6 Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi dan Banyak Disukai

Kualitas makanan mempengaruhi suasana acara. Mari cari tahu 6 jajanan pasar yang tidak mudah basi dan banyak disukai

Jajanan pasar masih menjadi kuliner kesukaan masyarakat. Apabila tertarik ikut memanfaatkan peluang usaha ini, ada baiknya memilih jenis jajanan pasar yang tidak mudah basi.

Ada berbagai macam jajanan pasar dari seluruh penjuru nusantara. Biasanya, camilan tradisional ini disajikan dalam acara tertentu seperti syukuran atau hajatan.

Maka terbuka peluang usaha catering camilan dan suguhan untuk berbagai acara tersebut.

Jajanan Pasar yang Tidak Mudah Basi

Makanan yang tidak mudah basi memungkinkan penyimpanan lebih lama tanpa mengalami perubahan, baik dari segi kualitas tampilan, tekstur, maupun rasa.

Dengan suguhan dalam kondisi baik tanpa ada yang basi, suasana acara pun dapat terjaga dengan baik.

Sayangnya, kebanyakan jajanan pasar tidak bisa bertahan lama dan akan basi dengan cepat. Sehingga biasanya jajanan pasar tidak dipilih sebagai suguhan dalam acara yang berlangsung lama.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih jenis jajanan yang tepat jika hendak menyajikan suguhan tradisional.

Beberapa jajanan pasar yang tidak mudah basi berikut bisa menjadi pilihan:

1. Onde-onde

Jajanan yang satu ini merupakan kuliner khas Mojokerto. Onde-onde terbuat dari bahan tepung ketan dengan isian berupa kacang ijo dan gula kelapa. Jajanan ini berbentuk bulat dan memiliki taburan wijen pada permukaan luarnya.

Pembuatan onde-onde adalah dengan cara digoreng. Onde-onde memiliki tekstur yang kenyal, garing, dan gurih. Jajanan yang cukup mengenyangkan ini dapat bertahan hingga dua hari pada suhu ruangan.

Selain pembuatannya mudah, onde-onde juga mudah untuk dikreasikan. Sehingga jajanan ini cocok dipilih sebagai produk usaha kuliner.

Anda bisa memposting foto produk makanan ke media sosial sebagai cara promosi yang menarik.

2. Kue Cucur

Jajanan jenis kue yang sering menjadi hidangan wajib pada berbagai acara masyarakat Betawi ini termasuk jajanan pasar yang mudah dibuat dan murah.

Kue cucur terbuat dari bahan utama berupa tepung beras dan gula merah. Adonan kemudian digoreng dengan bentuk bulat mengembang. Rasa manis dan gurih dari kue tradisional ini paling nikmat saat baru matang.

Karena tidak memakai santan, kue cucur dapat bertahan seharian pada suhu ruangan. Sedangkan jika disimpan dalam kulkas bisa tahan sampai lebih dari dua hari.

4. Lapis Legit

Anda tidak bisa melewatkan lapis legit saat mencari snack yang tidak mudah basi. Jajanan dengan cita rasa manis dan legit ini memiliki tekstur seperti bolu dengan banyak lapisan yang khas.

Bahan lapis legit meliputi tepung terigu, kuning telur, dan mentega. Kue ini cukup kering sehingga awet dan tahan lama. Sehingga terdapat banyak produsen kuliner memasarkan lapis legit dalam berbagai bentuk kemasan.

Jika Anda tertarik memproduksi kue favorit banyak orang ini, Anda akan memerlukan desain stiker makanan sebagai ciri dari brand.

Dalam suhu ruangan lapis legit dapat bertahan selama 10 hari. Sementara penyimpanan dengan benar mampu menjaga kualitasnya selama dua bulan.

5. Lemper

Lemper termasuk jajanan pasar untuk syukuran. Makanan yang menggunakan bahan dasar beras ketan ini umumnya memiliki isian abon atau potongan daging.

Meskipun lemper merupakan makanan basah, daya tahannya cukup lama, yaitu bisa sampai 3 hari pada suhu ruangan.

Proses pembuatan lemper mempengaruhi daya tahan penyimpanannya.

6. Pastel

Pastel memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Jajanan ini terbuat dari lapisan tepung yang berisi campuran sayuran atau daging ayam.

Setelah mengisi dan membentuk adonan, Anda bisa menggorengnya pada minyak panas. Jajanan pasar yang satu ini cocok untuk dinikmati dengan sambal atau cabe rawit.

Pastel bisa bertahan selama 2 sampai 3 hari pada suhu ruangan.

Kemasan Menarik untuk Tampil Kekinian

Jajanan pasar boleh jadi makanan jaman dulu. Namun, Anda dapat menyajikannya dalam kemasan menarik yang kekinian untuk meningkatkan penjualan.

Pengemasan dan branding produk berpengaruh besar dalam menarik minat pembeli, terutama generasi milenial.

Anda dapat menggunakan desain dus makanan yang unik sehingga menjadi ciri khas atau branding produk. Untungnya, saat ini ada banyak penyedia jasa desain yang dapat membantu.

Fastwork merupakan situs penyedia jasa freelancer yang dapat Anda akses dengan mudah kapan saja.

Berbeda dari merekrut freelancer secara asal, bekerjasama dengan freelancer Fastwork jauh lebih terjamin. Pasalnya, Fastwork mengadakan seleksi dan proses verifikasi pada setiap freelancer untuk memastikan kemampuannya.

Sehingga Anda dapat memilih dengan leluasa tanpa khawatir karena freelancer di Fastwork terjamin profesional. Keuntungan lain menggunakan Fastwork ialah adanya perlindungan keamanan terhadap dana yang Anda bayarkan.

Pertama, Anda perlu memilih freelancer kemudian melakukan diskusi mengenai project dan hasil yang Anda harapkan. Setelah kedua pihak sepakat, pembayaran dapat Anda lakukan ke Fastwork.

Freelancer akan langsung mengerjakan project setelah mendapat pemberitahuan. Namun, uang baru dikirim ke freelancer setelah pekerjaan selesai. Dengan demikian, pemilik project tidak perlu khawatir mengenai penipuan.

Kunjungi Fastwork dan dapatkan freelancer profesional untuk mendapatkan desain unik untuk mengemas jajanan pasar yang tidak mudah basi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *