Tips Kembangkan Bisnis Lewat Motion Graphics

Pernah menggunakan jasa pembuatan motion graphic? Ya, motion graphics atau sering pula disebut mograf adalah animasi yang berisikan gambar maupun teks yang dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk ilusi seolah-olah gambar atau teks tersebut bergerak, berputar, berpindah tempat, atau efek lainnya.

Motion graphics terbilang lebih sederhana bila dibandingkan dengan animasi lain seperti 2D atau 3D, dan bisa juga disebut sebagai ‘infografik yang dianimasikan’. 

Keunggulan motion graphics terdapat pada biaya pembuatan yang biasanya lebih murah dari animasi lainnya, dan informasi yang ingin disampaikan bisa tampil lebih menarik.

Daripada menggunakan iklan yang berbentuk gambar diam di tiang reklame atau terpampang secara mencolok di halaman depan situs web, mengapa tak mencoba untuk beralih ke iklan berbentuk animasi?

Tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan motion graphics? Yuk, cari tahu bisnis seperti apa yang paling cocok untuk dikembangkan dengan menggunakan iklan berbentuk animasi motion graphics.

special40

Motion Graphics untuk bisnis digital dan sangat kompleks

Memasarkan produk yang tidak ada secara fisik memang membutuhkan tantangan tersendiri. Perusahaan yang bidang kerja utamanya berkaitan dengan data, jaringan, keamanan, atau SaaS tentu saja tidak mungkin untuk menggambarkan apa yang dilakukan perusahaan dalam bentuk nyata dan cara yang realistis. 

Iklan yang dibuat dengan menampilkan video orang yang mengetik di komputer atau bermain dengan perangkat seluler tidaklah efektif dan tidak akan menarik perhatian konsumen. Di sinilah motion graphics diperlukan.

Motion graphics menggunakan teks, ikon, bentuk, bagan, dan grafik untuk mengomunikasikan gagasan secara abstrak atau simbolis. Motion graphics tidak menggunakan karakter yang rumit tapi mampu menyaring ide yang kompleks dan abstrak menjadi gambar yang sederhana. 

Baca juga:  Tips Membuat Facebook Ads yang Efektif untuk Bisnis Anda

Motion graphics bercerita dengan menunjukkan hubungan antara ide-ide dengan bentuk dan gerak. Saat ini, motion graphics bisa berbentuk 2D, bergantung pada teks di layar, atau menggabungkan grafik gerak 3D untuk menghadirkan ruang rasa yang lebih utuh.

Bila produk atau layanan perusahaan ada dalam ranah ruang digital atau sangat kompleks untuk dapat digambarkan secara langsung maka promosi dengan motion graphics sangat tepat untuk kamu.

Motion Graphics untuk bisnis berskala ekstrim

Jika kamu ingin menjelaskan konsep-konsep mutakhir seperti data-data yang besar, analisis cloud, atau blockchain maka motion graphics sangat tepat untuk menggambarkan ide-ide besar kamu. 

Iklan yang menceritakan kisah sederhana dengan hanya dua orang di sebuah ruangan dengan beberapa alat peraga mungkin tidak akurat untuk menjelaskan ruang lingkup produk yang kamu tawarkan. 

Di sini kamu perlu membuat metafora video fungsional dari bentuk dan gerakan yang menggambarkan seberapa mengesankan produk yang kamu tawarkan. So, motion graphics mungkin tepat untuk produk atau layanan yang beroperasi pada skala ekstrem, mulai dari mikroskopis hingga global, dan seterusnya.

Motion graphics untuk brand dengan desain visual yang canggih

Perusahaan yang ingin berkomunikasi secara canggih mesti memilih video motion graphics karena sangat fashionable dan juga fleksibel. Dengan brand sebagai panduan pemikiran, video motion graphics yang dibuat akan terlihat tepat digunakan di mana saja. 

Sementara itu, fleksibilitas video motion graphics dapat dilihat dari penggunaan teks, bentuk, warna, dan gerakan yang dapat dengan mudah disesuaikan. Tujuannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan hasil akhir pada penekanan identitas dan ide-ide yang kamu miliki. Kesimpulannya, motion graphics akan tepat untuk brand-brand yang menyukai desain visual yang canggih.

Baca juga:  Perhatikan 11 Hal Ini saat Membuat Desain Kartu Nama

Motion graphics untuk identitas merek

Elemen penting yang sering diabaikan dalam video motion graphics adalah desain suara. Padahal jika digunakan secara tepat akan menghasilkan sesuatu yang benar-benar berbeda. 

Dengan desain suara dan musik akan tercipta peluang besar untuk menceritakan kisah secara utuh sehingga motion graphics biasanya sangat cocok untuk presentasi utama maupun potongan identitas merek.

Video motion graphics yang dibuat tanpa suara akan sangat cocok bila disebarkan di stand pameran dagang atau sebagai video putar otomatis di media sosial. Meski tanpa suara, gagasan yang ingin disampaikan sudah dapat tersampaikan dengan visual.

Ada atau tanpa desain suara bila brand kamu bisa mengambil manfaat dari keduanya maka video motion graphics cocok untuk mengembangkan bisnis kamu.

Dengan tampilan yang dinamis, motion graphics tidak hanya berupa gambar diam, dan bahkan disertai suara, akan menjadi media promosi yang atraktif sehingga produk atau jasa yang kamu jual akan lebih diminati oleh konsumen. Informasi yang ingin disampaikan juga bisa ditampilkan  lebih menarik dengan penambahan efek-efek transisi lainnya.

Tak perlu menunda lagi, sekaranglah saat yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis kamu dengan motion graphics. Motion graphics yang dibuat secara profesional tentu akan berdampak sangat besar untuk kemajuan bisnis.

Yuk, jadikan brand kamu lebih menarik dengan bantuan profesional dari freelancer Fastwork. Platform jasa freelance paling populer di Indonesia Fastwork menawarkan jasa pembuatan motion graphics yang dikerjakan oleh tenaga-tenaga profesional yang ahli dibidangnya dan dijamin tidak pakai mahal alias terjangkau.

Cara menggunakan Fastwork juga cukup gampang. Kamu tinggal mengunjungi situs web Fastwork.id kemudian cari freelancer yang sesuai dengan ide bisnis kamu. Tersedia pilihan lebih dari 5000 freelancer dari sekitar 50 kategori pekerjaan yang kamu butuhkan, setelah ‘klik’ kamu bisa mendiskusikan ide dengan freelancer dan mendapatkan penawaran harga yang menarik.

Baca juga:  5 Manfaat Riset Kompetitor dalam Bisnis

Semua diskusi bisa kamu lakukan melalui fitur chat yang ada di Fastwork. Setelah setuju, bayar dan terima hasilnya.  Klik di sini untuk memulai bisnismu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top