1. Definisi
“Data Pribadi” Mengacu pada informasi yang terkait dengan individu yang dapat mengidentifikasi mereka, baik secara langsung maupun tidak langsung, kecuali data yang terkait dengan orang yang telah meninggal.
2. Ketentuan Umum
Syarat & Ketentuan Platform untuk Pemberi Kerja ("Syarat Penggunaan") ini menggantikan Syarat Penggunaan sebelumnya tertanggal 24 Mei 2023, dan berlaku mulai 21 Agustus 2024, hingga perubahan lebih lanjut diumumkan.
Ketika perubahan dilakukan, perusahaan akan mengumumkan Syarat Penggunaan yang diperbarui melalui platform dan memberitahukan pengguna untuk meninjau dan menerima Syarat Penggunaan baru melalui platform. Jika Anda tidak menyetujui Syarat Penggunaan, Anda tidak akan dapat menggunakan layanan platform.
Syarat Penggunaan ini menetapkan kontrak antara Anda dan perusahaan, yang menguraikan hak, kewajiban, dan tanggung jawab masing-masing pihak selama menggunakan platform.
Dengan menerima Syarat Penggunaan Perusahaan, Anda dianggap setuju untuk mematuhi Syarat Penggunaan dan kebijakan privasi Perusahaan. Anda menjamin bahwa Anda tidak akan terlibat dalam tindakan yang melanggar hukum, mengganggu ketertiban umum, atau bertentangan dengan kesusilaan umum melalui platform.
Jika perusahaan menemukan bahwa Anda telah melanggar Syarat Penggunaan, kebijakan privasi, atau jaminan apapun, perusahaan berhak membatasi akses Anda ke layanan platform, dan keputusan perusahaan akan bersifat final.
Pemberi kerja setuju dan menjamin untuk tidak terlibat dalam tindakan yang menipu atau menyebabkan ketidaknyamanan kepada freelancer (misalnya, phishing atau spamming).
Pemberi kerja setuju dan menjamin untuk tidak terlibat dalam kegiatan ilegal atau tindakan yang mengganggu ketertiban umum atau bertentangan dengan kesusilaan umum melalui platform.
Pemberi kerja setuju dan menjamin untuk berkomunikasi dengan freelancer melalui fitur chat platform untuk meminta informasi tambahan atau menanyakan rincian pekerjaan. Pemberi kerja setuju dan menjamin untuk tidak mengungkapkan informasi pribadi, seperti nama, nomor telepon, email, alamat, atau rincian pribadi lainnya, melalui saluran di luar platform, termasuk namun tidak terbatas pada LINE, WhatsApp, WeChat, Facebook, dan lain-lain, untuk mematuhi Syarat Penggunaan ini dan untuk melindungi data pribadi Anda sesuai dengan kebijakan privasi.
Jika pemberi kerja dihubungi oleh freelancer di luar fitur chat platform, pemberi kerja setuju untuk melaporkan pelanggaran tersebut kepada perusahaan dalam waktu tiga hari sejak kontak tersebut.
Pemberi kerja setuju dan menjamin untuk tidak menggunakan posisinya sebagai pemberi kerja atau kapasitas lainnya untuk meminta freelancer agar memberikan pekerjaan atau layanan, menghubungi, atau terlibat dalam tindakan lain yang terkait dengan pekerjaan atau pekerjaan potensial di luar platform, baik untuk keuntungan pemberi kerja atau keuntungan orang lain (misalnya, membayar hanya sebagian dari biaya, merekrut karyawan untuk perusahaan mereka sendiri, atau membuat informasi atau pekerjaan yang palsu). Jika perusahaan menemukan bahwa pemberi kerja telah melanggar jaminan apapun, perusahaan berhak untuk menangguhkan akun pengguna, menghapus akun pengguna, memasukkan pengguna ke dalam blacklist, atau mengambil tindakan lain yang dianggap sesuai, dan keputusan perusahaan akan bersifat final.
Freelancer yang mendaftar untuk menggunakan platform harus merupakan individu yang berusia 18 tahun atau lebih.
Pemberi kerja yang mendaftar untuk menggunakan platform bisa berupa individu atau badan hukum. Dalam hal individu, pengguna harus berusia minimal 18 tahun. Dalam hal badan hukum, pengguna harus merupakan perwakilan badan hukum atau telah diberi wewenang oleh badan hukum untuk mendaftar ke platform.
Menggunakan platform menandakan konfirmasi Anda bahwa Anda memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dan bahwa Anda menerima Syarat Penggunaan. Namun, jika perusahaan menemukan bahwa Anda tidak memenuhi kualifikasi yang ditentukan, perusahaan berhak untuk menangguhkan akun pengguna Anda. Jika kontrak kerja dibatalkan atau dihentikan karena pengguna layanan dianggap tidak cakap secara hukum (misalnya, anak di bawah umur, orang yang tidak cakap secara hukum, atau orang yang hampir tidak cakap), akun pengguna dapat terpengaruh.
Pengguna harus mendaftar sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan untuk menjadi pemberi kerja atau freelancer, tergantung pada kasusnya, di platform.
Pengguna mengonfirmasi bahwa informasi yang diberikan selama pendaftaran adalah akurat, lengkap, tidak palsu, tidak menyesatkan orang lain, dan tidak mengabaikan informasi penting yang harus diungkapkan kepada perusahaan. Jika perusahaan menemukan bahwa informasi tersebut tidak akurat atau tidak lengkap, baik selama maupun setelah pendaftaran, perusahaan berhak untuk menangguhkan atau membatalkan akun pengguna dan mengklaim kerugian yang disebabkan oleh.
Freelancer dapat mengajukan rincian pekerjaan melalui pekerjaan yang diajukan di platform. Freelancer setuju dan menjamin bahwa rincian pekerjaan akan berkaitan dengan pekerjaan dan/atau penawaran (jika ada) untuk dipertimbangkan oleh pemberi kerja dan kontrak untuk pekerjaan di masa depan.
Freelancer menjamin bahwa setiap konten yang dipublikasikan dalam pekerjaan yang diajukan adalah sesuai, legal, dan tidak melanggar hak pihak lain.
Pemberi kerja dapat menghubungi atau menanyakan rincian pekerjaan dengan freelancer melalui fitur chat.
Setelah menerima informasi tentang rincian pekerjaan, freelancer berhak untuk meninjau ruang lingkup pekerjaan yang harus diserahkan atau memberikan layanan sesuai kontrak. Jika freelancer tidak ingin berpartisipasi dalam pekerjaan yang diajukan, freelancer berhak untuk menolak pekerjaan tersebut, tetapi harus memberitahu pemberi kerja alasan penolakan tersebut tanpa menunda.
Setelah pemberi kerja menerima penawaran dari freelancer dan ingin melibatkan atau mempekerjakan freelancer, pemberi kerja dapat mempekerjakan dengan membuat order pada produk pekerjaan. Setelah pemberi kerja membuat order pada produk pekerjaan, dianggap bahwa pemberi kerja menerima syarat dan rincian terkait dengan pekerjaan, proses pengiriman, proses revisi, kepemilikan pekerjaan, jadwal mulai dan pengiriman, dan rincian lainnya (jika ada) sebagaimana ditentukan dalam penawaran. Jadwal mulai dan pengiriman akan dimulai dari tanggal pemberi kerja membayar biaya layanan melalui platform.
Pemberi kerja setuju untuk membayar biaya layanan dalam jangka waktu yang ditentukan dalam penawaran. Jika pemberi kerja tidak membayar dalam jangka waktu yang ditentukan, platform akan secara otomatis membatalkan pesanan dan penawaran terkait. Sistem akan memberitahu pemberi kerja tentang batas waktu pembayaran akhir.
Selama periode pekerjaan, pengguna dapat saling menghubungi melalui fitur chat platform untuk meminta informasi tambahan atau menanyakan rincian pekerjaan untuk memastikan bahwa pekerjaan dan/atau layanan memenuhi tujuan pekerjaan yang disepakati. Pengguna setuju dan menjamin untuk tidak bertukar informasi pribadi atau informasi lainnya untuk menghubungi atau menyerahkan pekerjaan melalui saluran lain di luar fitur chat platform yang disediakan oleh perusahaan.
Ketika freelancer menyelesaikan pekerjaan yang disepakati, freelancer akan menyerahkan pekerjaan dan/atau layanan kepada pemberi kerja untuk disetujui. Setelah pemberi kerja menyetujui, order akan ditandai sebagai selesai, dan pemberi kerja akan memiliki hak untuk mengevaluasi pekerjaan tersebut. Jika pemberi kerja tidak menyetujui dan/atau mengevaluasi pekerjaan dalam waktu 7 hari sejak tanggal freelancer menyerahkan pekerjaan dan/atau layanan, order akan secara otomatis ditandai sebagai selesai, dan pekerjaan dianggap sepenuhnya selesai.
Jika freelancer gagal menyerahkan pekerjaan dan/atau layanan dalam waktu yang ditentukan atau menyerahkan pekerjaan yang tidak lengkap, pemberi kerja berhak untuk mengajukan keluhan dan/atau mengevaluasi pekerjaan freelancer berdasarkan fakta aktual dan kualitas pekerjaan.
Order tidak aktif yang melebihi 180 hari akan dibatalkan dengan persetujuan bersama pemberi kerja dan freelancer. Pengguna setuju dan menyetujui bahwa biaya layanan yang dibayar oleh pemberi kerja akan dianggap sebagai biaya layanan platform dan/atau biaya pembayaran. Perusahaan berhak untuk mengenakan biaya tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pengguna
Pengguna setuju untuk berkomunikasi melalui fitur chat platform untuk memberitahukan freelancer tentang kebutuhan pekerjaan yang ingin diberikan oleh pemberi kerja, termasuk estimasi biaya dan waktu yang diperlukan untuk menyiapkan penawaran untuk pemberi kerja.
Pengguna menjamin dan setuju bahwa setiap pesan komunikasi adalah sesuai, sah, dan tidak melanggar hak pihak lain.
Dalam hal freelancer perlu meminta informasi tambahan atau menyerahkan pekerjaan atau layanan sesuai dengan pekerjaan yang diajukan atau jadwal waktu, freelancer setuju untuk menghubungi atau menyerahkan sebagian pekerjaan kepada pemberi kerja melalui fitur chat platform.
Pengguna mengakui dan setuju untuk tidak terlibat dalam kegiatan apa pun, termasuk tetapi tidak terbatas pada, meminta atau membujuk untuk pekerjaan di luar platform, menghubungi atau menyerahkan pekerjaan tambahan melalui saluran di luar platform, atau tindakan lain yang melanggar Syarat Penggunaan. Jika perusahaan menemukan bahwa pengguna terlibat dalam kegiatan yang mengarah pada pekerjaan di luar platform, seperti pembayaran sebagian atau pembayaran deposit, perusahaan akan menganggap pengguna telah melanggar Syarat Penggunaan dan berhak untuk menangguhkan atau membatalkan akun pengguna, serta mengklaim kerugian yang disebabkan oleh pengguna.
Data pribadi atau informasi apa pun yang dikomunikasikan melalui fitur chat platform akan dianggap sebagai informasi rahasia pengguna. Penerima informasi tidak dapat mengungkapkan informasi rahasia kecuali ada izin tertulis dari pemberi informasi, informasi tersebut diketahui publik, atau pengungkapan tersebut diwajibkan oleh hukum atau otoritas pemerintah.
Perusahaan mendorong pengguna untuk berkomunikasi dengan hormat untuk menghindari perselisihan.
Pengguna dapat mendaftar sebagai anggota platform tanpa biaya.
Untuk melindungi manfaat dan keamanan pengguna, pembayaran untuk layanan harus dilakukan melalui platform. Perusahaan akan menahan biaya layanan hingga freelancer menyelesaikan pekerjaan kepada pemberi kerja. Pemberi kerja dapat memeriksa rincian pembayaran dan biaya lainnya melalui sistem pembayaran, yang harus diproses melalui platform. Selain itu, pemberi kerja dapat memilih untuk membayar biaya layanan melalui sistem pembayaran bertahap platform secara dicicil hingga pekerjaan selesai.
Perusahaan akan mengenakan biaya pembayaran kepada pemberi kerja sebagai kompensasi untuk mempekerjakan melalui platform. Tarif biaya layanan platform akan sesuai dengan ketentuan perusahaan, dan biaya tersebut akan dikenakan otomatis dari akun pemberi kerja pada tanggal pemesanan.
Perusahaan akan mengenakan biaya layanan platform kepada freelancer sebagai kompensasi untuk mendapatkan pekerjaan melalui platform. Tarif biaya layanan platform akan sesuai dengan ketentuan perusahaan, dan biaya tersebut akan dipotong otomatis dari biaya layanan yang berhak diterima freelancer untuk memberikan layanan sesuai dengan pesanan pada tanggal pengiriman.
Untuk memungkinkan perusahaan mentransfer biaya layanan kepada freelancer, freelancer harus memberikan informasi rekening bank, seperti halaman rekening bank, dan sebagainya, di platform. Perusahaan akan menahan biaya layanan hingga freelancer memberikan informasi rekening bank kepada perusahaan. Jika freelancer tidak memberikan informasi tersebut dalam waktu 12 bulan sejak tanggal persetujuan pemberi kerja, perusahaan dapat mengenakan biaya pemeliharaan akun sebesar Rp. 25.000 per bulan.
Biaya layanan, biaya pembayaran, dan biaya layanan platform yang harus dibayar pengguna untuk menggunakan platform tidak termasuk pajak yang dipotong atau pajak atau biaya lain yang harus dibayar oleh pengguna sesuai dengan hukum.
Pemberi kerja berhak untuk mengisi ulang Fastwork Coin ke akun pengguna mereka untuk membayar biaya layanan atau biaya pembayaran untuk pekerjaan apa pun yang dilakukan di platform. Fastwork Coin harus digunakan dalam waktu 2 tahun sejak tanggal pengisian ulang. Jika pemberi kerja tidak menggunakan Fastwork Coin dalam waktu 2 tahun sejak tanggal pengisian ulang, perusahaan dapat mengenakan biaya pemeliharaan akun sebesar Rp. 25.000 per bulan. Namun, pemberi kerja dapat meminta perusahaan untuk mentransfer Fastwork Coin kembali ke rekening bank yang diberikan untuk pengembalian dana. Perusahaan berhak mengenakan biaya transaksi sebesar Rp. 25.000 per permintaan pengembalian dana.
Pengguna yang menggunakan platform sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan berhak menerima Bonus Coin dari perusahaan sebagai penghargaan untuk membayar biaya layanan atau biaya pembayaran yang mungkin terjadi dari penggunaan platform. Namun, pengguna harus menggunakan semua Bonus Coin yang diterima dalam waktu 1 tahun sejak tanggal penerimaan. Jika pengguna tidak menggunakan Bonus Coin dalam waktu yang ditentukan, perusahaan berhak untuk menarik kembali Bonus Coin tersebut.
Pemberi kerja memiliki hak atas pekerjaan yang dipesan di platform dan dengan demikian berhak untuk menjual, mentransfer, atau melakukan tindakan apapun terhadap pekerjaan yang dipesan. Namun, kepemilikan pekerjaan akan beralih kepada pemberi kerja hanya setelah pekerjaan dan/atau layanan diserahkan.
Dalam hal pembatalan pekerjaan, freelancer akan memiliki hasil pekerjaan yang dipesan di platform kecuali dinyatakan bahwa kepemilikan hasil pekerjaan akan dialihkan kepada pemberi kerja.
Ulasan pekerjaan yang diterima pemberi kerja penting untuk pengembangan platform dan untuk memilih freelancer dengan kualifikasi dan potensi yang sesuai untuk pemberi kerja lainnya. Untuk mencegah penyalahgunaan sistem ulasan pekerjaan, hanya pemberi kerja yang telah menerima pekerjaan dan/atau layanan yang berhak mengevaluasi pekerjaan. Ulasan pekerjaan harus dilakukan dalam waktu 90 hari dari tanggal penerimaan pekerjaan. Rincian ulasan akan ditampilkan di "Pekerjaan Saya," di mana pemberi kerja harus setidaknya memberikan penilaian terhadap pekerjaan tersebut. Namun, pemberi kerja dapat memilih untuk tidak memberikan penjelasan rinci mengenai ulasan.
Ulasan pekerjaan freelancer akan dihitung dari penilaian yang diberikan pemberi kerja setelah freelancer menyelesaikan pekerjaan dan/atau layanan. Ulasan akan didasarkan pada keandalan ("sebagaimana adanya") dan layanan yang diberikan ("sebagaimana tersedia"). Konten yang ditampilkan di platform tidak merupakan jaminan atau sertifikasi terhadap kualitas, akurasi, keamanan, keandalan, atau ketersediaan freelancer.
Hak untuk mengevaluasi pekerjaan adalah milik pemberi kerja dan tidak akan dihapuskan untuk alasan apapun, kecuali jika ulasan tersebut melanggar Syarat Penggunaan. Perusahaan akan berusaha sebaik mungkin untuk mendukung komunikasi antara pemberi kerja dan freelancer terkait tingkat kepuasan terhadap pekerjaan, serta masalah apa pun yang ditemui dengan pekerjaan dan/atau layanan, sehingga freelancer dapat memperbaiki pekerjaan agar memenuhi harapan pemberi kerja. Perusahaan berhak mengambil tindakan terhadap akun pengguna yang menyalahgunakan sistem ulasan pekerjaan, dan keputusan perusahaan akan bersifat final.
Freelancer tidak diperbolehkan untuk menegosiasikan pengiriman pekerjaan untuk mendapatkan ulasan baik dari pemberi kerja. Jika perusahaan mengetahui tindakan semacam itu, perusahaan berhak untuk mengambil tindakan terhadap akun pengguna yang menyalahgunakan sistem ulasan pekerjaan, dan keputusan perusahaan akan bersifat final.
Setelah order dibuat, dan selama freelancer belum menyerahkan pekerjaan dan/atau layanan, pengguna dapat mengubah status order atau membatalkan order kapan saja dengan memberi tahu perusahaan melalui saluran kontaknya.
Meskipun pemberi kerja telah meminta perubahan status order atau pembatalan order, perusahaan memiliki kebijakan untuk menyetujui permintaan perubahan status atau pembatalan dan pengembalian dana, dan keputusan perusahaan akan bersifat final. Biaya layanan yang akan diterima pemberi kerja sebagai pengembalian dana akan mengikuti proses pembatalan dan pengembalian dana yang ditentukan oleh perusahaan.
Ketika permintaan pembatalan order diajukan, staf perusahaan akan menghubungi pemberi kerja menggunakan informasi kontak yang terdaftar untuk meminta rekening bank untuk pengembalian dana biaya layanan. Perusahaan berhak untuk tidak mengembalikan biaya pembayaran kepada pemberi kerja.
Perusahaan memiliki kebijakan tunggal untuk menentukan proporsi dari biaya layanan yang akan dikembalikan kepada pemberi kerja. Penentuan tersebut akan mempertimbangkan berbagai faktor seperti pelanggaran perjanjian, pelanggaran hak pengguna lain, penggunaan yang tidak semestinya dari layanan platform, dan pengiriman pekerjaan yang tidak memenuhi tujuan yang dimaksudkan.
Setelah proporsi biaya layanan yang akan dikembalikan ditentukan, perusahaan akan mengembalikan biaya layanan kepada pemberi kerja melalui saluran berikut:
Jika pemberi kerja membayar biaya layanan melalui TrueMoney Wallet, pengembalian dana akan diproses ke rekening bank yang diberikan untuk pengembalian dana.
12. Pembatalan Order dan Pembatasan Pengembalian Dana
Dalam kasus berikut, pengguna mungkin dibatasi untuk membatalkan pesanan dan menerima pengembalian dana sesuai dengan hukum, dan akun pengguna mereka dapat ditangguhkan sementara:
Pemberi kerja terlibat dalam aktivitas yang bersifat penipuan atau mencoba mengeksploitasi layanan platform secara tidak semestinya, baik untuk keuntungan mereka sendiri maupun orang lain. Perusahaan akan menganggap tindakan semacam itu sebagai penggunaan penipuan terhadap layanan platform terkait dengan pesanan.
13. Penangguhan Akun dan Penghapusan Akun Pengguna
Untuk memastikan bahwa layanan platform digunakan sesuai dengan Syarat Penggunaan, perusahaan berhak untuk memverifikasi kepemilikan akun pengguna kapan saja selama penggunaan platform. Selama verifikasi, pengguna harus memberikan bukti kepemilikan akun, seperti kartu identitas, buku tabungan, paspor, dokumen hukum yang diterbitkan pemerintah, atau dokumen lain yang diminta oleh perusahaan untuk memverifikasi identitas.
Jika pengguna terlibat dalam tindakan yang tidak pantas atau melanggar Syarat Penggunaan, perusahaan dapat memperingatkan pengguna untuk berhenti atau menghentikan tindakan tersebut melalui saluran kontak yang terdaftar atau menampilkan peringatan di platform saat pengguna masuk. Meskipun peringatan semacam itu mungkin tidak langsung mempengaruhi penggunaan platform, peringatan tersebut dapat mengarah pada penangguhan akun dan penghapusan akun pengguna di masa depan.
Perusahaan memiliki kebijakan untuk mengambil tindakan terhadap akun pengguna, seperti menangguhkan akun pengguna sementara atau permanen, menghapus akun pengguna, memasukkan akun pengguna dalam blacklist, atau mengambil tindakan lain yang dianggap sesuai jika perusahaan menemukan bahwa pengguna telah melanggar Syarat Penggunaan. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal berikut:
Keputusan perusahaan bersifat final. Pengguna tidak dapat mengajukan banding atau menggugat keputusan perusahaan dalam menangguhkan akun pengguna dan menghapus akun pengguna. Namun, pengguna tidak dilarang untuk memberikan informasi atau mengklarifikasi fakta terkait dengan keputusan perusahaan dalam menangguhkan akun pengguna dan menghapus akun pengguna.
Akun pengguna yang ditangguhkan tidak dapat terlibat dalam membeli atau menjual pekerjaan di platform, termasuk memposting pekerjaan dan/atau layanan tambahan.
Saat akun pengguna ditangguhkan, pengguna yang terkena dampak dapat menghubungi staf perusahaan melalui saluran yang ditentukan oleh perusahaan untuk menanyakan informasi atau status akun yang ditangguhkan, serta prosedur pembatalan order.
Perusahaan mendorong pengguna untuk menyelesaikan perselisihan melalui negosiasi pada fitur chat platform, yang mencakup tetapi tidak terbatas pada jenis sengketa berikut:
Jika Anda tidak dapat menyelesaikan perselisihan, pemberi kerja atau freelancer, sesuai kasusnya, dapat menghubungi perusahaan melalui saluran kontak yang ditentukan untuk meminta mediasi. Untuk memastikan mediasi yang adil dan akurat, pengguna setuju untuk menyediakan semua fakta, dokumen, atau bukti terkait dengan perselisihan. Selain itu, pengguna setuju untuk memberi perusahaan akses ke chat antara pemberi kerja dan freelancer untuk meninjau rincian atau informasi kontak yang diperlukan untuk penyelesaian perselisihan.
Dalam kasus di mana pengaduan tentang kualitas pekerjaan diajukan, perusahaan dapat menyelidiki riwayat pekerjaan freelancer, order, pesan, pembayaran, dan informasi lain tanpa persetujuan atau pemberitahuan terlebih dahulu kepada freelancer.
Dalam hal terjadi kerugian yang disebabkan kepada pihak ketiga, yang bukan pengguna platform, pengguna setuju untuk bertanggung jawab mengganti rugi kepada pihak yang terdampak langsung, termasuk tetapi tidak terbatas pada situasi berikut:
Dalam hal ada gugatan atau tindakan hukum yang melibatkan pihak ketiga yang mengharuskan perusahaan menjadi pihak atau memberikan kesaksian sesuai perintah lembaga pemerintah yang relevan, pengguna setuju untuk bersama-sama mengganti rugi kepada perusahaan untuk semua biaya yang timbul dari tindakan tersebut, termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya hukum, biaya perjalanan, biaya, kewajiban, denda, kompensasi, atau kerugian lainnya, baik langsung maupun tidak langsung.
Jika pengguna bertanggung jawab kepada perusahaan, pengguna setuju untuk mengganti rugi kepada perusahaan untuk segala kerugian, baik langsung maupun tidak langsung.
Dalam hal tanggung jawab antara pengguna, pengguna setuju untuk saling mengganti rugi sesuai dengan ketentuan penyelesaian perselisihan antara pengguna.
Jika perusahaan bertanggung jawab kepada pengguna, perusahaan setuju untuk mengganti rugi kepada pengguna atas kerugian yang benar-benar terjadi.
Penyediaan layanan platform tidak menciptakan hubungan hukum seperti agen bersama, tanggung jawab bersama, atau hubungan hukum lainnya antara perusahaan dan pengguna, selain sebagai penyedia layanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membayar biaya layanan platform dan biaya pembayaran kepada perusahaan, sesuai ketentuan yang berlaku.
Perusahaan berhak menolak tanggung jawab atas pekerjaan dan/atau layanan yang diterima pemberi kerja dari freelancer dalam kasus-kasus berikut:
Perusahaan tidak dapat menjamin kualitas pekerjaan dan/atau layanan yang diterima pemberi kerja dari freelancer, termasuk tetapi tidak terbatas pada lingkup pekerjaan, keberhasilan pekerjaan, dan kerugian yang terjadi selama atau setelah pengiriman. Evaluasi kualitas pekerjaan dapat dilakukan dengan meninjau rincian dan penilaian ulasan pekerjaan yang diterima oleh freelancer. Namun, perusahaan akan berusaha sebaik mungkin untuk memastikan bahwa pemberi kerja menerima pekerjaan yang memenuhi kualifikasi yang disajikan di "Pekerjaan Saya" dari freelancer.
Afiliasi perusahaan, eksekutif, direktur, pemegang saham, karyawan, agen, mitra, atau orang lain yang berada di bawah pengawasan perusahaan dapat menolak tanggung jawab atas kerugian yang terkait dengan penggunaan layanan platform, baik kerugian tersebut bersifat langsung, khusus, atau hukuman, seperti cedera pribadi, penderitaan fisik atau mental, kehilangan pendapatan, kehilangan keuntungan, kehilangan peluang bisnis atau keuntungan yang diharapkan, kerusakan properti, reputasi, atau data, dll.
Pemberi kerja memiliki hak cipta atau hak kekayaan intelektual lainnya atas semua pekerjaan yang diserahkan oleh freelancer, kecuali dinyatakan lain secara eksplisit di "Pekerjaan Saya" dan/atau penawaran (jika ada). Freelancer tidak boleh melakukan atau berkolaborasi dengan pihak lain untuk melakukan tindakan apa pun, termasuk tetapi tidak terbatas pada memberikan izin atau membiarkan siapa pun menyalin, menggandakan, memodifikasi, atau mengubah pekerjaan untuk tujuan apa pun, kecuali ada persetujuan tertulis dari pemberi kerja.
Pengguna setuju untuk menggunakan layanan platform untuk tujuan hukum dan tidak terlibat dalam tindakan apa pun yang melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual orang lain. Dalam hal terjadi pelanggaran, perusahaan memiliki kebijakan untuk menangguhkan akun pengguna dan menghapus akun pengguna, dan kebijakan perusahaan bersifat final.
Perusahaan tidak mengizinkan atau mendukung tindakan apa pun yang melanggar hak cipta atau hak kekayaan intelektual orang lain. Jika pengguna melanggar hal ini, pengguna setuju untuk bertanggung jawab sepenuhnya untuk mengganti rugi kepada pemilik hak cipta atau kekayaan intelektual.
Perusahaan menempatkan pentingnya dan mengakui perlindungan keamanan data pribadi Anda sesuai dengan hukum. Anda dapat meninjau kebijakan privasi di https://fastwork.id/privacy, yang dianggap sebagai bagian dari Syarat Penggunaan ini
Untuk melindungi data pribadi pengguna, data pribadi akan dianggap sebagai informasi yang bersifat rahasia dan akan diproses sesuai dengan tujuan pengumpulan yang dinyatakan dalam Syarat Penggunaan ini dan hukum yang berlaku. Perusahaan tidak akan memproses data pribadi Anda di luar ketentuan ini kecuali jika menerima persetujuan Anda atau memiliki wewenang hukum.
Perusahaan dapat mengakses fitur chat antara pemberi kerja dan freelancer untuk memantau pelanggaran penggunaan platform, terutama yang berkaitan dengan komunikasi, seperti meminta atau membujuk untuk pekerjaan di luar platform, menghubungi atau mengirimkan pekerjaan tambahan melalui saluran di luar platform, dan menyelesaikan sengketa antara pengguna. Perusahaan juga dapat meninjau kasus aktivitas yang dicurigai sebagai penipuan, aktivitas ilegal, atau tindakan yang mengganggu ketertiban umum atau melanggar moral publik melalui platform. Dengan mendaftar untuk layanan platform, Anda menerima ketentuan Syarat Penggunaan, yang memberikan wewenang hukum, manfaat yang sah, dan persetujuan Anda kepada perusahaan untuk mengakses data pribadi tersebut.
Anda setuju dan menyetujui bahwa perusahaan memiliki hak untuk menggunakan konten apa pun yang diterbitkan oleh pengguna di platform, termasuk tetapi tidak terbatas pada teks, gambar, video, nama akun, pekerjaan, atau informasi lainnya, untuk tujuan kegiatan pemasaran atau promosi.
Jika Anda ingin menanyakan tentang Syarat Penggunaan ini atau menjalankan hak Anda berdasarkan ketentuan kepada perusahaan, Anda dapat menghubungi perusahaan selama jam kerja melalui detail berikut: