Facebook Ads Vs Google Ads, Mana yang Lebih Baik?

Perkembangan bisnis di era digital semakin berat saja, persaingan yang begitu ketat menghasilkan banyak jenis usaha yang serupa. Ide dan inovasi tak lagi menjadi pembeda yang signifikan.

Namun, untuk bersaing di tengah keramaian masih bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan strategi digital marketing.

Marketing sendiri adalah suatu proses untuk memasarkan produk atau jasa agar mudah dikenali. Hal ini juga dapat memperkuat brand bisnismu di mata konsumen.

Dengan semakin majunya teknologi digital, kamu tak perlu lagi menggunakan cara-cara konvensional seperti membagikan brosur di jalan, memasang iklan di koran, atau menempelkan poster di tembok-tembok.

Saat ini, sudah tersedia platform yang memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya di internet dengan memanfaatkan Facebook Ads dan Google Ads.

Untuk menggunakan layanan tersebut, tentu kamu harus memiliki sebuah website atau toko online untuk menampilkan produk atau jasa yang ingin kamu jual.

Website dapat diibaratkan sebagai rumah atau toko dalam bentuk fisik di dunia nyata. Kamu bisa menyimpan barang jualan kamu agar orang lain datang melihat dan tertarik untuk membeli.

Begitu juga dengan dunia maya, website atau toko online akan menampilkan apa yang kamu tawarkan dalam bentuk digital.

Menariknya, pengunjung yang mengunjungi websitemu bisa berasal dari mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet.

Nah, untuk mendapatkan traffic pengunjung inilah yang menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Fastwork akan membahas tentang Facebook Ads vs Google Ads untuk mencari mana yang lebih baik bagi bisnismu.

hire sekarang

Facebook Ads vs Google Ads

Jika bicara mengenai digital marketing, dua layanan tersebut dikenal sebagai platform iklan terbesar di dunia saat ini. Hampir semua pemasar digital menggunakannya dan juga membandingkan keduanya.

Baca juga:  6 Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic Website

Tapi, untuk memanfaatkannya secara efektif, penting bagi Freebuddies untuk memahami perbedaan dan persamaan di antara keduanya serta bagaimana layanan tersebut dapat membantu bisnis kamu.

Kesamaan Facebook Ads dan Google Ads

Kekuatan terbesar dari kedua platform ini adalah kemampuan untuk menampilkan iklan yang tertarget sesuai dengan audiens bisnis kamu secara spesifik dan tepat sasaran.

Katakanlah, pasar bisnis kamu yaitu orang-orang yang menyukai barang-barang antik, dengan Google Ads dan Facebook Ads kamu bisa mendapatkan segmen audiens yang potensial membeli apa yang kamu tawarkan.

Kedua layanan iklan tersebut akan menyasar target pasar yang sesuai dengan minat (audience bahaviour) di internet.

Fastwork menyarankan untuk menggunakan keduanya, kombinasi ini akan memberikan hasil yang optimal.

Perbedaan Facebook Ads dan Google Adwords

Pada dasarnya, kedua layanan ini memberikan analisis yang sama sebelum mengiklankan produk atau jasamu. Akan tetapi ada beberapa hal yang membedakannya.

Facebook Ads menampilkan iklan berdasarkan informasi target audiens yang kamu isi mulai dari minat, perilaku, demografi, koneksi,  lokasi, sampai lingkup pertemanan yang kamu miliki.

Sedikit berbeda dengan dengan Google Ads, layanan ini menampilkan iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kamu targetkan.

Iklan bisnismu akan muncul pada hasil penelusuran mesin pencari ketika ada orang yang mengetikan kata kunci tersebut.

Begini contoh mudahnya, bila ada calon konsumen yang sedang mencari barang antik menggunakan mesin pencari Google, saat orang itu mengetikan kata kunci “barang antik” maka akan muncul iklan milikmu bersama dengan hasil penelusuran lainnya.

Tetapi bila kamu menggunakan Facebook ads, iklan milikmu akan muncul pada halaman beranda (home) milik penggun Facebook.

Jika bisnismu berasal dari Indonesia, maka yang akan melihat iklanmu merupakan pengguna Facebook yang tentunya orang Indonesia juga atau pengguna yang mengisi negara Indonesia sebagai tempat asalnya.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Banyak Viewer di YouTube

Selain itu, orang-orang yang berteman atau terhubung dengan bisnismu juga akan melihat iklan promosi tersebut.

Kesimpulan

Sebenarnya, dua layanan iklan ini mempunyai kelebihan dan kekurangnya masing-masing. Kembali lagi pada model bisnismu, pemasaran seperti apa yang cocok untuk produk atau jasa yang ingin kamu jual.

Berapa budget yang akan kamu siapkan untuk memulai kampanye digital, dan goal atau target apa yang ingin dicapai. Jika kamu ingin menggunakan keduanya, itu bisa menjadi pilihan yang bagus.

Karena baik Facebook Ads maupun Google Ads akan memberikan value pada brand bisnismu secara langsung. Menjangkau audiens secara luas dan meningkatkan penjualan.

Sehubungan dengan itu, jika kamu membutuhkan tenaga ahli untuk menjalankan strategi digital marketing, kamu bisa menggunakan jasa freelancer profesional dari Fastwork.

Sebagai situs freelance no.1 di Indonesia, Faswork menyediakan layanan pemasaran dan periklanan terlengkap yang akan membantu kamu dalam memasarkan produk atau jasa dengan mudah dan terjangkau.

Tersedia promo menarik untuk semua kategori, tunggu apalagi!

banner fastwork id

Sumber:
TheBalance: Comparing Facebook Ads Vs. Google Adwords for Your Business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top