuatu yang baru di industri freelance. Contohnya, mendengarkan podcast atau membaca artikel tentang SEO di pagi hari.

4. Olahraga

Menyempatkan diri berolahraga di tengah-tengah jam kerja tidaklah mudah. Ketika kamu sudah fokus di depan komputer rasanya akan sulit untuk beranjak dari meja kerja.

Namun, bagi pekerja freelance, hal itu bukanlah sesuatu yang sulit karena kamu memiliki banyak waktu kapan pun yang kamu mau. Idealnya kamu bisa menjadwalkan dua kali sehari untuk berolahraga.

Kamu bisa mulai dengan olahraga yang paling sederhana seperti berjalan kaki atau lari pagi keliling komplek atau bisa juga melakukan yoga tanpa harus keluar rumah.

Olahraga teratur membantu kamu untuk tetap fokus dan bersemangat, yang mana tentu kamu butuhkan.

5. Istirahat yang cukup

Otak manusia tidak bisa dipakai secara terus-menerus tanpa istirahat. Jika demikian, kamu akan kelelahan baik secara mental maupun fisik.

Untuk itu, kamu bisa menjadwalkan paling tidak 15 menit untuk istirahat sepanjang hari. Luangkan waktu untuk bersantai sejenak dengan bermain game, melihat meme lucu, atau menonton film favoritmu.

Baca juga:  7 Cara Membuat Portfolio Online yang Menarik Minat Klien

Kelelahan dalam bekerja itu cukup berbahaya, jadi sebaiknya kamu mulai memprioritaskan istirahat yang akan membantu kamu lebih fresh keesokan hari.

Kesimpulan

Kamu tak harus membuat jadwal kerja freelance yang begitu ketat dan melakukan rutinitas yang sama setiap hari. Namun, jika kamu merasa hal itu sejalan dengan apa yang ingin kamu achieve maka tak masalah.

Paling tidak, kamu melakukan manajemen waktu yang terstruktur agar tetap konsisten dalam bekerja. Karena kurangnya struktur dapat mengakibatkan kelelahan, kurangnya motivasi, dan bahkan putus asa.

Buat budaya kerja freelance kamu seimbang dan perhatikan juga kebebasan yang sesuai dengan kamu.

Tambahan lagi, kamu bisa mendaftar menjadi freelancer profesional di Fastwork sekarang juga. Cepat dapat kerja dan gak ribet.

banner fastwork id

Sumber:
Freelancersunion: 5 essential daily tasks for every freelancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top