7 Cara Meningkatkan Kecepatan Website Kamu

Freebuddies merasa bosan bahkan jengkel ketika mengakses website yang lamban atau lemot. Belum sempat membuka laman secara penuh, pengguna langsung menutup kembali tabnya karena enggan menunggu lama.

Jika berniat menjadi seorang blogger atau pengelola website, carilah solusi mengatasinya supaya ratingnya tetap tinggi.

Jangan sampai bounce rate mengalami peningkatan visitor yang kecewa terhadap kecepatan akses web tersebut. Misalnya saja 7 cara meningkatkan kecepatan website berikut!

Menggunakan web hosting terbaik

Hosting adalah tempat penyimpanan data online terutama pada website dengan kapasitas tertentu. Jika Freebuddies menggunakan jasa layanan hosting kurang profesional maka muncul banyak masalah seperti lamannya sering error, akses lambat, fitur terbatas atau sebagainya.

Pastikan berlangganan hostingan bermutu terutama perusahaan yang menyediakan domain sendiri agar dapat dipilih oleh pengguna. Biaya layanan ini berbeda-beda berdasarkan kapasitas yang diinginkan.

Optimalisasi home page

Strategi lain untuk mempercepat akses ke sebuah website yaitu dengan mengoptimalkan home page. Bagian ini merupakan hal terpenting yang akan dilihat oleh pengunjung untuk pertama kalinya.

Cara memaksimalkan penggunaannya yaitu dengan menampilkan artikel berkelas dan konten menarik. Selain itu batasi jumlah postingan pada home page karena jika terlalu berlebihan maka menganggu proses loading.

Selanjutnya, hapus beberapa jenis plugin atau nonaktifkan saja widget tidak terpakai.

Memilih desain template sederhana

Tidak semua template atau tema website berukuran kecil. Beberapa diantaranya menghabiskan kapasitas penyimpanan terlalu besar sehingga membuat aksesnya bertambah lamban.

Sebaiknya gunakan jenis tema sederhana dan ringan sehingga terlihat elegan dan artistik daripada terlalu menonjolkan berbagai macam pola namun membuat aksesnya lambat.

Tema dengan banyak fitur berat membuat kerja website bertambah besar kemudian memerlukan waktu untuk membukanya.

Baca juga:  Apa Perbedaan HTTP dan HTTPS Beserta Cara Kerjanya?

Kurangi gambar dan video tidak penting

Salah satu alasan mengapa web Freebuddies lambat ketika diakses adalah mengandung banyak sekali gambar berukuran besar.

Apalagi kalau ada video di dalamnya sehingga membuat kinerja sistem menjadi berlebihan sekaligus memakan ruang penyimpanan lebih besar.

Hal tersebutlah yang membuat loadingnya sangat lama bahkan memakan waktu sampai beberapa menit. Solusinya yaitu menghapus sebagian besar file tambahan dan hanya menggunakan beberapa yang relevan dengan postingan saja.

Menggunakan plugin chache

Cobalah menggunakan plugin cache agar kinerja website menjadi lebih cepat daripada sebelumnya. Tujuan dari plugin adalah menyimpan berbagai jenis cache data yang ada dalam web sehingga kecepatannya meningkat.

Ada beberapa macam plugin seperti Wp Super Cache, W3 Total Cache, LiteSpeed Cache, WP Fatest Cache, dan lain sebagainya. Kecepatan akses secara otomatis akan meningkat bahkan dalam hitungan detik tanpa menunggu waktu lama.

Optimalisasi bagian script

Ada dua macam plugin untuk memaksimalkan penggunakaan script agar kecepatan loading web bertambah. Diantaranya WP-HTML Compression khusus untuk HTML sedangkan CSS dan JS menggunakan Better WordPress Minify.

Tugas keduanya tak lain adalah meminimalisir pengulangan script dalam suatu halaman website yang sedang dibuka oleh penggunjung atau visitor Freebuddies.

Selain itu masih banyak jenis plugin lain dengan kelebihan masing-masing sehingga harus dicek dahulu kualitasnya.

Kurangi menggunakan gambar animasi

Animasi atau gambar bergerak memang sangat menarik bagi pembaca karena memberikan efek visual lebih nyata.

Akan tetapi Freebuddies jangan terlalu banyak menggunakan jenis tersebut karena mengakibatkan akses web menjadi sangat lamban.

Untuk mendukung konten artikel maupun produk jualan di situs tersebut, cukup gunakan gambar-gambar biasa dengan kapasitas besar, jernih, jelas, dan kalau perlu di edit terlebih dahulu.

Baca juga:  Macam-Macam Browser Terbaru Beserta Fiturnya

Cukup sekian informasi tentang 7 cara meningkatkan kecepatan website yang dapat Freebuddies terapkan sendiri.

Cobalah membaca sumber wawasan lain tentang pengelolaan website, bisa dari artikel atau tutorial di YouTube supaya pemahamannya lebih dalam.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top