5 Desain Rumah di Tanah Menurun yang Aman dan Kokoh

desain rumah di tanah menurun

Memiliki lahan di daerah pegunungan seringkali membuat pemilik bingung memilih desain rumah yang tepat. Apalagi desain rumah di tanah menurun perlu mendapat perhatian ekstra mengingat risiko longsor yang sangat tinggi.

Selain itu, kontur tanah yang cukup menyulitkan bisa jadi membuat beberapa pemilik menyerah untuk membangun rumah di sana. Oleh karena itu, Anda pasti membutuhkan sebuah gambaran tersendiri untuk dijadikan referensi.

Tentunya dengan desain yang cantik, elegan, dan pasti estetik. Disamping memperhitungkan risiko buruk dari longsor, Anda masih tetap bisa mendapatkan rumah hunian sesuai idaman.

Desain Rumah di Tanah Menurun

Banyak sekali rekomendasi desain rumah minimalis di tanah menurun maupun yang megah. Beberapa di antaranya seperti berikut:

1. Rumah Tingkat Dua dengan Nuansa Alam

Rekomendasi pertama yang patut Anda pertimbangkan adalah rumah dengan dua tingkat dan memiliki nuansa alam. Mengingat dataran tinggi sangat sejuk dan suasana alamnya mendukung, maka membentuk desain yang alami akan sangat baik.

Namun, desain ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan tanah menjorok ke belakang paling tinggi. Sehingga pengaplikasiannya nanti lantai 1 di bagian sisi bawah, dan lantai 2 di sisi atas.

Karena suasananya sangat sejuk dan biar tampak lebih natural. Anda bisa menanam pohon maupun rerumputan yang cantik di halaman rumah.

2. Rumah yang Estetik Ada Tangga di Area Depan dan Samping

Memilih desain rumah tanah miring belakang memang tidak mudah. Pasalnya, Anda membutuhkan banyak sekali persiapan dan padu padan yang tepat agar hasil rumah memuaskan.

Salah satu rekomendasi yang bisa Anda coba adalah membuat rumah dengan tangga di bagian depan maupun samping. Anda bisa menyesuaikan peletakan tangga dengan kontur tanah yang dimiliki.

Untuk bagian bawah, jika Anda memiliki sebuah mobil maka bisa memanfaatkannya sebagai garasi. Tetapi jika tidak, maka atur saja untuk rumah lantai 1 namun memiliki tangga yang bisa langsung naik ke lantai 2.

3. Rumah Panggung

Memiliki rumah panggung di tanah miring juga bisa menjadi salah satu ide inovatif yang harus Anda wujudkan. Selain kece, rumah panggung terkesan estetik di area pegunungan yang sangat dingin.

Desain rumah panggung ini paling banyak digunakan oleh pemilik lahan yang ingin mempunyai gaya rumah rata pada umumnya. Caranya pun sebenarnya mendasar, Anda hanya perlu membuat pondasi yang sangat kuat di bagian bawah.

Setelah itu, atur dengan ketinggian yang sesuai dengan kontur tanah yang Anda miliki. Sehingga, rumah di tanah miring kali ini bisa terlihat sangat rata dengan style panggung yang lucu dan mengesankan.

4. Rumah dengan Desain Alami

Berikutnya, desain rumah di tanah menurun juga bisa Anda manfaatkan dengan membuat hunian secara alami. Namun, pastikan kalau tanah Anda tidak begitu tinggi jaraknya sehingga pengaplikasiannya menjadi lebih mudah.

Karena unsur alami yang diinginkan, maka materialnya harus disesuaikan dengan baik. Mulai dari kayu hingga batuan alami sebagai pondasi rumah.

Untuk menambah kesan alam yang sejuk dan menyegarkan, Anda juga bisa menanam beberapa pohon hijau di sekeliling rumah. Dengan begitu, kesan alam akan terbentuk dengan natural seiring berjalannya waktu.

5. Style Balkon

Rekomendasi terakhir yang dapat Anda pertimbangkan adalah desain rumah di tepi tebing dengan style balkon. Konsep rumah ini paling cocok pada lahan terasering. Sehingga di bagian bawah bisa Anda manfaatkan sebagai garasi.

Anda bisa menambahkan anak tangga di area samping untuk menuju ke lantai dua dan tiga. Buat atap rumah yang luas agar udara sejuk dapat masuk ke rumah dan memberikan nuansa segar.

Desain Rumah Pegunungan Tampil Kece dengan Ahlinya

Meskipun memiliki beberapa gambaran dari penjelasan di atas. Beberapa dari Anda mungkin masih bingung dengan konsep yang dimaksud. Atau bahkan tidak tahu harus memulai bangunan darimana.

Pasalnya, Anda bukan seorang arsitek dan kurang memahami struktur tanah serta bangunan rumah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang cukup banyak platform yang akan membantu untuk menemukan jasa paling tepat.

Jasa tersebut adalah Fastwork. Platform freelancer yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan jasa desain rumah dengan kualitas terbaik.

Pasalnya, Fastwork terkenal dan sudah banyak digunakan beberapa pihak untuk mencari pekerja online profesional dengan beragam portofolio kredibel. Melalui platform tersebut, Anda bahkan bisa melakukan bid dengan pemberi jasa.

Untuk bisa mendapatkan desain yang natural dan terlihat jelas gambaran rumah ke depannya. Anda juga bisa memanfaatkan jasa gambar autocad dari freelancer Fastwork.

Tunggu apalagi segera temukan jasa desain interior terbaik untuk rumah hunian idaman Anda. Percayakan pada freelance Fastwork dan dapatkan rumah idaman paling berkualitas.

Penutup

Nah, itulah beberapa referensi desain rumah di tanah menurun yang bisa Anda pertimbangkan. Apabila merasa berat untuk mengerjakannya sendiri, jangan lupa pilih freelancer dari Fastwork untuk mengatasi permasalahan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *