6 Tools Penting untuk Freelancer Agar Tetap Produktif

tools penting untuk freelancer

Bisnis freelance saat ini memang sudah berkembang dengan pesat terutama di luar negeri. Bagaimana tidak, pekerjaan yang bisa terbilang fleksibel ini bahkan digadang-gadang mampu menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibandingakan dengan kerja kantoran.

Untuk itu, memilih menjadi freelancer atau membangun bisnis freelance tentu menjadi peluang usaha yang besar. Freebuddies dapat meningkatkan penghasilan tanpa harus berhenti kerja sebagai karyawan.

Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan terkait bisnis freelance itu sendiri. Tanpa mengetahui sistem kerjanya secara jelas, maka tidak akan berjalan maksimal.

Tentu kamu perlu pengetahuan mendasar akan hal ini, di antaranya yaitu kemampuan untuk memilih dan menggunakan tools penting untuk freelancer dalam menjalankan bisnisnya.

Fastwork akan menjelaskan secara detail tentang cara memilih tools penting untuk mendukung freelancer agar tetap produktif dalam bekerja. Berikut ulasannya.

Tools penting untuk freelancer

Mempunyai portofolio atau website

Untuk memasarkan diri kamu sebagai freelancer, kamu perlu memiliki portofolio atau website yang berisikan hasil kerja dan proyek-proyek freelance yang pernah kamu tangani sebelumnya.

Selain itu, kamu juga bisa memasang produk atau jasa yang kamu tawarkan beserta dengan harganya. Cara mudah membuat portofolio online yaitu dengan mendaftarkan diri kamu di fastwork.id sebagai freelancer.

Hal ini berfungsi sebagai metode promosi freebuddies sebagai freelancer. Uraikanlah dengan jelas layanan yang akan diberikan serta kemampuan yang kamu miliki.

Dengan demikian, klien yang melihat bisa paham dan tertarik untuk menggunakan jasa kamu.

Menggunakan software akuntansi

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan software akuntansi akan sangat diperlukan dalam melacak pengeluaran dan penjualan.

Dengan menggunakan sistem akuntansi, kamu bisa lebih mudah dalam mengelola penagihan invoice kepada para klien. Artinya software akuntansi akan menyederhanakan proses administrasi, terutama dalam mencatat keuangan kamu.

Di samping itu, sistem akuntansi juga akan membantu kamu dalam mengurus pajak tahunan. Jadi freebuddies tidak perlu khawatir, saat ini telah tersedia banyak software akuntansi terbaik yang bisa kamu coba seperti freshbooks, Zoho dan quisckbooks.

Software manajemen proyek

Bukan hal mudah untuk mengelola bisnis freelance dengan beragam jenis proyek yang harus selesai dengan tepat waktu. Untuk mengatasi hal itu, tentunya Freebuddies membutuhkan software manajemen proyek.

Beberapa software pilihan yang bisa kamu coba di antaranya Wrike, Trello Asana dan juga Podio.

Aplikasi pesan singkat atau video chat

Selanjutnya, tools penting untuk freelancer dalam mengelola bisnis freelance ialah menggunakan layanan aplikasi pesan singkat atau video chat.

Tools ini sangat penting untuk menunjang kelancaran komunikasi antara kamu dan klien nantinya. Tak perlu saling bertemu atau bertatap muka langsung, kamu bisa menggunakan video call untuk tetap terhubung.

Cara seperti ini membantu kamu dan klien yang berbeda kota, daerah maupun negara. Beberapa layanan video chat terbaik yang ada saat ini yaitu Skype, LINE, WhatsApp, Viber dan lainnya.

Manajemen dokumen berbasis cloud

Jika freebuddies sudah mantap menjadi seorang freelancer sudah tentu urusannya tidak akan lepas dari yang namanya dokumen.

Untuk itulah freebuddies membutuhkan tools atau layanan yang bisa mengelola dokumen dengan baik. Kamu bisa menggunakan layanan dokumen gratis seperi Dropbox, dan Google Drive.

Namun seiring berjalannya waktu dan jumlah klien pun bertambah banyak, maka kamu sebaiknya beralih menggunakan layanan yang lebih profesional lagi, misalnya Docady, Dokmee, dan eFileCabinet.

banner fastwork id

Sumber:
Truelancer: 6 Essential Tools To Manage Your Freelance Business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *