Inilah Minimal Gaji Jika Ingin Hidup Layak di 5 Kota Besar

gaji hidup layak

Gaji bagi orang dewasa tentu sangat mempengaruhi gaya kehidupan seseorang untuk bisa hidup layak atau tidak. Terlebih bagi mereka yang hidup di kota-kota besar di Indonesia.

Pasalnya untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup dikota besar pasti sangat berbeda dengan kota lainnya. Pada umumnya biaya kehidupan dikota besar tentu lebih besar dibanding hidup dikota kecil lain.

Sehingga jika ingin hidup berkecukupan maka freebuddies harus memiliki gaji yang layak.

Setiap kota memiliki kebutuhan hidup layak atau biasa disingkat dengan KHL tersendiri untuk pekerja memenuhi kebutuhannya.

Nilai KHL umumnya sering dijadikan acuan untuk menentukan gaji minimum para pekerja. Inilah standar gaji untuk bisa hidup layak di 5 kota besar yang perlu freebuddies ketahui.

Silahkan simak pembahasannya di bawah ini bagi kotanya yang disebutkan bisa langsung menghitung pendapatannya masing-masing.

1. DKI Jakarta

Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sudah pasti memiliki biaya kehidupan yang lebih besar dibandingkan dengan kota lain.

Nilai KHL di Indonesia dapat dilihat dari data Badan Pusat Statistik. Berdasarkan data yang ada DKI Jakarta memiliki KHL sekitar 3,33 juta setiap bulannya.

Sedangkan upah miminum setiap pekerja disana sekitar 3,35 juta. Jika ingin bisa hidup dengan layak dikota ini setidaknya jumlah tersebut menjadi gaji bulanan freebuddies semua.

2. Yogyakarta

Kota Yogyakarta sangat terkenal dengan slogannya sebagai kota pendidikan. Kota ini semakin banyak diperbincangkan karena memiliki tempat wisata yang sungguh beragam dan semuanya indah.

Standar gaji untuk bisa hidup layak di 5 kota besar khususnya kota Jogja tidak terlalu tinggi. KHL untuk kota ini sekitar 1,12 juta freebuddies sudah dapat hidup layak di Jogja satu bulan penuh.

Sedangkan standar gaji yang didapat para pekerja berada di angka 1,57 juta setiap bulannya.

3. Surabaya

Surabaya merupakan salah satu kota terluas di Indonesia sehingga sudah pasti masuk dalam jajaran kota besar. Namun tetap saja biaya kehidupan terbesar masih dipegang kota Jakarta.

KHL untuk kota Surabaya hanyalah 2,38 juta rupiah setiap bulannya. Sementara gaji minimum dari setiap pekerja dikota Surabaya ini mencapai 3,29 juta rupiah yang lebih dari cukup.

Standar gaji untuk bisa hidup layak di 5 kota besar yang perlu freebuddies penuhi jika ingin hidup di Surabaya.

4. Malang

Kota Malang adalah salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di Jawa Timur. Kota yang sering dikenal dengan kota apel karena hasil kebunnya ini ternyata memiliki KHL yang tukda jauh berbeda dengan Surabaya.

Freebuddies yang ingin hidup layak di kota ini harus memiliki gaji sekitar 2,37 juta setiap bulannya. Sedangkan setiap pekerja memiliki minimum gaji dengan jumlah yang sama dengan KHL yaitu 2,37 juta.

5. Bali

Selanjutnya ada kita Bali yang juga masuk dalam deretan kota besar di Indonesia. Siapa yang tidak kenal Bali? Kita wisata impian semua orang ini memiliki nilai KHL yang tidak terlalu besar sama halnya Jogja.

Freebuddies bisa hidup layak hanya dengan gaji 1,95 juta setiap bulannya. Sedangkan untuk standar gaji para pekerja di kota ini jumlahnya sama yaitu 1,95 juta.

Standar gaji untuk bisa hidup layak di 5 kota besar ini perlu untuk kamu jadikan pedoman.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai standar gaji untuk bisa hidup layak di 5 kota besar, semoga bermanfaat untuk freebuddies semua.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *