Skill Penting untuk Menjadi Mobile Developer

skill mobile developer

Biasanya masyarakat cenderung mengenal profesi web developer, namun pernahkah Freebbudies mencari tau tentang mobile developer?

Meskipun sama-sama seorang pengembang bidang digital teknologi tetapi peran dan tujuan keduanya jauh berbeda sehingga harus diperhatikan sebaik mungkin.

Terlebih lagi jika berminat terjun ke bidang tersebut serta menjadi seorang profesional maka sebaiknya ketahui dahulu beberapa skill penting untuk mobile developer.

Mengenai seorang mobile developer

Freebuddies tidak akan pernah bisa menikmati segala bentuk fitur, keunggulan dan manfaat dari smartphone Android maupun iOS tanpa jasa mobile developer.

Mereka merupakan ahli di bidang programming terlatih yang peran utamanya membuat aplikasi pada ponsel pintar. Prinsip pekerjaan tersebut yaitu mendesain dan menerapkan rekayasa mengenai perangkat lunak.

Yang lebih mengejutkan lagi, mobile developer mampu menguasai berbagai sistem dan bahasa program sekaligus menghubungkan satu dengan lainnya.

Bahkan mereka tidak sekedar mengurusi serta menjaga sistem yang sudah ada saja melainkan menciptakan jenis aplikasi tertentu. Misalnya seperti program gaming, widget, atau lain sebagainya.

Peran penting lainnya yaitu bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi iOS serta Android seperti versi sistem operasi aplikasinya.

Ketika ada bagian error atau tidak bisa diakses pada aplikasi tersebut maka pihak inilah yang memperbaikinya juga.

Jika ingin menjadi seorang mobile developer

Tidak sedikit orang tertarik menjadi mobile developer. Selain karena hobi di bidang programming, masyarakat begitu tergiur akan penghasilan berlimpah yang diberikan suatu perusahaan besar.

Terlebih lagi ketika Freebuddies berhasil diterima bekerja sebagai developer di kantor bergengsi dan terkenal atau mungkin levelnya internasional.

Tidaklah heran kalau zaman sekarang dibuka sekolah, kursus serta jurusan IT di universitas seluruh Indonesia karena peminatnya juga bertambah besar.

Untuk menjadi developer handal maka perlu memerhatikan berbagai hal, terutama skill khusus yang harus dimiliki. Jangan sampai Freebuddies buta wawasan, nekat terjun dalam bidang tersebut sehingga memicu kegagalan besar.

Programming

Salah satu dari skill tersebut adalah pengetahuan dasar tentang programming, contohnya XML dan JAVA. Banyak sumber informasi bisa diperoleh melalui artikel, buku, majalah IT, bahkan tutorial di Youtube.

Android

Kemudian penguasaan Android Studio atau IDE integrated development environment. Tujuannya untuk membangun serta mendukung perkembangan sistem pada ponsel berbasis Android.

Seorang developer nantinya akan memelajari kode debug untuk mengidentifikasi kesalahan dalam sistem serta berbagai macam tools lain seperti CPU monitors, memori, dan mengembangkan peforma dari smartphone device. Terlebih lagi sistem Android harus terus di upgrade.

Database

Skill lain adalah menguasai database supaya ponsel tersebut bekerja lancar, aksesnya cepat dan tidak cepat error. Apalagi ketika digunakan untuk browsing, bermain games dan aktivitas online berat lainnya.

Mungkin Freebuddies sering mengalami kendala ketika menggunakan sebuah aplikasi, salah satunya mancet atau mati mendadak karena kelebihan data.

Nantinya developer akan melakukan sinkronisasi antara data di penyimpanan lokal dan remote database.

APIS

APIs, merupakan salah satu skill penting untuk mobile developer untuk menghubungkan satu jenis service dengan lainnya.

Ketika menggunakan API maka secara otomatis mesin pencari Google membaca atau menghubungkannya dengan APIs milik mereka.

Seperti fungsi Google Maps dari ponsel langsung terkoneksi online, mencari lokasi atau area tempat Freebuddies berada pada saat itu.

Jika sistem ini dibuat dengan baik maka proses mengeksplor informasi berjalan lancar dan maksimal.

Itulah skill penting untuk mobile developer yang sebaiknya Freebuddies ketahui dan pelajari sejak awal jika ingin menggeluti profesi tersebut.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *