4 Tips Memilih Desainer Grafis Freelance yang Tepat

memilih desainer grafis freelance

Kriteria memilih desainer grafis profesional di era digital seperti sekarang ini, tidak bisa dianggap remeh. Apalagi, melihat pentingnya desain grafis sebagai salah satu senjata utama di bidang marketing, maka memilih desainer profesional harus dilakukan dengan lebih hati-hati.

Seorang desainer grafis sendiri, demi mendapatkan desain grafis yang penuh dengan daya tarik dan nilai jual, mereka harus mati-matian mengasah kreativitasnya.

Serta mengobrak-abrik seluruh ide-ide baru dan menghasilkan ilustrasi berkelas tinggi yang mampu menggerakan hati penikmatnya.

Lantas, tidak mengherankan jika desain grafis yang dibuat desainer tersebut dapat mempengaruhi tingginya penjualan suatu produk dari suatu perusahaan.

Karenanya, ada begitu banyak perusahaan yang kini mulai memperkerjakan ahli komunikasi visual profesional untuk menunjung pemasaran produk mereka.

Tidak hanya itu, masyarakat yang melihat peluang pentingnya desainer grafis itu, mulai mendirikan jasa pembuatan desain grafis secara lepas.

Jadi, meskipun perusahaan tidak memiliki ahli komunikasi visual pribadi, mereka masih bisa memasarkan produknya dengan ilustrasi profesional bernilai tinggi.

Tetapi, bagaimana cara mengetahui jika desain grafis yang akan dibuat desainer tersebut memiliki nilai jual tinggi, agar bisa diajak berkerja sama? Tenang, ada beberapa kriteria memilih desainer grafis profesional yang bisa Freebuddies ketahui.

Kriteria Memilih Desainer Grafis Profesional untuk Diajak Berkerja Sama

special40

1. Mengetahui profil dan reputasi desainer

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh Freebuddies saat ingin memilih desainer grafis profesional adalah mencari tahu lewat profil dan reputasinya.

Dengan begitu, Freebuddies akan tahu orang seperti apa desainer yang akan diajak berkerja sama, karena setiap desainer memiliki ciri khas berbeda satu sama lain.

Freebuddies bisa mencarinya melalui situs atau diskripsi singkat dari akun sosial media mereka. Jika memang si Desainer tersebut memiliki karya dengan nilai jual tinggi maka akan banyak situs yang mengulas hasil pekerjaannya.

Dan mereka juga tidak akan menyembunyikan kemampuan desainnya untuk konsumsi pribadi, sebab hal ini lah yang membangun reputasi baik bagi si Desainer.

2. Mengetahui tingginya pengalaman desainer

Pengalaman dalam berkerja adalah poin penting saat memilih desainer untuk diajak berkerja sama. Freebuddies bisa melihat betapa hebatnya si Desainer dengan melihat riwayat perkerjaannya melalui portofolio yang ditampilkan.

Dengan menilai protofolio tersebut, Freebuddies akan lebih memahami desain grafis bagaimana yang bisa dihasilkan dari pengalaman si Desainer.

Tidak salah lagi, tingginya pengalaman desainer tersebut memang sebuah tolak ukur utama agar perusahaan bisa mendapatkan desain grafis yang berkualitas tinggi.

Akan tetapi, Freebuddies juga harus memahami, desain grafis bagaimana yang memiliki kualitas tinggi sebelum mencoba menilai portofolio si Desainer.

3. Memahami cara kerja desainer

Apabila Freebuddies ingin berkerja sama dengan seorang desainer grafis yang mumpuni, maka hal yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana cara kerja si Desainer tersebut.

Freebuddies harus mengetahui dan memastikan bagaimana desainer mengontrol pekerjaannya agar selalu memenuhi deadline.

Selain Freebuddies juga perlu mempertimbangan mengenai bagaimana desainer menerapkan fee saat mereka membuat job dan bagaimana tanggapannya ketika menerima revisi atau koreksi, serta alternatif lain saat menerima permintaan job.

4. Memastikan harga

Freebuddies saat ingin berkerja sama, perhatikan baik-baik harga yang ditawarkan desainer untuk setiap desain grafisnya.

Biasanya, desainer profesional dari sebuah agensi terkemuka akan mematok harga yang tinggi untuk menghadapi klien mereka.

Tentu keadaan ini akan berbeda jika menyangkut desainer yang berkerja dengan perusahaan kecil atau perorangan, sebab mereka cenderung bisa diajak bernegosiasi mengenai harga yang dipasang untuk setiap karyanya.

Meskipun harga seharusnya tidak menjadi tolak ukur jika ingin mendapatkan desain grafis yang berkualitas.

Nah, itu semua adalah kriteria memilih desainer grafis profesional untuk diajak berkerja sama dengan Freebuddies. Pastikan Freebuddies tidak keliru saat memilih desainer agar setiap karya yang dihasilkan memiliki kualitas dan nilai jual tinggi.

banner fastwork id

Sumber:
Justcreative: 6 Tips for Selecting a Great Freelance Designer


Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa desain jersey sepedadesain jaketdesain kalender lucu, desain menu cafe dan juga desain ppt untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *