Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Cepat dan Mudah

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, kemudian pemerintah melaksanakan sebuah program BPJS.

Bagi freebuddies yang tidak tahu, BPJS itu ada dua tipe, BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Akan tetapi dikesempatan kali ini kami akan memberikan informasi berkenaan dengan cara untuk cairkan dana BPJS ketenagakerjaan.

Namun sebelum memasuki cara mencairkan dana BPJS tersebut, sebelumnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana perbedaan antara BPJS ketenagakerjaan dan juga BPJS Kesehatan.

Jika BPJS Kesehatan itu dananya mutlak untuk pembayaran ketika jatuh sakit, sedangkan BPJS ketenagakerjaan asuransi dananya bisa dicairkan dalam kurun waktu tertentu.

Lebih jauh, BPJS ketenagakerjaan juga memiliki 4 program yang berbeda-beda, diantaranya sebagai berikut: Jaminan Hari Tua (JHT), kemudian Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kematian (JKM), dan yang terakhir ada

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKC).

Setelah memahami lebih banyak mengenai BPJS Ketenagakerjaan, maka bagi kamu yang ingin mencairkan dana yang disebutkan tadi, berikut ini cara ampuh dan yang paling tepat untuk cairkan dana BPJS ketenagakerjaan. Penasaran? Silahkan simak informasinya dibawah ini freebuddies.

Datang langsung ke kantor BPJS terdekat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan jika ingin cairkan dana BPJS ketenagakerjaan yaitu dengan mendatangi secara langsung kekantor BPJS.

Akan tetapi jika kamu melakukan cara yang satu ini, kamu perlu mengantri dan menunggu waktu yang tidak sebentar tentunya.

Namun meskipun demikian, kamu bisa mendapatkan pencairan dana seperti yang kamu inginkan tentunya.

Lebih lengkapnya kami akan membagikan informasi mengenai persyaratan yang perlu freebuddies bawa ketika hendak mencairkan dana yang satu ini.

  • Membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif tentunya, serta tidak lupa membawa fotokopinya.
  • Membawa kartu keluarga (KK) yang asli dan juga fotokopi
  • Membawa e-KTP yang asli dan fotokopi
  • Membawa surat keterangan yang menyatakan bahwa kamu masih aktif bekerja di sebuah instansi pemerintahan tertentu
  • Membawa buku rekening tabungan

Berbagai berkas tersebut perlu kamu bawa untuk bisa mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan jika kamu ingin mencairkan dana perumahan sebanyak 30%, maka kamu perlu membawa tambahan dokumen lainnya yaitu dokumen perumahan.

Lalu apabila kamu ingin mencairkan dana secara keseluruhan atau 100%, maka kamu perlu menyertakan surat pernyataan yang menyebutkan bahwa kamu sudah berhenti bekerja.

Melalui bank atau secara online

Apabila kamu tidak ingin mengantri yang terlalu lama, kamu juga bisa mencoba cairkan dana BPJS ketenagakerjaan dengan cara online.

Dengan melakukan pencairan dana yang dilakukan secara online ini maka kamu tidak akan merasakan antrian yang panjang. Selain itu prosedur yang perlu dilakukan juga lebih mudah dan pastinya tidak membuang-buang waktu berharga Freebuddies.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan pencairan dana yang dilakukan secara online? Caranya sangat mudah, mula-mula kamu perlu menyiapkan dokumen softcopy dalam bentuk dokumen yang berformat JPEG atau PDF.

Tentunya harus memiliki resolusi yang baik. Kemudian segala softcopy tersebut diupload ke server resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Ketika dokumen sudah siap, maka langkah selanjutnya kamu perlu mengisi beberapa data-data sesuai dengan prosedur BPJS Ketenagakerjaan online.

Ketika seluruh proses sudah selesai dilaksanakan kamu akan menerima sebuah PIN yang dikirim melalui email. Lalu langkah berikutnya kamu perlu menggunggah dokumen-dokumen yang sebelumnya sudah kamu siapkan.

Setelah seluruh langkah telah berhasil kamu lakukan, maka freebuddies perlu menunggu konfirmasi selama 1×24 jam agar petugas memverifikasi data yang berhasil kamu kirim.

Kemudian kamu tinggal datang kekantor BPJS untik validasi. Tidak perlu khawatir akan mengantri, karena ada jalur khusus bagi kamu yang melakukan pendaftaran secara online.

Demikian tadi uraian yang bisa kami bagikan untuk seluruh freebuddies sekalian mengenai cara yang paling tepat untuk cairkan dana BPJS ketenagakerjaan.

Jika kamu membutuhkan jasa penerjemah dokumen, atau jasa penulis artikel, bisa kunjungi website Fastwork dan temukan freelancer berpengalaman dengan harga terjangkau.

banner fastwork id

1 thought on “Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan dengan Cepat dan Mudah

  1. Atas nma Galuh prasetya berkerja anggota PPSU orange
    Cara mengcairkan dana bpjsketenagakerjaan saya gmn y pak tlong informasi nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *