Bagaimana Content Marketing dapat Membantu Meningkatkan Brand Awareness

content marketing adalah

Brand awareness adalah konsep penting dalam tahap awal pengembangan bisnis. Konsep ini mengacu pada tingkat kesadaran konsumen/audiens terhadap kehadiran brand yang Anda kelola.

Artinya semakin banyak orang mengenal brand Anda, maka semakin besar kemungkinan bisnis untuk berkembang. Sebagai pemilik bisnis, apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan nilai brand?

Jawabannya ada pada konsep content marketing. Ini merujuk pada upaya pemasaran yang mencakup kegiatan membuat dan membagikan konten informasi produk atau jasa.

Konten yang sudah jadi biasanya dipasarkan melalui berbagai medium seperti media sosial, postingan blog, video dan lain sebagainya; tujuannya pun jelas, yakni untuk menarik perhatian konsumen kepada produk dan jasa yang ditawarkan sebuah brand.

Berikut ini beberapa kiat-kiat yang bisa Anda praktekkan guna meningkatkan brand awareness dengan teknik content marketing.

Content Strategy untuk Kampanye Digital

Content strategy tidak pernah terpisahkan dari konsep content marketing. Perencanaan content strategy memang membutuhkan ide segar, namun yang lebih dibutuhkan adalah manajemen konten yang tertata rapi.

Terkait manajemen konten, ada beberapa hal yang perlu Anda perhitungkan ketika membuat content strategy.

  • Anda perlu memikirkan untuk siapa Anda membuat konten tersebut. Siapa target konsumen Anda? Seberapa besar audiens yang Anda sasar?
  • Selain itu Anda juga perlu merumuskan unique value atau apa yang membuat brand Anda lain daripada yang lain; dengan kata lain, Anda perlu bertanya ke diri sendiri apa yang membuat brand Anda unik.
  • Anda juga perlu memikirkan format konten Anda dan juga instrumen dan media serta saluran yang akan Anda gunakan untuk menjalankan strategi content marketing.

Strategi content marketing tidak bisa dijalankan sendirian, karena terkait dengan banyak hal, mulai dari ide pembuatan konten, pengolahan, sampai eksekusi pemasaran konten.

Biar lebih mudah, Anda bisa menyewa orang jasa artikel yang sanggup memproduksi konten tulisan dengan perspektif unik.

Email Newsletter yang Rutin dan Informatif

Sebuah email newsletter berfungsi untuk memberi informasi terhadap pelanggan Anda mengenai berita terkini, tips-tips, dan masih banyak lagi.

Terkadang email newsletter juga bisa berisi ulasan maupun preview singkat dari konten yang akan dirilis. Dilansir dari Campaign Monitor, dari semua teknik digital marketing yang ada, email merupakan cara dan strategi yang paling mudah meraup sukses.

Alasannya karena email menghubungkan brand secara langsung dengan pelanggan. Kalau Anda kebingungan membuat kalimat menarik untuk membujuk orang membaca newsletter yang sudah dibuat susah payah, Anda bisa bekerjasama dengan content writer yang memiliki keahlian sebagai ad copy maupun copywriter.

Menggunakan Blog dan Blogger

Bekerjasama dengan blogger untuk meningkatkan kualitas konten? Dalam content strategy yang disusun, Anda bisa memasukkan rencana bekerjasama dengan blogger yang mampu membuat konten segar nan unik dalam bentuk tulisan.

Memanfaatkan Media Sosial

Istilah paid promote banyak beredar di media sosial, yakni sebuah kegiatan di mana para selebgram maupun selebtwit ini mempromosikan sebuah brand atau produk. Terkadang ada juga kasus dimana sebuah tren meledak di twitter karena postingan seseorang yang terkenal banyak followers-nya.

Dalam kaitannya dengan content strategy, Anda bisa bekerjasama dengan selebgram atau influencers yang membantu memperkenalkan brand ke publik yang lebih luas.

Dengan menyusun content strategy yang baik untuk mendukung content marketing, tentunya konten dan rencana marketing yang kita buat bakal jadi lebih terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *