8 Karakter Utama yang Harus Dimiliki Penerjemah Bahasa Korea

penerjemah korea

Tidak mudah untuk belajar dan memahami bahasa Korea. Menggunakan Google Translate mungkin bisa sedikit membantu untuk mendapatkan konten terjemahan Bahasa Korea ke Bahasa lain yang diinginkan. Tapi untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap dan benar tentang materi teknis berbahasa Korea, seseorang harus bekerja dengan jasa penerjemah Korea profesional yang dapat menerjemahkan bahasa Korea dengan baik.  

Sebelum memilih seseorang sebagai penerjemah bahasa Korea, perhatikan baik-baik kualitas yang ada pada penerjemah. Berikut beberapa karakteristik yang wajib dimiliki oleh seorang penerjemah bahasa Korea yang baik yang mesti kamu ketahui.

special40

1. Memahami tulisan Korea secara menyeluruh

Kriteria pertama yang mesti kamu temukan pada seorang translator Korea yang baik adalah dia bisa berbicara bahasa Korea dengan fasih. Dengan pemahaman yang menyeluruh terhadap bahasa Korea, penerjemah akan mampu menangkap pesan umum maupun menemukan pesan yang tersirat dalam sebuah tulisan sehingga rincian dan tema tulisan dapat tersampaikan dengan baik. 

Tanyakan kepada penerjemah apakah dia telah lulus Tes Kecakapan Bahasa Korea (TOPIK) dan pada level berapa dia mampu menyelesaikannya. Apakah sang penerjemah terus belajar Bahasa Korea dan bila dia punya tulisan akademis yang diterbitkan dalam bahasa Korea akan semakin menambah kualitasnya.  

2. Menulis bahasa terjemahan dengan jelas dan lancar

Sebagian besar orang Korea tentu saja mampu memahami bahasa Korea pada tingkatan penutur asli sehingga pasti lolos untuk kriteria pertama. Namun mengenal bahasa Korea saja tidak cukup. Seorang penerjemah yang baik harus juga bisa menulis dan berbicara bahasa yang diterjemahkan dengan sempurna. 

Ada aturan praktis dalam industri penerjemahan yang menyebut jika seorang penerjemah seharusnya hanya menerjemahkan ke dalam bahasa asli mereka. Jadi jika kamu membutuhkan seorang penerjemah bahasa Korea ke bahasa Indonesia seharusnya dia adalah orang Indonesia yang mahir berbahasa Korea dan memiliki keterampilan menulis Bahasa Indonesia yang sempurna.

3. Memahami materi dari konten yang akan diterjemahkan

Di bidang terjemahan teknis, keterampilan bahasa saja tidak cukup. Seseorang juga harus memiliki pengetahuan di bidang materi yang diterjemahkan.

Dengan kata lain, seorang penerjemah yang ideal adalah seseorang yang subject matter expert (SME), yang memiliki pengetahuan tentang topik umum dan juga terminologi dasar.

Meski begitu, penerjemah Bahasa Korea ke bahasa lain tidak akan pernah tahu segalanya dalam setiap topik khusus yang diminta untuk ia kerjakan.

Tetapi dasar pengetahuan yang kuat di lapangan memungkinkan penerjemah untuk meneliti dan mengevaluasi istilah, memahami konsep yang sulit dalam bahasa Korea, dan menerjemahkan semua artinya ke dalam bahasa lain dengan baik.

4. Senantiasa memenuhi tenggat waktu

Seorang penerjemah yang baik harus memiliki rasa disiplin yang tinggi dan tanggung jawab yang kuat untuk selalu menyelesaikan tugasnya sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Agar bisa bekerja secara profesional, penerjemah harus melakukan pekerjaan dengan cepat dan menjaga jadwal serta mengetahui seberapa lama tugas bisa diselesaikan.

Dia juga memiliki rencana kontingensi untuk mengatasi setiap gangguan dan berusaha menjaga komitmen kepada klien dengan segala cara. Tidak ada ruang penundaan dan alasan ketika klien sangat bergantung pada pekerjaan yang diselesaikan sesuai deadline.

5. Tidak menganggap pekerjaan sebagai sampingan

Penerjemah bahasa Korea yang baik adalah orang-orang yang tidak memposisikan pekerjaan terjemahan sebagai pekerjaan paruh waktu dan tentu saja memiliki banyak materi terjemahan yang menunggu untuk diselesaikan.

Penerjemah yang sibuk adalah salah satu ciri penerjemah yang baik meski butuh waktu menunggu untuk bisa menerima permintaan baru. Penerjemah yang bisa memeriksa email atau menjawab telepon dengan cepat adalah mereka yang mampu bekerja secara profesional.

6. Berkomunikasi dengan klien secara proaktif 

Seorang penerjemah Bahasa Korea profesional tidak menganggap bahwa klien memahami prosesnya. Sebaliknya, dia akan terus berusaha untuk memberitahu klien selama proses berjalan, memastikan syarat-syarat terpenuhi, dan membiarkan klien mengetahui bahwa pekerjaan akan selesai sesuai jadwal. Penerjemah juga menerima revisi lanjutan yang diperlukan setelah pekerjaan diserahkan kepada klien.

7. Melakukan pendekatan pekerjaan dengan pola pikir perfeksionis

Seorang ahli terjemah bahasa Korea harus selalu berusaha melakukan pekerjaan yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan pola pikir perfeksionis, penerjemah akan mencoba menemukan kata-kata paling tepat untuk  mengkomunikasikan setiap kata dan frasa dalam bahasa terjemahan.

Seorang penerjemah Bahasa Korea juga harus memeriksa karyanya, membaca kembali melalui terjemahan draft pertama untuk mengerjakan ulang bagian-bagian yang terdengar canggung, atau yang mungkin salah pengertian pada pemahaman pertama.

8. Telah bekerja lebih dari 10.000 jam untuk keahlian terjemahan asli

Untuk mencapai keahlian dalam bidang khusus apapun, seseorang harus menghabiskan setidaknya 10.000 jam belajar dan bekerja di dalamnya. Penerjemahan adalah proses yang rumit, dan penerjemah pemula biasanya masih belum terbiasa dengan berbagai metode dan teknik yang berbeda untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas. 

Apakah penerjemah bahasa Korea yang kamu lirik sudah lolos untuk kategori-kategori ini?

Menemukan penerjemah Bahasa Korea yang baik memang  tidak semudah yang diharapkan. Namun tidak mustahil untuk dilakukan. Jika semua kategori ini bisa kamu temukan pada seorang penerjemah maka ia adalah pilihan yang sempurna untuk diajak bekerja sama.

Kunjungi Fastwork.id untuk mendapatkan jasa penerjemah Bahasa Korea yang berkualitas. Terdapat ribuan freelancer berpengalaman dan ahli dalam berbagai bidang, salah satunya penerjemahan.

Penerjemah freelance di Fastwork akan membantu kamu menerjemahkan segala kebutuhan, seperti menerjemahkan dokumen bahasa Korea ke bahasa Indonesia, maupun ke berbagai bahasa lainnya. Dapatkan juga harga terjangkau dari translator freelance sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *