Materi Promosi Penting untuk Bisnis Kamu

Dalam sebuah bisnis, promosi atau pemasaran produk memegang peran yang sangat penting. Dengan memanfaatkan teknik pemasaran khusus dan media promosi yang efektif, produk atau layanan kamu akan lebih mudah dikenal dan diingat masyarakat.

Setiap materi promosi memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk itu sangat penting bagi kamu memahami apa saja materi promosi penting dalam pemasaran bisnis.

Ada beragam jenis materi promosi yang cocok untuk berbagai jenis bisnis yang dijalankan secara online. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Logo

Logo bisnis kamu akan muncul di berbagai item perusahaan; mulai dari kop surat, perlengkapan tulis kantor, merchandise, situs web (website), kartu nama, serta iklan dan kemasan produk.

Logo memainkan peran besar dalam memperkenalkan merek kamu kepada pelanggan yang potensial. Pada dasarnya logo yang ikonik dan mudah diingat akan berdampak pada peningkatan penjualan, sekaligus mengekspresikan keunggulan brand.

Pastikan kamu membuat logo yang mencerminkan karakteristik brand dan mudah diingat konsumen. Dalam setiap pengembangan brand, yang diharapkan dari logo adalah kekuatannya untuk mengingatkan konsumen tentang citra bisnis yang kamu bangun.

Spanduk

Spanduk merupakan alat yang lebih sering muncul di luar ruangan atau menyasar audiens tertentu, dan biasanya ditempatkan pada lokasi–lokasi tertentu sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, kadang-kadang dalam sebuah event, spanduk raksasa sengaja dikibarkan di udara dengan pesawat terbang. Memang terlihat mahal, tapi dampaknya juga sangat sepadan dan sulit dilupakan oleh audiensnya.

Tidak hanya itu, spanduk juga bisa dipasang di arena olahraga atau tempat keramaian berdasarkan demografi audiens bisnis kamu. Seperti lapangan sepakbola, lapangan bisbol, atau spanduk di atas jalan secara lokal.

Untuk membuat spanduk yang menarik, kamu bisa meminta bantuan profesional di bidang penciptaan desain banner. Selain spanduk luar ruang, kamu juga bisa memesan banner/spanduk untuk kepentingan pemasaran digital. Prinsipnya sama, hanya penempatannya saja yang berbeda.

Brosur

Materi promosi bisnis lainnya adalah desain brosur yang efektif dan menarik. Brosur kerap dipakai karena biayanya yang relatif lebih murah dan mampu menjangkau target audiens di suatu area yang dibidik.

Misalnya, brosur tentang layanan atau produk kamu dapat dibagikan ke perumahan warga, sekolah, kampus, atau pusat perbelanjaan dan tempat pusat keramaian lainnya.

Brosur bersifat mengedukasi dan memberikan informasi lebih detail tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan ke konsumen. Dengan menggunakan brosur, kamu punya kesempatan besar menjangkau sekelompok pelanggan potensial yang baru dalam satu area untuk mau memakai produk atau layanan kamu.

Tidak bisa membuat brosur? Kamu bisa menyewa jasa dari pekerja lepas yang memiliki keahlian menggunakan software photoshop online.

Website

Website adalah tempat di mana calon pelanggan kamu akan mencari informasi yang relevan dengan bisnis kamu. Jadi, website bukan hanya tentang menampilkan gambar atau teks semata.

Saat ini, banyak pebisnis yang menggunakan website untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Mereka memakai desain halaman website sebagai alat untuk menarik pengunjung agar bisa segera membeli atau berbelanja produk/layanan mereka.

Untuk membuat website yang berkualitas, pastikan logo kamu tampil jelas di sudut atas website. Kemudian, tampilkan ulasan dan testimoni pelanggan. Berikan juga daftar harga dan informasi kontak.

Secara keseluruhan, yakinkan pengunjung website bahwa bisnis kamu adalah bisnis yang kredibel. Demikianlah empat materi promosi yang sebaiknya digunakan dalam setiap usaha pemasaran bisnis online.

Bila kamu membutuhkan jasa freelance untuk materi promosi bisnis kamu. Fastwork adalah jawaban terbaik untuk kamu, di sana kamu tinggal memilih mana yang paling sesuai dan langsung menghubungi freelancer terkait. Fastwork memiliki daftar yang lengkap untuk pembuatan setiap format konten di atas.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *