6 Inspirasi Desain Rumah Kayu yang Estetik dan Menarik

desain rumah kayu

Unsur kayu saat ini semakin diminati sebagai bahan material hunian. Tidak heran kalau desain rumah kayu akhirnya juga banyak sekali yang mencari. Salah satu alasan terbesar menggunakan kayu adalah agar tercipta nuansa alami dan asri. 

Selain itu, rumah kayu juga terkenal kokoh dan bahan materialnya bisa lebih murah daripada beton. Nah, kalau Anda sedang mencari referensi desain untuk hunian berbahan kayu Fastwork punya beberapa rekomendasinya. Yuk, simak!

Desain Rumah Kayu yang Menarik 

Ada banyak sekali inspirasi hunian bagus, estetik, unik, dan nyaman menggunakan kayu. Inilah berbagai desain tersebut: 

1. Rumah Kayu Kontemporer dan Mungil 

Pertama, ada desain kontemporer yang juga bisa Anda terapkan pada hunian. Ciri khas dari desain ini adalah adanya banyak ruang terbuka, ornamen yang sedikit, serta atap yang tinggi. 

Unsur kontemporer pun bisa Anda tonjolkan dari segi pemilihan warna. Sebaiknya, gunakan warna netral seperti abu-abu, hitam, putih, putih, dan coklat. Tujuannya supaya mudah dipadukan dengan furniture dan lebih menyatu dengan unsur kayu. 

Tidak hanya itu, sebaiknya buat dinding kayu dengan tekstur yang halus. Meski terlihat sepele, tapi tekstur yang kasar akan membuat desain rumah kayu mungil ini jadi kurang neat dan sleek. 

2. Rumah Kayu Unik Ala Hobbit 

Selanjutnya, ada juga desain yang bisa Anda aplikasikan dengan menonjolkan kesan unik dan antik. Kunci dari rumah ini adalah bentuknya yang tidak kotak seperti biasanya, melainkan seperti rumah Hobbit. 

Untuk menguatkan kesan rumah kayu unik dan antik, Anda bisa melengkapinya dengan perabotan berbau vintage. Anda bisa menggunakan jasa desain interior jika bingung menata bagian dalam rumah dengan bentuk yang unik ini. 

Dengan begitu, Anda hanya tinggal terima beres saja soal desain bagian dalam rumah. Untuk bagian luar, Anda bisa menambahkan taman dan kolam kecil supaya suasananya lebih terasa alami dan asri. 

3. Rumah dengan Garis Fasad yang Tegas 

Kemudian ada desain rumah kayu dengan garis fasad yang tegas dan tampak kokoh. Garis yang simetris pada fasad juga menambah kesan yang modern, tapi tetap terasa alami dengan unsur kayu yang kuat. 

Agar tampilan makin menarik, sebaiknya gunakan material kayu yang punya warna natural yang bold. Bagian atap sebaiknya juga dibangun dengan menggunakan model flat roof supaya semakin terlihat modern dan eksentrik. 

4. Desain Klasik 

Desain yang satu ini akan sangat cocok apabila Anda adalah penggemar dari konsep klasik. Rumah ini akan menggunakan unsur kayu yang banyak sehingga bisa menampilkan kesan yang hangat dan asri. 

Selain itu, konsep ini sangat cocok untuk rumah 120 meter. Agar mendapatkan lebih banyak ruang, bisa dibuat sekat antar ruangan di dalam rumah. Anda bisa meminta bantuan jasa gambar autocad jika kesulitan saat mendesainnya sendiri.

5. Rumah Kayu Modern dan Mungil 

Selanjutnya ada desain rumah kayu modern dan mungil dengan bentuk bangunan segitiga. Layaknya sebuah tenda camping, bentuk bangunan seperti bisa memberikan sentuhan penampilan yang unik, kekinian, sekaligus modern. 

Anda bisa memadukan unsur kayu dengan kaca untuk bagian jendela dan pintu. Memang dari luar terlihat sangat mungil, tapi ruangannya tetap terasa pas dan fungsional untuk kebutuhan penghuninya. 

6. Rumah Kayu yang Sederhana dan Tradisional 

Desain rumah kayu sederhana sangat cocok bagi Anda yang tidak suka dengan desain hunian yang terlalu ramai. Berpadu dengan sentuhan bangunan tradisional, membuat rumah ini makin indah dan memiliki ciri khas tersendiri. 

Sebelum desain modern dan minimalis ramai, banyak rumah di Indonesia menggunakan desain tradisional khas Nusantara. Anda bisa menghadirkan kembali gaya ini dengan menggunakan material kayu, batu alam, bata, dan jerami.

Pastikan Perencanaan dan Desain Rumah Matang 

Agar bisa mewujudkan desain rumah kayu impian, tentu dibutuhkan perencanaan desain dan layout yang matang. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendesain sendiri rumah impian mereka. 

Dalam hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan jasa desain rumah yang ada di Fastwork. Fastwork.id adalah sebuah platform yang mengakomodasi para freelancer profesional yang ada di Asia Tenggara. 

Para freelancer yang ada di platform ini juga telah melalui proses verifikasi dan seleksi sehingga sudah dipastikan profesional. Ada sekitar 70 kategori pekerjaan yang bisa Anda temukan di Fastwork dengan lebih dari 150.000 freelancers. 

Sebagai klien, Anda bisa menemukan penyedia jasa desain hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan. 

Sebab, jasa desain hanya akan menerima pembayaran jika pekerjaan sudah terhubung dengan budget dan kebutuhan desain yang Anda inginkan. Selain itu, ada juga berbagai fitur yang akan memudahkan komunikasi Anda dengan freelancers. 

Seperti misalnya fitur membalas pesan serta memberikan ulasan dan nilai untuk para freelancers. Jadi jika Anda mencari jasa desain hunian yang terpercaya, bisa percayakan saja pada Fastwork.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *