Desain Toko Kecil Depan Rumah yang Nyaman Bikin Pelanggan Betah!

desain toko kecil depan rumah

Memulai bisnis dari rumah bisa jadi hal yang sulit jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang akan Anda lakukan. Tetapi ada banyak aspek positif untuk mendorong Anda memulai membuka toko dari rumah. Anda tidak perlu memiliki pengalaman kerja atau latar belakang dalam produk ritel atau manufaktur.

Hal utama yang harus Anda miliki adalah passion terhadap produk Anda. Membuat penawaran Anda sebaik mungkin akan menjadi bukti ketika Anda datang untuk menjual makanan rumahan Anda kepada publik. Desain toko menjadi hal yang tak kalah penting saat Anda memulai bisnis rumahan. Jika Anda masih belum yakin ini usaha yang tepat untuk Anda, kami telah menyusun daftar alasan mengapa bisnis makanan rumahan bisa menjadi pilihan yang menarik. 

Jika Anda ingin membuat toko yang menjual makanan atau minuman rumahan, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Ada persyaratan tertentu yang harus Anda penuhi saat mendirikan bisnis makanan dari rumah. 

Membuat rencana bisnis

Memiliki rencana bisnis sangat penting karena membuat Anda berpikir tentang apa yang Anda inginkan dari bisnis Anda, ke mana Anda melihatnya, dan apa yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin memulai bisnis katering dari rumah, bisnis kue rumahan, camilan, atau minuman kekinian. Ini akan membantu Anda menetapkan tujuan untuk bisnis makanan rumahan Anda. Ini juga akan membantu Anda memprioritaskan langkah selanjutnya.

Dengan menentukan rencana bisnis, Anda akan tahu seperti apa toko akan dijalankan. Rencana bisnis bisa mempengaruhi bagaimana toko akan dioperasikan, termasuk terhadap bagaimana desain toko karena jika tidak direncanakan, Anda tidak memiliki aturan terhadap toko.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan bisnis Anda. Karena ini adalah bisnis rumahan, maka Anda harus tahu dengan betul siapa target pasar Anda, karena tentu saja akan berbeda dengan Anda berjualan di restoran tengah kota.

Siapa target pasar Anda? Apakah Anda memiliki ceruk pasar atau apakah Anda telah menemukan resep yang kira-kira akan disukai konsumen?. Memahami target pasar Anda akan membantu Anda memfokuskan produk yang akan dijual. Ini akan mempengaruhi cara Anda memasarkan produk dan berinteraksi dengan konsumen. 

Apakah Anda memiliki nilai jual yang unik? Menurut Anda mengapa orang akan menyukai produk Anda? Konsumen menyukai cerita dari orang lain, mereka ingin tahu dari mana asal inspirasi dan kecintaan Anda pada produk Anda. Memikirkan hal ini akan terlihat dalam desain produk Anda, dan ini akan membantu Anda menjual juga.

Jika ada konsumen yang memesan secara online, apakah Anda akan mengirimkan barang sendiri atau menggunakan kurir? 

Apakah Anda akan membuat sesuai pesanan atau dengan sistem pre-order? Atau bisakah Anda membuat produk dalam jumlah besar dan menyimpannya sebagai cadangan?. Berapa modal awal yang Anda butuhkan? Misalnya, saat memulai bisnis katering keliling, Anda mungkin perlu membeli atau merenovasi truk makanan. Jika Anda memang perlu meminta pinjaman, memiliki rencana bisnis yang baik akan membantu peluang persetujuan Anda.

Inspirasi Desain Toko Rumahan

Desain yang berpusat pada komunitas

Komunitas dapat berkumpul di sebuah toko makanan atau minuman. Memiliki toko makanan rumahan memang tidak bisa seluas dan selebar toko yang ada di ruko atau lahan besar. Namun Anda bisa memanfaatkan ruang yang kecil untuk para komunitas, target pasar toko makanan Anda adalah komunitas. 

Pastikan untuk menyertakan meja komunal, memasang TV, memiliki desain eksternal yang menarik, dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik untuk menciptakan suasana komunal di mana orang dapat berkumpul dan menikmati waktu berkualitas.

Partisi dan privasi

Di toko makanan yang kecil, denah lantai harus menyediakan ruang yang cukup untuk memastikan kelancaran aliran. Desain ini dimungkinkan dengan meletakkan tepian dan pembatas kecil di belakang stasiun hosting. Mengontrol aliran adalah hal penting. Partisi harus mengikuti dan melengkapi konsep tata letak keseluruhan. Ini juga memberikan privasi yang memadai untuk semua konsumen yang ada.

Dekorasi minimalis

Gunakan tampilan minimalis jika Anda ingin menyampaikan gagasan bahwa lebih sedikit lebih baik, pertimbangkan lekukan bangunan dengan detail, gunakan bahan alami, dan skema warna langsung. Perlu diingat bahwa menjaga hal-hal sederhana terkadang lebih menantang karena setiap detail kecil diperhitungkan dan akan terlihat. 

Desain toko atau desain warung yang minimalis disukai para pebisnis rumahan, karena tidak perlu memanfaatkan banyak ruang namun toko bisa tetap tampil menarik. 

Seni dinding dan mural

Cara ini dilakukan agar toko Anda tetap menarik walaupun tidak memiliki banyak ruang. Dengan karya seni Instagramable ini, pengunjung bisa berfoto di dinding dan mengunggahnya di media sosial. Dengan adanya mural bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Open space

Jadikan dapur sebagai bagian dari dekorasi, terutama jika Anda memiliki focal point yang unik seperti oven berbahan bakar kayu untuk pizza. Desain ini akan menjadi daya tarik bagi konsumen karena secara langsung dapat melihat proses makanan dibuat. Mengundang orang untuk lebih dekat dengan produk Anda memicu ketertarikan. 

Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan yang baik menciptakan suasana yang baik juga untuk konsumen. Luangkan waktu untuk memikirkan tentang kesan apa yang ingin Anda ciptakan dan bagaimana perasaan konsumen di toko makanan Anda. Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih pencahayaan Anda termasuk efisiensi energi, keamanan staf, dan apakah Anda ingin pelanggan mendapatkan foto yang bagus dari piring mereka untuk media sosial.

Go green

Hiasi ruang Anda dengan banyak tanaman hijau dengan memasukkan tanaman dalam ruangan didekorasi tempat Anda. Tidak hanya tanaman yang indah dan menenangkan, tetapi banyak yang membantu memurnikan udara. Mereka juga membuat koneksi visual untuk tamu tentang kesegaran toko Anda.

Berdasarkan lokasi

Karena ini adalah bisnis rumahan, maka Anda harus menyesuaikan bagaimana desain dibuat. Toko rumahan biasanya menjual makanan dan minuman yang sederhana, seperti bakso, rice bowl, mie, atau minuman yang simple pembuatannya. Desain toko akan mengikuti apa yang Anda jual. 

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana toko Anda dikenal konsumen. Toko rumahan kadang memiliki kesulitan untuk dijangkau karena letaknya yang tidak banyak dilewati orang. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cara agar toko Anda bisa dikenali dan dilihat banyak orang.

Cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah menggunakan spanduk yang bertuliskan atau bergambar tentang produk yang Anda jual di toko. Melalui Fastwork, Anda dapat menyewa desainer untuk membuat desain spanduk kreatif yang tujuannya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.

Selain pembuatan spanduk, Fastwork juga menyediakan jasa desain toko. Anda bisa menyewa jasa desainer di Fastwork untuk mendesain toko rumahan Anda. Para desainer akan membantu Anda mewujudkan ide desain toko rumahan yang sesuai keinginan dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *