5 Tips Memilih Jasa Desain Interior Rumah yang Tepat

desain interior rumah

Memilih jasa desain interior rumah tak ubahnya seperti memilih pasangan. Ada begitu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Beberapa pertanyaan yang tepat saat pertemuan pertama biasanya sangat membantu untuk mengenal kepribadian yang memungkinkan sebuah hubungan bisa berlanjut atau tidak.

Hubungan kerja yang ideal antara desainer interior dengan klien dapat terwujud atas dasar kepercayaan. Jika seorang klien dapat mempercayai kemana arah sang perancang dengan visi kreatif yang dibawanya, maka proyek yang dihasilkan akan menyenangkan dan hasilnya pasti lebih memuaskan.

Namun tidak mudah untuk menemukan seorang desainer interior yang bisa diajak bekerjasama secara fun. Seorang desainer interior yang memiliki kepribadian yang selaras dengan klien biasanya  lebih mengerti dan memahami kebutuhan klien.

Dengan gampang membaur, desainer interior akan lebih mudah untuk menyelami  apa yang diinginkan oleh kliennya.

Untuk itulah, klien perlu memperhatikan beberapa poin penting saat pertemuan pertama dengan kandidat desainer interior sehingga tidak sampai salah pilih.

special40

Ada upaya untuk berkolaborasi

Seorang desainer interior yang baik adalah seseorang yang tidak egois. Ia tidak akan mau bekerja sebelum berdiskusi dengan klien dan  selalu melibatkan klien dalam proses pengambilan keputusan.

Itulah sebabnya setiap hasil karya yang dihasilkan selalu mencerminkan kolaborasi kedua belah pihak. Dengan kolaborasi, hubungan kerjasama dapat berjalan dengan harmonis.

Namun jika klien memutuskan untuk lepas tangan, sangat penting untuk mengomunikasikan seberapa jauh keterlibatan mereka sejak awal. Dengan begitu, desainer interior bisa bekerja sesuai dengan porsinya.

Bertemu setidaknya tiga designer

Ada banyak kandidat memang bagus, karena bisa memilih yang terbaik dari yang terbaik.  Tapi, jumlah kandidat yang terlalu banyak juga kurang efektif karena memakan waktu lebih lama untuk seleksi dan lebih rumit untuk membandingkan.

Oleh karena itu, cobalah untuk hanya menemui tiga desainer interior karena ini adalah jumlah yang ideal. Dari tiga kandidat, klien mungkin akan menemukan dua orang yang memiliki pemikiran sejalan dan pilih satu yang terlihat lebih menonjol. 

Dengan hanya tiga kandidat untuk ditemui, klien akan lebih mudah untuk melakukan perbandingan, baik itu terkait kepribadian, style, etos kerja, kemampuan dan jiwa estetika yang dimilikinya.

Bekali diri dengan informasi yang cukup

Sebelum bertemu dengan desainer interior setidaknya kilen telah memiliki bekal yang cukup untuk bahan diskusi. Cari banyak inspirasi dari gambar-gambar desain interior di Pinterest dan susun rencana-rencana untuk mewujudkan ruangan yang diimpikan. 

Jangan lupa untuk membawa denah rumah atau ruangan yang ingin dirombak. Jika semua telah dipersiapkan dengan matang, diskusi awal dengan kandidat desainer interior akan berjalan mulus.

Ingatlah, semakin banyak informasi estetika yang disampaikan oleh klien, semakin baik komunikasi terbuka yang akan tercipta saat pertemuan pertama.

Terbuka soal anggaran

Masalah anggaran penting untuk diperhatikan sejak awal karena akan memudahkan kerjasama antara klien dan desainer interior. Tidaklah menyenangkan jika rencana desainer dan impian klien hancur berantakan karena terkendala biaya yang tidak didiskusikan sejak awal.

Meskipun perhitungan belum bisa dilakukan dengan pasti, mengetahui perkiraan biaya lebih awal akan membantu apakah klien ingin melanjutkan kerjasama atau tidak dan seberapa jauh impian yang ingin diwujudkan.

Klien sebaiknya melakukan sedikit riset sebelum bertemu dengan desainer interior untuk mengetahui pasaran harga barang-barang kebutuhan dan juga tarif sang desainer interior.

Seorang desainer interior yang baik biasanya mampu bekerja secara fleksibel. Dengan anggaran yang dimiliki klien, mereka akan mencoba untuk mewujudkan impian klien sesuai budget.  

Ketika klien ingin material atau furniture berkualitas terbaik, mereka dapat menemukannya untuk klien. Begitu pula saat klien menginginkan barang-barang yang berharga murah, mereka akan berusaha menemukan barang murah dengan kualitas yang bagus.

Mengikuti naluri

Penting untuk diingat bahwa selama proses wawancara tidak hanya klien yang mencari informasi tentang desainer interior yang akan diajak bekerja sama. Namun, desainer interior juga menggali informasi sebanyak yang ia mampu lakukan tentang calon kliennya. 

Intinya, kerjasama yang ideal hanya dapat dilakukan jika kedua belah pihak merasa nyaman satu dengan yang lainnya. Rasa kenyamanan dan kecocokan biasanya muncul begitu saja. 

So, ketika naluri merasa klik dengan seseorang, mengapa harus menunda kerjasama paling menyenangkan yang sudah menunggu di depan mata? Naluri atau insting biasanya tidak akan berbohong.

Bagaimana masih bingung memilih desainer interior yang akan membantu mewujudkan rumah idaman kamu? Pertimbangan yang matang memang diperlukan namun jika terlalu lama menunggu takutnya dana yang telah disiapkan akan keburu raib untuk kebutuhan lain. Kamu tentu tidak ingin impian indahmu hancur berantakan, bukan?

Untuk kebutuhan jasa desain interior rumah, kamu bisa mempercayakan kepada Fastwork. Platform jasa freelance terkemuka di Indonesia, Fastwork memberikan kemudahan mencari jasa freelance sesuai kebutuhan termasuk jasa desain interior rumah. Prosesnya cepat, aman dan garansi harga termurah. Tenaga-tenaga freelance yang bergabung di Fastwork juga terjamin berkualitas.

Masih bingung bagaimana cara menggunakan Fastwork?

Pertama, klik situs web fastwork dan pilih pekerjaan yang kamu inginkan. Setelah itu diskusikan pekerjaan secara detail dengan freelancer sebelum melakukan pembayaran via sistem Fastwork. Jadi, kamu tidak diperbolehkan tukar kontak dengan freelancer selama proses diskusi untuk menjamin keamanan. 

Jika freelancer telah mengirimkan pekerjaan dan kamu merasa puas, berikan rating dan review untuk freelancer. Yuk, wujudkan rumah impian kamu dengan jasa desain interior rumah berkualitas hanya di Fastwork.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *