5 Cara Mengoptimalkan Portofolio Freelance Agar Dilirik Klien

Hai freebuddies, apakah kamu senang dengan pekerjaan lepas seperti menjadi seorang penulis atau web designer? Menjadi seorang pekerja lepas bukanlah idea yang buruk karena kamu bisa meluangkan waktu kamu untuk melakukan hal lain ketika sedang free.

Bagaimanapun juga, ketika freebuddies ingin mendapatkan beberapa calon klien atau pelanggan, kamu harus membuat sebuah portofolio yang bagus.

Portofolio berisi tentang layanan atau jasa yang bisa kamu berikan kepada klien dan juga kelebihan yang kamu miliki.

Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan portofolio freelance kamu agar lebih bisa dipercaya oleh calon klien?

1. Fokus pada satu layanan dalam portofolio kamu

Ketika kamu ingin menjadi seorang penulis lepas, cobalah untuk tetap menjadi penulis lepas tanpa menawarkan layanan lain.

Karena jika kamu menawarkan beberapa layanan bersamaan, maka pelanggan kamu akan merasa bingung, apa sebenarnya keahlian kamu.

Jika kamu punya beberapa layanan, cobalah untuk memisahkannya dan buat portofolio baru untuk layanan lainnya.

Kebanyakan orang akan memilih seorang pekerja lepas yang hanya fokus pada satu layanan atau keahlian saja karena ini dianggap lebih professional.

2. Berikan contoh projek-projek yang pernah kamu kerjakan

Nah, freebuddies, hal yang kedua yang harus kamu pertimbangkan dalam portofoliomu adalah contoh projek yang pernah kamu buat.

Sangat disarankan untuk menjelaskan atau menunjukkan contoh layanan yang pernah kamu berikan kepada pelanggan kamu sebelumnya.

Hal ini bisa mendongkrak keyakinan pelanggan baru yang ingin menggunakan layanan atau jasa kamu. Mereka akan merasa bahwa kamu adalah pilihan yang tepat karena kamu berhasil menyelesaikan projek-projek sebelumnya.

3. Tunjukkan siapa dirimu melalui data diri singkat

Tak kenal maka tak sayang. Ini bukan hanya sekedar pepatah, namun sebuah kenyataan. Orang akan percaya dengan kita ketika mereka mengenal siapa kita.

Jadi, freebuddies, sebaiknya kamu jangan sampai lupa menuliskan biografi singkat tentang diri kamu dalam portofoliomu sehingga pelanggan kamu dapat mengenalmu dengan baik, khususnya jika kamu ingin mendapatkan klien atau pelanggan baru.

Ketahuilah bahwa diluar sana banyak sekali saingan yang memiliki layanan yang serupa dengan kamu.

4. Jangan lupa selalu perbaharui portofolio kamu

Freebuddies, memperbaharui portofolio atau data tentang layanan kamu adalah hal yang sangat penting karena orang ingin tahu apakah kamu masih aktif dalam layanan tersebut atau kamu tidak lagi fokus pada pekerjaan kamu lagi.

Disini, penting sekali membangun sikap profesionalisme dengan cara selalu memberikan informasi terbaru tentang portofolio kamu.

Dalam hal ini, kamu harus menunjukkan perkembangan yang lebih berkapasitas dalam memberikan pelayanan kepada klien atau pelanggan kamu.

5. Masukkan beberapa ulasan dari pelanggan sebelumnya

Orang percaya dengan jasa kita karena mereka melihat atau membaca testimoni dari orang lain yang pernah menggunakan jasa kita.

Sebagai seorang pekerja lepas freebuddies, ada baiknya kita memasukkan beberapa komentar atau ulasan dari pelanggan kamu sebelumnya mengenai pengalaman saat menggunakan jasa kamu.

Hal ini bisa membangun rasa percaya pelanggan baru terhadap kamu karena kamu memiliki bukti yang nyata. Namun demikian, freebuddiess tidak boleh berlebihan dalam menampilkan ulasan.

Buat sewajar mungkin dan senatural mungkin dan pastikan kamu jujur dengan apa yang kamu tuliskan dalam portofolio kamu.

Nah, kita dapat menyimpulkan bahwa bekerja sebagai sorang pekerja lepas itu gampang-gampang sulit karena kamu tetap harus mempersiapkan portofolio yang baik tentang jasa atau layanan yang kamu tawarkan.

Alasannya karena kamu bukanlah satu-satunya yang memiliki pekerjaan seperti ini. Ada begitu banyak saingan yang harus kamu hadapi dan dengan portofolio kamu bisa membuat pelanggan kamu merasa yakin dengan apa yang akan kamu berikan kepada mereka.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *