Cara Membuat Website untuk Bisnis yang Efektif

Di era digital seperti sekarang, online presence merupakan hal yang krusial bagi bisnis atau brand manapun. Apalagi studi menunjukkan bahwa sebanyak 94% konsumen selalu melakukan riset online terhadap suatu bisnis sebelum mereka memutuskan apakah akan membeli atau tidak.

Itulah kenapa website berperan sangat penting terhadap bisnis Anda saat ini. Website menjadi garda depan Anda di dunia online, sehingga memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang bisnis dan produk Anda.

Lebih dari itu, apabila dirancang dan dikelola secara efektif, website bisa membantu Anda menghasilkan penjualan. Simak sejumlah tips terkait cara membuat website untuk bisnis di bawah ini.

special40

Website harus mudah dinavigasikan

Sebagus apa pun kualitas konten website Anda, hal tersebut akan percuma apabila website sulit dinavigasikan. Maksudnya, saat pengguna berada di website, ia harus tahu halaman apa yang ia baca, apa yang harus dilakukan jika ingin kembali ke homepage, dan hal-hal lain semacam itu.

Coba berikan menu navigasi di bagian atas website, lalu berikan maksimal lima tab untuk masing-masing menu tersebut.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian wanita melalui website, menu navigasi bisa berupa Atasan, Bawahan, dan Terusan. Lalu, di bawah menu Atasan, terdapat maksimal lima tab pilihan seperti Kaus, Kemeja, Blazer, Cardigan, dan Sweater.

Namun, jangan lupa tetap mencantumkan tombol homepage untuk memudahkan pengguna kembali ke halaman utama website Anda.

Waktu loading tidak boleh terlalu lama

Apa yang biasanya Anda lakukan saat website yang Anda kunjungi memiliki waktu loading terlalu lama? Kemungkinan Anda akan langsung menutupnya dan beralih ke website lain.

Oleh sebab itu, usahakan agar website Anda tidak loading terlalu lama. Ini disebut juga dengan page speed. Pastikan software website Anda selalu update, optimalkan konten visual agar lebih cepat muncul, dan gunakan website host yang bisa memenuhi kebutuhan bandwidth Anda.

Baca juga:  Apa Itu Google AMP (Accelerated Mobile Pages)?

Konten yang rapi dan desain yang simpel

Orang-orang memang mengunjungi website Anda untuk mendapatkan informasi tentang hal tertentu. Namun, bukan berarti Anda bisa meletakkan sebanyak mungkin informasi dalam satu halaman website.

Bukannya merasa lebih paham, pengguna justru akan merasa bahwa hal tersebut berlebihan sehingga justru tidak ada informasi yang masuk ke kepala.

arenanya, seimbangkan porsi konten tulisan dan visual untuk memberikan halaman website yang bersih dan simpel. Sebagai tips cara membuat website untuk bisnis, gunakan background berwarna putih agar tampilan website terlihat clean dan konten mudah dibaca oleh pengunjung.

Cantumkan CTA yang jelas dan mudah dibaca

Perlu diingat kembali bahwa website berperan sebagai media untuk menjual produk Anda. Jadi, jangan ragu untuk berjualan. Cantumkan call-to-action (CTA) di tempat-tempat yang mudah dilihat pada website.

Misalnya, di bagian tengah halaman ketika website sedang loading atau ditonjolkan di bagian atas menu bar. Berikan urgensi pada CTA untuk membuat pengunjung website “tergerak”. Bisa seperti “Sign up sekarang juga untuk mendapatkan diskon spesial!”

Pastikan website Anda mobile-responsive

Tahukah Anda bahwa per 2016 lalu, ada lebih dari 62% konsumen yang menggunakan smartphone untuk melakukan pembelian? Penggunaan smartphone untuk berbelanja memang sudah menjadi hal yang wajar. Ini merupakan peluang untuk Anda dalam menghasilkan penjualan.

Jadi, pastikan website Anda ramah diakses oleh para pengguna mobile atau smartphone. Ketika dibuka di perangkat mobile, tampilan website Anda harus bisa serapi ketika dibuka di desktop.

Pastikan pula waktu loading-nya tidak lebih dari tiga detik agar pengguna tidak kabur ke website kompetitor. Setiap brand tentu memiliki visi sendiri terkait cara membuat website untuk bisnis.

Baca juga:  5 Cara Membuat Aplikasi Mobile Sendiri dengan Mudah

Namun, desain website yang bagus akan percuma apabila tidak bisa efektif mendukung bisnis Anda. Kelima tips di atas dapat membantu Anda untuk membuat website bisnis yang efektif. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top