8 Cara Sukses Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

Sebagai seorang penjual atau penyedia baik barang ataupun jasa tentunya kita selalu menginginkan kepuasan dari para konsumen atau pelanggan yang membeli atau menggunakan jasa kita.

Tetapi mungkin seringkali freebuddies kurang aware pentingnya komentar, review, penilaian atau apapun namanya yang berasal dari pelanggan padahal hal tersebut sangat penting.

Nah, yang perlu freebuddies ketahui sebenarnya ada jurus jitu dalam mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Mengapa umpan balik atau feedback dari pelanggan atau konsumen itu penting?

Karena melalui umpan balik yang diberikan oleh konsumen atau pelanggan maka freebuddies bisa mengetahui apa saja hal yang paling digemari oleh mereka, bagaimana servis yang baik bagi pelanggan.

Dan mungkin juga dengan umpan balik dari mereka tersebut freebuddies bisa mendapatkan “pencerahan” sehingga bisa melakukan inovasi pada bisnis freebuddies.

Lalu bagaimana caranya bisa mengetahui feedback dari konsumen? Cobalah lakukan jurus jitu dalam mendapatkan umpan balik dari pelanggan seperti dibawah ini.

8 Jurus Jitu Dalam Mendapatkan Umpan Balik Pelanggan

1. Jangan Ragu Untuk Bertanya

Jangan pernah sok tau dengan merasa sudah memenuhi semua yang diinginkan pelanggan tanpa bertanya kepada mereka. Belum tentu isi pikiran freebuddies sama dengan apa yang diinginkan oleh konsumen.

Maka cara yang pertama pada jurus jitu dalam mendapatkan umpan balik dari pelanggan adalah dengan sering menanyakan kepada mereka apakah pelayanan yang diberikan sudah seperti yang diharapkan.

2. Berikan angket

Selain dengan bertanya, untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen adalah dengan membuat semacam angket dan mintalah mereka untuk mengisinya.

Dari angket ini nantinya bisa dibuat kesimpulan apakah hal yang paling digemari dan paling diinginkan oleh pelanggan.

3. Reward untuk pelanggan

Seringkali pelanggan malas untuk mengisi angket yang freebuddies berikan karena kesibukan. Nah, mengapa tidak menawarkan reward atau hadiah kecil jika mereka mau mengisi angket tersebut.

Baca juga:  Mengapa Desainer Grafis Sangat Penting bagi Bisnis Travel?

4. Berikan sampel

Sampel produk bisa menjadi jurus jitu dalam mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Berikan sampel produk bersamaan dengan beberapa pertanyaan yang dimaksudkan untuk mengkaji komentar pelanggan.

5. Buatlah forum pelanggan

Ada lagi cara lain dalam mendapatkan umpan balik dari pelanggan yaitu dengan membuat forum khusus pelanggan freebuddies.

Dari grup ini entah dalam FB, Twitter atau WA nantinya freebuddies bisa bertanya kepada mereka tentang pendapat pada produk atau jasa yang freebuddies jual. Dengan demikian freebuddies bisa memperbaiki kualitas dari produk atau jasa yang dijual.

6. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Umpan balik atau komentar akan lebih mudah didapatkan jika ada keterikatan emosional antara penjual dan pembeli. Caranya adalah dengan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan atau konsumen.

7. Sediakan kolom untuk komentar

Beberapa pelanggan mungkin tidak terlalu aktif di media sosial sehingga ada baiknya jika freebuddies menyediakan kolom untuk komentar di dalam halaman situs atau web atau blog jualan freebuddies sehingga pelanggan bisa langsung memberikan reviewnya.

8. Sediakan email khusus pelanggan

Selain dengan beberapa cara dan sarana diatas maka untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan bisa dilakukan juga dengan cara membuka email yang khusus digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Dengan email memungkinkan konsumen mengirimkan komentar dengan penjelasan-penjelasan yang lebih rinci tentang keinginan mereka serta bisa menyertakan attachment berupa gambar atau lainnya.

Itulah tadi 8 jurus jitu dalam mendapatkan umpan balik dari pelanggan yang bisa freebuddies coba untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

Yang diharapkan selanjutnya adalah produk atau jasa yang ditawarkan akan lebih diminati dan tentunya akan memajukan bisnis freebuddies. Selamat mencoba.

banner fastwork id

Sumber:
Helpscout: The 8 Best Ways to Collect Customer Feedback

Baca juga:  5 Cara Terbaik Meningkatkan Efektivitas Banner Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top